Rute dan Lokasi Air Terjun Gedad Banyusoco Playen Gunung Kidul

Jogja selalu memiliki wisata alam yang mempesona, dan yang baru-baru ini menjadi perbincangan dan buruan bagi pengguna sosial media adalah Air Terjun Gedad Banyusoco Playen Gunung Kidul. Sebelumnya ada juga spot baru yang bagus untuk selfie dan menjadi obyek wisata yang ngehits saat ini yang juga berada di Gunung Kidul, yaitu Green Village Gedangsari dan Bukit Maracah.

pemandangan air terjun gedad, spot foto air terjun gedad

Pemandangan dan Spot Foto Air Terjun Gedad, via: www.instagram.com/adi_cuncun

Gunung Kidul selalu menyajikan keindahan alam yang sangat menawan, hal inilah yang menjadikan wisatawan tertarik untuk datang berkunjung. Pemerintah setempat juga tak tinggal diam, upaya untuk membangun spot-spot strategis, terutama untuk menikmati keindahan di wisata tersebut, juga sebagai spot foto yang spesial. Bagi wisatawan yang gemar hunting foto, maka adanya spot-spot itu menjadi semakin bagus.

Adanya Air Terjun Gedad Banyusoco Playen menambah koleksi wisata di Gunung Kidul Yogyakarta, semakin menjadikan Gunung Kidul sebagai daerah yang tak mau ketinggalan dengan kekayaan alamnya. Air Terjun tersebut bisa dibilang baru, karena pemerintah setempat baru meresmikannya.

Disebut Air Terjun Gedad karena memang berlokasi di dusun Gedad, sehingga masyarakat lebih mengenal Air Terjun Gedad. Meski tak sedikit juga yang menyebutnya Air Terjun Banyusoco, Air Terjun Playen, ya itu sama saja karena penyebutan masih berdasarkan nama Dusun, Desa, dan Kecamatan.

Air Terjun ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu ketinggiannya hanya sekitar 10-15 meter saja. Tetapi dindingnya lebar, serta berundak-undak sehingga air terjun tersebut turun seperti keluar dari dinding-dinding. Sehingga ini menjadi pemandangan yang sangat eksotis, sangat keren sebagai background untuk berfoto atau berselfie.

Air Terjun ini terletak di Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, jarak wisata ini sekitar 50 km, dan perjalanan yang ditempuh sekitar 2 jam. Wisata Air Terjun ini juga tak jauh dari wisata Air Terjun Srigethuk, jadi wisatawan yang berkunjung ke wisata tersebut bisa mampir ke wisata Air Terjun Gedad.

Rute menuju ke lokasi dimulai dari arah Jogja, dari sana ambil arah menuju Wonosari terus lurus melewati Bukit Bintang. Masih terus menuju kota Wonosari, dan sesampainya di pertigaan setelahnya lapangan, selanjutnya ambil arah ke kanan menuju wisata Air Terjun Srigethuk. Nah, bila sudah sampai di wisata Air Terjun Srigethuk, selanjutnya ambil arah ke kiri menuju wisata Air Terjun Gedad. Perjalanan dari area wisata Air Terjun Srigethuk sampai wisata Air Terjun Gedad ditempuh sejauh 3 km. Perjalanan anda menuju ke lokasi bisa dengan menggunakan petunjuk GPS yang modern ini sudah banyak digunakan oleh para Traveller.

Wisata Air Terjun Gedad Banyusoco Playen Gunung Kidul masih baru, maka pengunjung tidak dikenai biaya sepeserpun. Jadi wisatawan secara gratis bisa masuk dan menikmati pesona keindahan alam yang tersaji. Hanya saja, wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi dikenai biaya parkir Rp.2.000 untuk Sepeda Motor, dan Rp.5.000 untuk Mobil. Karena masih dalam tahap pembangunan, sehingga fasilitan belum begitu memadai. Ada[un fasilitas yang telah tersedia disana, mulai dari bangku, toilet, dan para penjual makanan dan minuman yang bisa dinikmati para wisatawan.

Rute dan Lokasi Air Terjun Gedad Banyusoco Playen Gunung Kidul | admin | 4.5