Berbagai Spot Seru Arung Jeram di Sukabumi

Arung jeram di Sukabumi? Ingin mencoba olah raga air yang mengundang adrenalin dan juga melatih kekompakan? Mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba arung jeram. Olah raga ini banyak diminati oleh banyak orang, karena keseruannya untuk melatih koordinasi dan kerjasama antar tim.

arum jeram di sukabuumi, spot arum jeram di sukabumi

Spot Arung Jeram di Sukabumi, via: www.teambuilding-outbound.com

Olah raga arung jeram sudah banyak tersedia di berbagai lokasi di Indonesia. Bagi Anda yang berdomisili di sekitaran jabodetabek, tidak perlu jauh-jauh untuk mencoba olah raga yang satu ini. Anda bisa memulainya dengan mencoba arung jeram di Sukabumi.

Tidak heran, olah raga ini juga seringkali digunakan sebagai acara outbond acara kantor, atau klub komunitas tertentu. Biasanya dibuat satu paket dengan kegiatan lainnya seperti Flying fox atau paint Ball. Karena lokasinya di alam bebas, maka momen seperti ini juga sangat tepat sebagai media pelepas stress setelah sekian lama terjebak diantara rutinitas bekerja.

Sebelum memilih lokasi untuk arung jeram, ada baiknya kita mengenali dahulu beberapa grade sungai yang biasa digunakan.

Grade 1. Grade ini merupakan grade termudah. Dengan kondisi airnya yang tenang, dan beberapa riak kecil. Rintangan seperti bebatuan dan pusaran juga minim, self-rescue-nya juga relatif mudah. Jika anda berencana membawa keluarga dengan anak 5-9 tahun, bisa memulainya dengan arung jeram grade 1.

Grade 2. Pada level ini, ombak disungai mulai terasa walaupun tidak terlalu tinggi. Sudah mulai ada rintangan bebatuan walaupun jaraknya masih renggang. Scouting dan self-rescue pada level ini juga masih relatif mudah untuk dilakukan.

Grade 3. Petualang makin seru ketika mulai merambah grade 3. Sudah mulai terasa riak ombak dengan gelombang yang tidak terduga. Pada tingkat ini, diperlukan manuver saat menghindari rintangan bebatuan. Biasanya rescue team sudah disiagakan di sisi sungai di area-area yang sulit.

Grade 4. Adrenalin akan melonjak dengan cepat ketika memasuki grade 4. Variasi belokan mulai tajam, dengan gelombang air yang bisa mencapai 2 meter. Arus sungai berkelok dengan liar, scouting dan rescue team wajib ada untuk level ini, karena resikonya juga cukup besar.

Grade 5-6. Untuk level ini, tidak usah ditanya. Anda pasti sudah bisa membayangkan tingkat kesulitannya, dengan adanya gelombang liar sambung-menyambung tanpa terduga. Dibutuhkan manuver yang sangat cepat dan cukup rumit untuk melewati grade ini. Self-rescue juga sudah sangat sulit dilakukan, karena kondisi jeramnya yang sangat ekstrim. Para professional biasanya memilih level ini.

Bagaimana, sudah ada gambaran? Ketika memilih spot arung jeram, pastinya menginginkan pengalaman yang menantang. Tidak sampai ke resiko yang tinggi, tapi juga tidak terlalu mudah seperti arung jeram untuk anak-anak.

Di Sukabumi sendiri, arung jeram untuk umum biasanya berada di level grade 3-4. Berikut beberapa spot arung jeram di sukabumi yang seru dan menantang, yang bisa anda coba bersama teman-teman, rekan kerja, atau rekan komunitas yang haus akan tantangan:

Arung Jeram Citarik
Arung jeram citarik pastinya sudah familiar dikalangan penggemar olah raga rafting arung jeram. Spot ini masuk ke kategori grade 4, level medium yang penuh tantangan dan petualangan. Asiknya lagi, sungai citarik memiliki pemandangan alam yang indah.

Dengan nuansa alamnya yang eksotis, arung jeram citarik memiliki beberapa paket pilihan jarak tempuh, yaitu 5 km (1 jam), 9 km (2 jam), 13 km (3 jam), hingga 17 km (5 jam). Tentunya setiap pertambahan durasi akan menguras tenaga yang lebih banyak. Ada baiknya untuk dirundingkan terlebih dahulu dengan anggota team, paket mana yang akan dipilih, karena setiap orang memiliki stamina yang berbeda-beda. Terutama jika di dalam satu team terdiri dari pria dan wanita.

Untuk menikmati arung jeram, kita bisa mendaftar melalui agen rafting atau Event Organiser. Biasanya ada minimum peserta untuk dapat mendaftar paketnya. Disetiap paket sudah termasuk transportasi lokal, perlengkapan arung jeram, team rescue, lunch, kelapa muda dan juga asuransi.

Arung jeram Citatih
Tidak kalah serunya, Arung Jeram Citatih termasuk pada Grade 3-4. Arung Jeram ini sangat cocok untuk pemula, karena selain relatif aman tapi juga memiliki medan yang tidak kalah menantang. Sebagian orang menganggap sungai citatih lebih garang dibanding sungai citarik. Keindahan alamnya juga sangat natural saat melintasi bebatuan, ilalang dan tumbuhan-tumbuan di kanan kiri sungai.

Satu hal yang perlu diingat, jangan lupa menyiapkan baju ganti sebelum berangkat. Jangan bayangkan kita hanya terciprat air sedikit-sedikit saja, setiap gelombang ombaknya bisa menyirami anggota tubuh kita, atau worst case-nya, perahu terbalik dan kita tercebur ke dalam sungai.

Namun tidak usah khawatir, selalu ada pemandu dan tim rescue yang akan menolong kita saat kita tercebur, disamping itu kita juga dilengkapi dengan baju pelampung. Seseru apapun, kita harus tetap waspada dan jangan mudah panik saat menghadapi situasi yang tidak terduga.

Biasanya, Arung Jeram Citatih juga dipadukan dengan beberapa kegiatan lain, seperti outbond, paintball, highrope, dan juga flying fox.  Sangat cocok untuk kegiatan berkelompok untuk memupuk kerjasama team.

Tips Tambahan
Jangan pernah membawa perhiasan atau barang berharga saat mengikuti arung jeram. Handpone dan peralatan elektronik lainnya juga tidak terlalu efektif terpakai, karena foto selfie tidak memungkinkan saat arung jeram berlangsung. Biasanya panitia sudah menyiapkan team dokumentasi untuk mengabadikan momen petualangan kita saat mengikuti arung jeram. Kita bisa menitipkan hp atau barang elektronik lainnya, agar lebih aman.

Satu hal yang perlu diperhatikan. Jangan pernah mengabaikan instruksi pemandu pada saat briefing. Karena disini kita akan diajarkan bagaimana cara mendayung, mengendalikan perahu, kapan giliran kita mengayuh, dan bagaimana teknik untuk menghadapi medan yang sulit. Membuat inisiatif sendiri untuk mendayung saat tidak diperintahkan bisa mengacaukan flow atau bahkan perahu menjadi sulit dikendalikan.

Demikian beberapa spot arung jeram di Sukabumi yang seru dan menantang. Jika Anda merasa beban pikiran makin berat karena pekerjaan, itu artinya Anda butuh liburan. Ingin liburan seru, menantang, dan melatih kekompakan? Jangan lupa untuk memilih olah raga arung jeram. Semoga Bermanfaat.

Berbagai Spot Seru Arung Jeram di Sukabumi | admin | 4.5