5 Wisata Alam Terbaik Jogja Bak Negeri di Atas Awan

Serasa tak ada habisnya jika kita berbicara mengenai wisata di Jogja. Brand sebutan lain dari Daerah Istimewa Yogyakarta itu memang seakan memiliki ribuan tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Setiap sudut kota Jogja terbuat dari rindu dan kenangan, itulah mengapa banyak yang ingin kembali lagi ke Jogja bagi para pendatang yang sempat singgah di kota ini. Jogja sendiri sangat terkenal dengan wisata budaya dan wisata belanja serba murah, namun ternyata Jogja juga memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa. Tahun 2016 lalu, banyak bermunculan wisata wisata baru yang berbasis alami. Instagram dan media sosial lainnya dihebohkan dengan deretan foto foto tempat wisata baru di Jogja yang langsung ngehits serta menjadi andalan baru dalam menarik wisatwan lokal maupun interlokal. Daerah daerah kabupaten mulai bersolek dan memunculkan spot wisata alternatif bagi para pelancong, sehingga Jogja tak hanya melulu Pantai Parangtritis, Keraton, Malioboro, dan Candi Prambanan.

negeri di atas awan, negeri di atas awan jogja, wisata alam jogja, wisata alam terbaik jogja

Negeri di Atas Awan Jogja, via: piknikdong.com

Ada lima wisata alam terbaik di Jogja yang muncul di tahun 2016 lalu. Kami sebut terbaik karena mampu menciptakan suasana yang begitu epic dan membuat orang berdecak kagum, masak seperti itu ada di Jogja. Suasana pagi dengan kabut membuat pengunjung diceritakan seperti sedang berada di negeri atas awan dalam foto. Wisata alam tersebut kemudian menjadi tren di 2016 dan setali tiga uang membuat para traveler menjadi pemburu kabut pagi. Nah jika kamu belum tahu dan ingin merasakan sensasi berada di negeri atas awan Jogja tersebut, berikut ini kelima wisata alam terbaik Jogja bak negeri di atas alam.

1. Kebun Buah Mangunan
Tempat wisata ini sudah lama dibuka untuk umum. Terletak di daerah pegunungan Dlingo, Kebun Buah Mangunan menyajikan view pemandangan yang begitu epic. Dari Gardu Pandang atau puncak bukit pengunjung bisa melihat kelokan sungai oya, dan hamparan perbukitan Gunung Sewu di depan mata. Bonusnya pengunjung juga bisa menikmati aneka buah yang ada di area perkebunan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Puncak Kebun Buah Mangunan adalah saat subuh karena bisa melihat lautan kabut dan serasa di atas awan.

kebun buah mangunan

Suasana pagi di Kebun Buah Mangunan, via: hanatransjog.blogspot.co.id

2. Puncak Panguk Kediwung
Tren wisata alam dengan sajian negeri di atas awan justru dimulai dari kemunculan Bukit Panguk Kediwung. Objek wisata yang letaknya tak jauh dari Kebun Buah Mangunan inilah yang menggegerkan penghuni media sosial. Dibuka sekitar awal 2016 lalu, Bukit Panguk langsung diserbu para pemburu kabut pagi. View matahari terbit dengan lautan kabut memang menadi magnet tersendiri. Apalagi, pengunjung bisa berselfie di atas gardu pandang yang menjorok ke jurang.

bukit punguk di jogja, bukit punguk

Lautan Kabut Bukit Panguk Kediwung, via: brobali.com

3. Jurang Tembelan
Meski masih terhitung baru, namun Jurang Tembelan ternyata langsung menjadi bintang baru yang meroket. Letaknya berdampingan dengan Kebun Buah Mangungan dan masih sejajar dengan Bukit Panguk. Menyajikan view yang hampir sama dengan kedua kakaknya (Mangunan & Bukit Panguk), Jurang Tembelan ini lebih difavoritkan karena memiliki spot selfie yang begitu apik. Gardu pandang di Jurang Tembelan dibuat seperti perahu besar di atas bukit, sehingga pengunjung yang berselfie di atasnya mendapatkan foto terbaik seperti berlayar di negeri awan.

spot foto di kapal jurang tembelan, jurang tembelan

Spot Panggung Kapal di atas Bukit Tembelan, via: casciscus.com

4. Puncak Suroloyo
Tak mau kalah dengan Bantul yang memiliki tiga tempat spot negeri di atas awan, Kulon Progo ternyata juga punya tempat yang begitu epic. Adalah Puncak Suroloyo yang berada di deretan perbukitan menoreh. Dari tempat ini pengunjung bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam dengan saat indah. Bonusnya jika datang pagi buta akan serasa berada di intana khayangan karena dikelilingi lautan kabut.

puncak suroloyo, pemandangan di puncak suroloyo

Puncak Suroloyo dikepung kabut, via: twitter.com/suryods48

5. Bukit Isis Nglinggo
Spot terakhir yang bisa digunakan untuk foto seperti negeri di atas awan adalah kebun teh Nglinggo Kulon Progo. Lokasinya berada di kawasan Kebun Teh yang menjadi destinasi utama di Kulon Progo. Dari lokasi ini pengunjung bisa merasakan suasana yang begitu sejuk khas perkebunan teh. Bonusnya dapat pemandangan yang menabjubkan karena dari sini bisa melihat deretan pegunungan menoreh dan dua gunung sekaligus.

bukit isis, bukit isis nglinggo

Pemandangan di Atas Bukit Nglinggo, via: twitter.com/visiting_jogja

Itulah 5 wisata alam terbaik di jogja yang wajib kamu datangi jika kmau adalah pemburu kabut dengan nuansa negeri di atas awan. Sebanarnya masih ada banyak spot keren lainnya, namun yang sedang hits dan jadi trending topik sepanjang tahun 2016 – 2017 adalah kelima tempat tersebut.

5 Wisata Alam Terbaik Jogja Bak Negeri di Atas Awan | admin | 4.5