Rute dan Lokasi Hutan Mangrove Pantai Congot Kulon Progo

Jogja sudah tidak diragukan lagi akan berbagai kekayaan wisata alamnya. Bermacam-macam wisata alam yang sangat spektakuler disajikannya, salah satunya yang kini sedang menjadi perbincangan para wisatawan adalah Hutan Mangrove Kulon Progo, Jogja. Sebelumnya juga sudah kami bagikan kepada sobat sekalian mengenai wisata terbaru di Jogja dan yang lagi hits, yaitu The Lost World Castle.

hutan mangrove pantai congot, hutan mangrove kulon progo

Hutan Mangrove Kulon Progo, via: www.dakatour.com

Berbicara mengenai Kabupaten Kulon Progo, maka lokasi ini terkenal akan wisata Pantainya yang mempesona, yaitu Pantai Trisik dan Pantai Glagah. Sedangkan ke arah barat sedikit ada pantai yang terkenal dengan hutan mangrove nya, yaitu pantai Congot yang kali ini akan kami share seputar pemandangan, lokasi, dan rutenya ke sana.

Ya , Pantai Congot masih satu lokasi dengan dua pantai tersebut, tetapi masing-masing memiliki keunikan dan kelebihan. Pantai Congot berada dekat dengan Hutan Mangrove Kulon Progo yang kini sedang hits, karena pesona keindahan yang dimilikinya. Inilah yang menjadikan pantai ini menarik untuk dikunjungi wisatawan, tidak hanya sebagai wisata alam yang menyenangkan, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai even pembelajaran akan pentingnya hutan mangrove di sekitar pantai.

Pemandangan alam yang sangat apik tersaji Hutan Mangrove, ditambah lagi dengan adanya spot-spot unik yang sengaja dibuat untuk wisatawan agar bisa mengabadikan moment spesial tersebut dengan berfoto dan berselfie. Hutan Mangrove ini sudah banyak yang dishare di instagram, sehingga menjadi daya tarik bagi pengguna istagram untuk mengunjunginya karena keindahan wisata tersebut.

Yang menjadikan pengunjung nyaman untuk berwisata di Hutan amngrove adalah adanya jembatan-jembatan yang dibuat dari kayu secara swadaya oleh warga setempat, jembatan kayu tersebut cukup panjang disekitar Hutan Mangrove, sehingga wisatawan tidak hanya menikmati indahnya alam laut, tetapi juga bisa menikmati lebih dekat pesona keindahan Hutan Mangrove-nya.

Ada juga jembatan yang unik berbentuk love, ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan Instagramer untuk background foto. Yang pasti jembatan kayu menjadi salah satu fasilitas yang spesial buat wisatawan yang ingin menjelajah wisata Hutan Mangrove Kulon Progo ini.

Hutan Mangrove ini secara Administratif-nya masih berada di kawawan Yogyakarta, tepatnya di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Desun Pasir Mendit lokasinya mudah ditemukan, karena berada di sebelah barat Bengawan Bogowonto.

Rute menuju ke lokasi tak begitu sulit, yaitu mulai dari kota Jogja melalui jalan jurusan Jogja- Wates, kemudian sampai di perbatasan Kulon Progo ikuti arah menuju Purworejo sepanjang 20 km, sesampainya di lokasi Patung Kuda Wates masih ke arah barat hingga sampai di pertigaan Terminal Wates, selanjut nya ambil arah ke kiri.

Dari Terminal Wates tadi, berlanjut sepanjang 10 km, kemudian ada Rumah Makan Nasi Padang berbentuk huruf Y, selanjutnya ambil arah ke kiri menuju Pantai Congot, sesaimpainya di Jembatan Congot, masih terus ke arah barat sepanjang 100 meter, nanti di sebelah kiri jalan ada Papan Nama Dusun Mendit, di situ ikuti arah menuju lokasi.

Wisatawan yang masuk untuk menikmati indahnya pemandangan Hutan Mangrove KulonProgo dikenakan biaya tiket Rp. 3.000/orang. Juga dikenai biaya parkir untuk Sepeda Motor Rp. 2.000, dan untuk Mobil Rp. 5.000. Di sana ada beberapa pintu masuk untuk wisatawan.

Disarankan buat para wisatawan agar berangkat ke lokasi pada saat pagi atau sore, karena waktu tersebut pemandangan masih bagus dan kondisi cuaca masih adem, sedangkan ketika siang kondisinya panas dan sedikit tempat berteduhnya.

Rute dan Lokasi Hutan Mangrove Pantai Congot Kulon Progo | admin | 4.5