Lokasi dan Rute Bukit Panguk Kediwung Dlingo Bantul, Wisata Negeri di Atas Awan Yang Sangat Indah

Posted on

Bantul menjadi kabupaten di Jogja yang cukup mengemuka berkat adanya berbagai spot wisata yang keren dan kekinian. Sudah banyak spot-spot keren yang menjadi daya tarik bagi para traveller di Jogja, semisal saja spot yang lagi ngehits adalah Hutan Pinus Pengger. Di sana terdapat spot-spot kayu keren dan pemandangan hutan pinus yang indah menjadi daya tarik bagi wisatawan. Selain itu, wisata hits lainnya yang ada di Dlingo adalah Seribu Batu Songgo Langit yang memiliki spot Rumah Kayu yang unik dan Rumah Hobbits yang keren, ini sebagai spot foto kekinian yang menjadi buruan para penggemar selfie.

bukit panguk kediwung
Bukit Panguk Kediwung Dlingo Bantul, via: www.instagram.com/bukitpanguk_kediwung

Kabupaten Bantul menyimpan potensi alam yang luar biasa, banyak perbukitan yang menjadi obyek wisata menarik di sana. Bukit Punguk Kediwung menjadi salah satu destinasi wisata seru yang baru-baru ini ngehits banget di medsos dan menjadi incaran para traveller untuk menikmati segala keindahan alam yang disajikan. Tidak hanya itu, Bukit Punguk Kediwung ini menjadi salah satu wisata negeri di atas awan yang sangat bagus, karena wisatawan bisa melihat secara langsung suasana berada di atas awan di Bukit Panguk Kediwung. Banyak sekali awan-awan yang menyelimuti kawasan bukit ini, apalagi terdapat spot-spot gardu pandang yang di sana sebagai spot untuk melihat keindahan alam sekitar.

Berbagai spot unik tersedia di Bukit Panguk Kediwung dan sangat diminati oleh para pengunjung. Karena berada di atas gardu pandang tersebut, pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang sangat mempesona, tetapi juga sangat keren sebagai spot untuk berfoto dan berselfie sesuka hati. Bahkan, spot tersebut cocok juga untuk foto prewedding yang tentunya terlihat romantis sekali. Sudah banyak wisatawan yang menggunakannya sebagai spot prewedding.

Bukit Panguk Kediwung populer dengan sebutan “Negeri di Atas Awan” yang juga disematkan pada wisata Kebun Buah Mangunan. Memang kabut awan yang pekat sering kali menyelimuti kawasan bukit ini, terutama ketika pagi hari yang nampak jelas awan yang begitu pekat. Pengunjung yang berada di sana akan merasakan sensasi luar biasa benar-benar berada di atas awan. Ketika kabut awan yang begitu banyak, bisa menjadi background foto yang spektakuler. Foto di atas Bukit Panguk inilah yang paling banyak beredar di media sosial dan menjadi perbincangan hangat.

Ketika awan pekat sudah mlai menghilang dari kawasan wisata Bukit Panguk ini, maka terlihat sangat jelas sekali pemandangan indah dari bukit hijau yang menjulang, dihiasi dengan adanya sungai yang mengalir, begitu banyaknya pohon-pohon pinus yang lebat, berpadu dengan birunya langit menjadi kombinasi landscape yang sangat amazing.

Sebenarnya wisata Bukit Panguk ini masih tergolong baru, yakni diresmikan pada tanggal 16 Mei 2016. Kini wisata ini menjadi wisata yang hits di Bantul dan diminati banyak pengunjung. Bukit ini berada di Puncak Bukit Batu Lawang, dan jarak dari Kebun Buah Mangunan sekitar 2 km.

Sedangkan secara Administratif, Bukit Panguk terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya dekat juga dengan wisata Tebing Watu Mabur yang hits dengan spot gardu pandang barunya.

Rute menuju lokasi dimulai dari Jogja ikuti arah menuju ke Terminal Giwangan, dari Traffic Light Giwangan lurus terus ke arah selatan hingga Pasar Imogiri. Selanjutnya ambil arah ke kiri dan ikuti arah ke Makam Raja-Raja, Nah sebelum sampai di Makam tersebut ada Pertigaan. Dan ada papan petunjuk menuju ke Kebun Buah Mangunan, ikuti terus hingga mendekati Kebun Buah Mangunan di sana ada papan petunjuk menuju Bukit Panguk Kediwung. Ikuti terus hingga sampai wisata Bukit Panguk Kediwung, anda bisa bertanya pada warga sekitar atau bisa juga menggunakan GPS sebagai alat petunjuk jalan.

Para Pengunjung yang akan memasuki wisata Bukit Panguk Kediwung, cukup dengan membayar biaya seikhlasnya, karena belum ada biaya retribusi. Pengunjung yang menggunakan Motor dikenai biaya parkir Rp.2.000, dan untuk Mobil Rp.5.000. Disarankan mengunjungi lokasi ini ketika pagi hari sebelum muncul mantahari, sehingga anda bisa menikmati pemandangan Negeri di Atas Awan beseta Sunrise yang sangat eksotis.