Lokasi Embung Langensari, Kesejukan Di Tengah Padatnya Jogja

Posted on

Selain memiliki Embung Nglanggeran, Embung Sriten, dan Embung Kleci Jogja ternyata memiliki sebuah Embung baru yang cukup unik. Embung tersebut bernama Embung Langensari. Keunikan Embung Langensari bukan seperti tiga embung lainnya yang terletak di atas puncak gunung, melainkan justru terletak di ajntung Kota Jogja. Yups, Lokasi embung Langensari ini memang terletak di pusat kota tepatnya di dekat bengkel kereta api Balai Yasa. Embung Langensari sendiri dibuat sebagai resapan air dalam kota dan juga sebagai taman terbuka.

embung langensari
Embung Langensari Jogja, via: www.fritugo.com

Saat ini Embung Langensari ini masih dalam tahap pembuatan dan pengembangan wisata. Lokasinya memang belum seratus persen rampung dan masih terlihat sedikit berantakan karena masih dalam tahap pembangunan. Meski demikian, tak sedikit warga yang menggunakan Embung Langensari untuk even even wisata seperti mancing mania, dan tempat hang out serta ajang berlatih skate board.

Dalam rancangan masterplan Embung langensari, terlihat betul bagaimana Embung ini akan difungsikan sebagai ekowisata. Artinya di satu sisi sebagai resapan air, di sisi lain sebagai tempat wisata baru dan ruang terbuka bagia masyarakat dan wisatawan. Kehadiran Embung Langensari ini tentu disambung sangat posistif oleh masyarakat jogja dan wisatawan karena menambahlagi wisata baru di lingkup dalam Kota Jogja.

Lokasi Embung Langensari
Lokasi Embung ini sangat dekat dengan pusat wisata Malioboro dan Keraton Jogja. Embung Langensari terletak di Jalan Kusbini no 35 Klitren Gondokusuman Kota Jogja. Rute menuju Embung Langensari sangat mudah diakses karena melalui jalan ternama. Paling enak jika ingin ke Embung baru di Jogja ini adalah melalui lampu merah Kampus UKDW (Universitas Kristen Duta Wacana) ambil arah timur, atau kanan menuju jalan Kusbini (arah menuju Jalan Solo). tak jauh dari situ ada persimpangan kecil, ambil kiri dan lokasi Embung Langensari ada di sebelah kiri jalan.

Fasilitas Embung Langensari Jogja
Saat ini Embung Langensari masih dalam proses pengerjaan infrastrukturnya. Fasilitas yang sudah ada seperti jogging track, panggung terbuka, toilet, dan bangku. Embung seluar 0,5 hektar ini sering digunakan oleh para penghobi mancing dan jogging. Nantinya embung ini juga terdapat Embung Learning center sehinga bisa untuk kegiatan studi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.