Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul, Spot Foto yang Ngehits di Instagram

Posted on

Jogja memang tak bisa dipungkiri akan banyaknya spot keren bagi wisatawan, terutama yang gemar berburu foto untuk dipopulerkan di media sosial. Bantul merupakan salah satu kota di Jogja yang kini menjadi bahan perbincangan terhangat di media sosial berkat adanya beberapa spot menarik yang keren untuk dikunjungi wisatawan. Foto-foto keindahan alam di bantul yang dilengkapi dengan gardu menjadi spot yang ngehits. Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya, tidak hanya melihat keindahan alamnya, tetapi juga ingin mendapatkan foto dengan theme-nya yang indah. Wisata lain yang dekat dan masih satu kawasan dengan wisata ini adalah Bukit Panguk Kediwung dan Seribu Batu Songgo Langit, letaknya sama yakni berada di Mangunan.

pemandangan hutan pinus mangunan
Pemandangan Hutan Pinus Mangunan, via: kotajogja.com

Hutan Pinus Mangungan menjadi salah satu lokasi yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Spot ini sangat bagus untuk diambil gambarnya atau buat selfie, maka tak heran bila wisatawan banyak yang hadir di lokasi tersebut. Hutan ini terkenal dengan sebutan Hutan Mangunan karena memang berada di kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan. Banyak pepohonan tinggi yang terkenal dengan nama “Pinus Merkusii”. Banyak yang menganggap bahwa Hutan Pinus Mangunan ini berada di kawasan Imogiri, padahal berdasarkan administrasinya, hutan ini berada di kawasan Mangunan, Dlingo Bantul.

Hutan Pinus Mangunan adalah hutan terbuka yang terdiri dari banyaknya pohon pinus yang sangat tinggi. Selain lokasinya yang teduh karena berada di kawasan hutan, juga sangat cocok sebagai tempat untuk berfoto ria. Banyak muda-mudi, baik berkelompok maupun berpasangan yang mengunjungi hutan ini. Bahkan, ada juga pasangan pengantin yang menggunakan background hutan pinus sebagai background foto prewedding, karena memang terkesan sangat romaintis. Suasana alam yang indah dan sejuk, serta pemandangan hutan pinus yang berkombinasi menjadi sebuah pemandangan yang sangat mempesona, tentu meninggalkan kesan yang sangat romantis.

Adapun yang menarik dari Hutan Pinus Mangunan ini adalah telah dibangun panggung beserta kursi-kusri penontonnya yang melingkar terbuat dari kayu-kayu pohon pinus, sehingga nampak seperti panggung tater sungguhan. Namun, yang menjadikan keren adalah, arsitektur panggung beserta kursinya yang terbuat dari bahan kayu sangat pas dengan lokasi yang berada di kawasan hutan. Tidak hanya menjadi spot yang bagus untuk berfoto, tetapi juga suasanya-nya yang terkesan sangat alami dan elegan. Sangat tepat sebagai tempat bersantai, terkadang ada juga wisatawan yang menggunakan panggung untuk beraksi, yaitu bermain musik, sehingga menjadi hiburan yang mengiringi wisatawan.

Banyaknya hutan pinus yang tinggi seperti menjadi canopii, bagi yang sudah pernah menonton film Twilight, maka hutan pinus ini seperti hutan yang berada di film tersebut. Wisatawan bisa juga membawa hammock sebagai tempat bersantai yang nyaman untuk menikmati suasanya hutan pinus yang nyaman.

Mengunjungi Hutan Pinus Mangunan ini disarankan ketika pagi hari, karena tentunya suhunya yang sejuk dan keadaan alamnya yang nampak masih segar. Namun, ketika siang hari juga bisa menjadi tempat berteduh yang sangat adem, karena tentu kandungan oksigennya yang sangat banyak, tentu sangat bermabfaat bagi kesehatan. Biasanya di lokasis ini, tidak hanya sebagi tempat berwisata yang menarik, tetapi juga banyak yang menggunakannya sebagai tempat outbond. Jalur menuju lokasi yang agak terjal juga menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pesepeda dari Jogja yang datang mengunjunginya.

Di lokasi Hutan Pinus Manungan ini sudah terdapat fasilitan berupa toilet, sehingga tidak perlu khawatir bagi wisatawan untuk berlama-lama di lokasi. Pada saat menggunakan panggung atau gardu pandan, karena harus antre dengan pengguna lainnya. Hrusla bersabar dan tetap menjaga sikap dan memperhatikan keselamatan. Bagi wisatawan muslim, sudah dipersiapkan Mushollah kecil di sekitar lokasi, jadi tidak perlu khawatir bila ingin menjalankan ibadah sholat.

Hutan Pinus Manungan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Lokasi hutan ini tidak terlalu sulit ditemukan, karena berada di Yogyakarta bagian selatan. Ada banyak spot menarik di tempat wisata yang tak jauh dari lokasi Hutan Pinus Mangunan ini. Beberapa tempat wisata tersebut yang populer saat ini adalah Kalibiru di Kulonprogo yang lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi Hutan Pinus Mangunan, selanjutnya yaitu ada wisata Puncak Becici yang terkenal memiliki gardu pandangnya sebagai spot yang bagus untuk berfoto. Setelah menikmati indahnya Hutan Pinus Mangunan, wisatawan bisa mampir ke wisata Puncak Becici. Menggunakan GPS yang berdasar pada Google Map bisa menjadi peta alternatif yang tepat.

Jarak dari Jogja sampai Hutan Pinus Mangunan ini mencapai 23 km, jadi bisa ditempuh sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraam bermotor. Rute-nya dari Jogja melalui Ring Road selatan, kemudian dari arah Gamping ikuti petunjuk arah menuju ke arah Parangtritis, selanjutnya menuju ke Kecamatan Dlingo. Setelah itu, ikuti arah menuju ke Kebun Buah Mangunan, terus lurus sekitar 1 km mengikuti jalan beraspal, selanjutnya yaitu mengikuti jalan menanjak. Akses menuju lokasi cukup sulit, karena jalan yang menanjak, sehingga harus selalu berhati-hati saat berkendara.

Belum ada biaya retribusi yang diberlakukan untuk wisatawan, hanya biaya parkir bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, yaitu Rp. 3.000 untuk parkir sepeda motor, sedangkan parkir mobil Rp. 10.000. Buat wisatawan rombongan yang menggunakan Bus, maka dikenai biaya parkir Rp. 20.000. Hutan Pinus Mangunan sangat cocok buat mengabil foto prewedding, dengan izin yang dikenai Rp. 50.000.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat untuk sampai ke lokasi, tetapi disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Apalagi dengan kondisi sekarang ini yang sering turun hujan, maka menjadikan akses jalan yang licin. Wisatawan diharapkan agar selalu memperhatikan aturan, terutama dilarang membuang putung roko dan sampah sembarangan. Selain itu, juga dilarang keras menjadikan lokasi Hutan Pinus Mangunan ini sebagai tempat berbuat asusila. Jadi, sebaiknya tetap jaga sikap, terutama untuk selalu bersikap sopan, sehingga tercipta kenyamanan bagi setiap wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.