Lokasi Kedung Pengilon Bangunjiwo Kasihan Bantul, Wisata Air Terjun Yang Mulai Hits

Posted on

Bantul kian semakin populer di kalangan wisatawan ataupun para traveller, banyak wisata alam yang ngehits banget, Hutan Pinus Pengger Dlingo yang sebelumnya sempat ramai diperbincangkan di media sosial, dan juga Pantai Goa Cemara juga salah satu wisata pantai yang banyak dikunjungi wisatawan, kini muncul wisata yang mulai hits dan bisa jadi akan mengikuti wisata-wisata Bantul sebelumnya.

kedung pengilon
Kedung Pengilon Bantul, via: www.instagram.com/explorejogja

Sebenarnya Kedung Pengilon merupakan lokasi wisata yang lumayan populer di daerah sekitar, tetapi di kancah nasional masih belum banyak dikenal wisatawan. Wisata ini menyajikan pemandangan air terjun yang berbeda dari wisata air terjun lainnya, sehingga bisa jadi akan menjadi buruan hangat wisatawan dan menjadi ramai nantainya, terutama saat liburan tiba.

Yang menjadikan Kedung Pengilon ini unik dan istimewa adalah selain terdapat air terjun yang mengalir deras dari ketinggian 10 meter, juga membentuk kolam yang cukup luas terisi air sungai serta air dari aliran air terjun tersebut. Kedung Pengilon sendiri terbilang cukup dalam, yaitu sekitar 8 meter, jadi bagi wisatawan yang belum bisa berenang jangan coba-coba nyebur agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Air terjun yang mengalir cukup deras, sangat jernih, dikelilingi dengan pepohonan hijau yang rindak, nampak sangat indah. Masyarakat setempat yang mengelola tempat ini sebagai lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Posisi yang jauh dari area pemukiman penduduk menjadikan Kedung Pengilon ini sebagai wisata anti mainstream yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Wisata ini cocok dikunjungi para traveller penjelajah alam yang tentu tidak hanya menikmati pesona keindahan alam saja, tetapi juga tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Di sekitar lokasi terdapat beberapa tempat duduk, gardu, serta wisatawan yang datang juga melewati jembatan, bebatuan, dan lain-lain. Lokasi tersebut juga bisa menjadi spot untuk foto, berselfie selain spot utama air terjun di Kedung Pengilon. Untuk menikmati pemandangan di sekitar lokasi, wisatawan bisa juga membawa ban pelampung yang bisa digunakan untuk bermain dan mengapung di Kedung Pengilon.

Karena letak wisata ini yang masih tersembunyi, wisatawan yang datang paling banyak dari kalangan pemuda. Wisata Kedung Pengilon sebagai wisata resmi yang dikelola oleh warga setempat dan belum ada peran dari pemerintah, maka belum ada biaya retribusi untuk wisatawan yang masuk.

Secara Administratif, Kedung Pengilon terletak di Dusun Petung, Desa Bagunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute dari pusat kota Jogja menuju ke jalan Bantul, sesampainya di Pabrik Gula Madukismo – Bantul, berlanjut terus ke arah barat hingga perempatan besar. Selanjutnya ambil arah kiri menuju Kasongan, dilanjutkan menuju ke Desa Krebet, sesampainya di persimpangan jalan ambil arah menuju Desa Bagunjiwo. Sesampainya di Desa Bagunjiwo, wisatawan bertanya ke warga sekitar tentang keberadaan Dusun Petung. Dari Desa Bagunjiwo ini cukup sulit mendapatkan papan petunjuk menuju lokasi, jadi harus aktif bertanya ke warga sekitar. Wisatawan mulai berjalan kaki dari Dusun Petung menuju ke lokasi sejauh 300 meter, sesampainya di kawasan Kedung Pengilon baru terdapat papan petunjuk menuju wisata Kedung Pengilon.

Bagi anda yang berniat liburan di Kedung Pengilon, maka belum seru bila belum bermain air di sana. Tersedia Ban pelampung yang disediakan oleh pengelola setempat dengan menyewanya Rp.3.000/Ban.

Wisata Kedung Pengilon masih dikelola oleh masyarakat setempat sebagai lokasi wisata yang belum dikenai biaya retribusi, atau masih Gratis. Wisatawan hanya membaya biaya parkir untuk Motor Rp.2.000 dan Mobil Rp.5.000.

Ingiat! bagi wisatawan yang tidak bisa berenang, jangan sekali-kali ikut nyemplung di kolam. Cukup nikmati saja indahnya pemandangan di sekitar lokasi, serta bisa juga berfoto dan berselfie sesukai hati dengan spot-spot foto yang sekiranya terbaik.