Lokasi dan Rute Menuju Pantai Watu Leter Malang, Spot Wisata Anti Mainstream

Posted on

Malang memiliki banyak lokasi wisata yang indah, tidak hanya banyak terdapat wisata air terjun, semisal: Coban Rais dan Coban Talun yang lagi hits, tetapi juga memiliki banyak wisata pantainya. Pantai Tiga Warna adalah salah satu pantai cantik di Malang yang sudah kami update sebelumnya. Untuk kali ini spesial kami akan update informasi mengenai Pantai Watu Leter Malang.

pantai watu leter
Pantai Watu Leter, via: piknikasik.com

Pantai Watu Leter menyajikan pesona alam yang sangat mempesona, pengunjung tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan di sekitar pantai, tetapi juga dapat merasakan asri dan sejuknya udara di Pantai Malang. Mungkin banyak yang masih belum tahu akan pantai yang elok ini, kebanyakan pata wisatawan dan traveller lebih mengenal Pantai Bale Kambang, Sendang Biru, dan Bajul Mati. Tetapi baru-baru ini, Pantai Watu Leter mulai terekspos oleh media, dan menjadi perbincangan hangat, terutama di media sosial Instagram.

Pantai ini masih nampak sangat alami, karena belum banyak wisatawan yang mengunjunginya. Para traveller yang menggemari jelajah ke wisata yang anti mainstream lah yang bisanya sudah mengunjunginya. Karena biasanya traveller seperti itu tidak begitu memperhatikan bagus tidaknya akses jalan menuju ke lokasi, yang terpenting adalah bisa sampai ke lokasi dengan selamat dan bahagia.

Pantai ini sangat nyaman buat liburan anda, jika melihat pesona keindahannya yang luar biasa. Kondisi air yang masih snagat jernih, banyak pasirnya yang lembut, tidak ada sampah yang bertebaran, bahkan terkadang ada penyu-penyu yang bertelur di area pantai ini. Wisatawan bisa menikmati segala sudut pantai, mulai dari menelusuriindahnya hutan mangrove dengan menggunakan perahu yang tersedia, hingga mandi di pantai, bermain air dan pasir, serta menikmati indahnya alam sekitar pantai.

Pantai Watu Leter nampak seperti kolam besar yang dikelilingi pepohonan, bukit, dan bebatuan. Banyaknya pohon yang rindang juga bisa sebagai tempat teduh bagi wisatawan yang mungkin merasa panas berada di bawah terik matahari. Tetapi, Pantai ini tak seperti pantai pada umumnya, karena pantai berada di Malang, tentu semilir angin yang berhembus dan sejuknya udara menjadikan panasnya terik matahari tak begitu terasa menyengat.

Pantai Watu Leter bentuknya sangat datar, jadi wajar bila pantai ini disebut Leter. Masyarakat sekitar menyebut pantai ini Ngleter. Wisatawan yang hadir meskipun merasa capek setelah melakukan perjalanan jauh menuju pantai ini, tetapi tidak bakal rugi dengan indahnya pantai dengan segala yang ada untuk bisa dinikmati.

Pantai Watu Leter pemandangannya sangat eksotis, sangat bagus sebagai background untuk berselfie. Bagi wisatawan yang gemar berburu foto alam, maka Pantai ini bisa menjadi spot yang istimewa.

Sebenarnya Pantai Watu Leter tak jauh dari Pantai Goa Cina, bahkan bersebelahan. Tetapi, Pantai Goa Cina lebih populer dan lebih banyak dikunjungi wisatawan, sudah cukup ramai. Sedangkan Pantai Watu Leter masih sepi pengunjung, jadi kondisi alamnya masih terasa sangat alami.

Pantai Watu Leter ini berada di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Jarak Pantai Watu Leter dari pusat Kota Malang adalah 70 km, dan perjalanan yang ditempuh sekitar 3 jam. Perjalanan menuju ke lokasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, terutama Motor. Karena akes jalannya yang terjal dan bebatuan, serta agak sempit maka lebih baik menggunakan Motor.

Rute nya di mulai dari dari Kota Malang langsung menuju ke Malang Selatan, tepatnya menuju lokasi Pantai Sendang Biru. Sesampainya di pertigaan Pantai Sendang Biru, ada papan petunjuk, ambil arah ke kanan menuju Pantai Bajul Mati atau Pantai Goa Cina. Untuk menuju ke Pantai Watu Leter anda harus menuju ke Pantai Goa Cina terlebih dahulu, akses jalannya sulit, sehingga anda harus memarkirkan sepeda di area Pantai Goa Cina. Dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Pantai Watu Leter sejauh 150  meter, atau sekitar 20 menit perjalanan. Lelahnya perjalanan anda akan hilang ketika sudah sampai Pantai Watu Leter karena akan disambut dengan pesona Pantai Watu Leter yang sangat menawan untuk anda nikmati.

Wisatawan yang ingin masuk akan dikenai biaya Rp.10.000/orang, dan wisatawan juga dikenai biaya parkir.

Jangan lupa persiapkan bekal dan segala perlengkapan yang diperlukan sebelum menuju ke lokasi.