Kebun Buah Mangunan, Negeri di Atas Awan Yang Sangat Menakjubkan

Buat kamu yang berada di Jogja dan ingin menikmati suasana yang dingin, sejuk, dan indah, maka Bantul menjadi salah satu kabupaten yang memiliki wisata perbukitan yang hits banget, nama wisatanya ialah Kebun Buah Mangunan. Di wisata ini kamu dapat merasakan sejuknya udara, serta indahnya pemandangan alam dari ketinggian. Selain itu, saat pagi kawasan ini diselimuti dengan awan putih yang pekat, dan kamu akan merasakan sensasi seperti berada di atas kayangan. Oleh karena itulah, banyak yang menyebut wisata kebun buah ini sebagai Negeri di Atas Awan.

kebun buah mangunan

Kebun Buang Mangunan Dlingo Bantul, via: www.instagram.com/imamisasi

Wisata Kebun Buah Mangunan kini lagi ngehits banget dan menjadi daya tarik, tidak hanya bagi wisatawan lokal saja, banyak juga wisatawan dari berbagai daerah. Di sana terdapat juga gardu pandang sebagai spot untuk memandangi keindahan alam di kawasan ini. Dari gardu pandang dengan ketinggian 200 meter ini kamu dapat melihat dengan jelas panorama pegunungan sewu yang sangat luar biasa.

Wisata alam ini sangat cocok untuk kamu kunjungi sob, terutama buat kamu yang merasa penat dengan kesibukan sehari-hari di kota, sekali-kali cobalah untuk berkunjung ke Kebun Buah Mangunan. Lokasinya yang asri tentunya sangat nyaman, kamu dapat merileksasikan diri di sana untuk melepas segala kepenatan. Pemandangan perbukitan yang dipenuhi dengan pohon pinus hijau dapat memanjakan mata kamu sob, pemandangan gunung turut menjadi landscape yang sangat menawan, berpadu dengan birunya langit dan awan-awan putih semakin menjadikan view begitu menakjubkan.

Oh iya, tak jarang kok pendatang yang camping di wisata ini, demi untuk menyaksikan detik-detik tergelincirnya matahari dan juga menikmati pesona Sunrise yang sangat eksotis. Bila saat pagi buta kamu sudah berada di sana, maka kamu akan menyaksikan begitu banyaknya awan putih di kawasan ini. Nampak sangat mempesona bak Negeri di Atas Awan. Setelah itu, moment munculnya matahari dari arah timur menjadi panorama alam yang sangat mengagumkan. Indahnya pemandangan di Kebun Buah Mangunan ini akan membuat gatal tangan kamu untuk selalu ingin mengabadikan moment-moment istimewa di sana, baik itu dengan selfie maupun wefie dengan rekan-rekan.

Pemerintah kabupaten Bantul membanguan kawasan ini menjadi obyek wisata sejak tahun 2003 silam. Berbagai pohon buah di tanam di kawasan seluas 23 hektar ini, mulai dari pohon Durian, Manggis, Kelengkeng, Rambutan, Jambu Air, Belimbing, dan lain sebagainya. Bila musim panen tiba, kamu dapat menikmati hasil perkebunan sob, tentunya ini menjadikan wisata kamu semakin menyenangkan. Selain itu, juga terdapat area untuk memelihara Rusa, banyak juga pengunjung yang tertarik untuk melihatnya dan memberinya makanan. Ini menjadi tempat untuk melengkapi aktivitas kamu di wisata Kebun Buah Mangunan sob.

Berada di puncak bukit, kamu dapat melihat adanya sungai yang sangat indah, namanya ialah Sungai Oyo. Pemandangan Sungai Oyo yang terlihat seperti Sungai Amazon yang panjang berkelok dan dikelilingi hamparan hutan yang lebat. Foto-foto pemandangan wisata ini baru-baru ini memang lagi hits banget di Instagram, dan banyak yang tertarik untuk berwisata ke sana. Pesona alam yang disuguhkan di wisata Kebun Buah Mangunan ini benar-benar sangat mempesona, maka wajar bila banyak pengguna medsos yang  ingin berangkat ke sana. Bila di hari libur, wisatawan yang datang terbilang cukup banyak, tentu ini semakin menambah seru suasana.

Lokasi Kebun Buah Manguna terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kawasan Mangunan memang terkenal sebagai wisata bukit yang memukau, dan dikenal juga sebagai spot selfie yang sangat kece dan kekinian. Wisata Hutan Pinus Mangunan yang baru-baru ini juga menjadi buruan bagi para wisatawan, berbagai spot selfie unik dari kayu pohon pinus menjadi spot foto utama. Masih di kawasan Mangunan, terdapat juga wisata Watu Goyang yang memiliki spot selfie gardu pandang unik, juga menjadi daya tarik bagi para pecinta selfie. Tak jauh dari sana juga ada Tebing Watu Mabur, sebagai wisata dengan berbagai spot gardu pandang kekinian yang tak kalah kece.

Kamu bisa memasuki wisata Kebun Buah Mangunan dengan membayar baya retribusi sebesar Rp.5.000/orang. Hanya dengan membayar uang 5 ribu kamu sudah bisa menikmati panorama alam yang sangat indah dan mengagumkan. Dari pusat kota Jogja, perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai lokasi sekitar 40 menit, tak begitu jauh kan? kamu juga bisa menggunakan motor sampai puncak, tetapi kamu harus lebih berhati-hati karena jalanan menuju puncak cukup terjal, banyak bebatuan. Jangan lupa menggunakan sandal dan sepatu yang tepat, selain itu jangan lupa juga membawa perlengkapan lainnya yang dibutuhkan, mulai dari makanan, minuman, jaket, dan lain sebagainya. Di wisata ini tersedia fasilitas cukup mumpuni, mulai dari WC, Musholla, Gazebo, Warung, dan juga Penginapan, jadi kamu tidak perlu khawatir mengenai fasilitas.

Bagaimana? wisata ini sangat indah dan menarik bukan? bila kamu ingin refresing ke sana, segera agendakan sob, hehe.

Kebun Buah Mangunan, Negeri di Atas Awan Yang Sangat Menakjubkan | admin | 4.5