Pesona Pantai Wohkudu Gunung Kidul Jogja Yang Sangat Menakjubkan

Posted on

Gunung Kidul memang tidak diragukan lagi dengan berbagai wisata pantai yang sangat luar biasa. Tentunya ini semakin menambah daftar wisata indah di Jogja, sehingga Jogja menjadi surga wisata alam yang sangat menakjubkan. Maka tak heran bila kemaren sempat menjadi trending topik di media sosial “Jogja Istimewa” karena memang wajar sekali, Jogja tidak hanya sebagai kota Pendidikan, tetapi juga memiliki segudang obyek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi.

pantai wohkudu, pantai wohkudu jogja, pantai wohkudu gunung kidul
Panorama Pantai Wohkudu, via: www.instagram.com/zain032

Baru-baru ini Pantai Wohkudu di Gunung Kidul menjadi perbincangan hangat di media sosial berkat fotonya yang beredar terlihat begitu mempesona. Foto Pantai Wogkudu yang sangat indah ini mendpatkan banyak respon positif bagi para netizen, kebanyakan dari mereka merasa takub dengan pesona keindahannya. Tentunya mereka sangat menginginkan untuk mengunjungi wisata ini suatu saat.

Sebenarnya Pantai Wohkudu belum begitu familiar di kalangan para wisatawan, terutama wisatawan dari luar daerah. Karena kebanyakan yang tahu dan mengunjungi pantai ini adalah wisatawan lokal. Kabarnya bahwa pantai masih perawan, maksudnya masih benar-benar alami dan belum banyak sampah. Berbeda dengan pantai yang sudah populer, maka suasananya tentu berbeda, baik ditinjau dari segi pemandangan maupun keramaian pengunjung.

Di Gunung Kidul, sebenarnya ada banyak sekali pantai yang memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa, dan sebelumnya sudah kami bahas tentang Pantai Sedahan dan Pantai Krakal. Masing-masing pantai memiliki kelebihan yang berbeda, dan lebih bagus bila sobat telah menjelajahi semua pantai di Gunung Kidul. Tentunya sebagai traveller sejati kamu harus selalu menjaga kebersihan, agar pantai tetap indah dan nyaman untuk dikunjungi. Karena banyak pantai yang awalnya sangat indah, namun akibat ulah oknum pengunjung yang membuang sampah sembarangan menjadikan pantai semakin kotor dan tidak enak dipandang, sehingga menjadikan pantai kurang istimewa.

Pantai Wohkudu Gunung Kidul ini memiliki keunikan tersendiri sob, sangat khas dan berbeda banget dari pantai-pantai lainnya. Bibir pantai ini tak begitu luas hanya 100 meter, bisa dikategorikan sebagai pantai tersempit di Gunung Kidul. Pantai ini juga diapit oleh dua tebing raksasa, sangat tinggi dan besar sekali. Cukup menakutkan sih, tetapi ini menjadikan keunikan dan panorama alam tersendiri yang sangat beda. Bukit besar tersebut nampak sangat indah dan menawan karena berwarna hijau segar, karena dipenuhi dengan rerumputan hijau. Jangan harap kamu bisa naik ke atas tebing, karena tebingnya sangat tinggi sekali, selain itu juga tidak ada akses untuk menuju ke atas tebing.

Pantai yang diapit tebing besar ini tentu menjadikan pengunjung sulit untuk menyaksikan panorama Sunset, karena bila hari mulai senja, maka pantai ini menjadi semakin gelap. Maka, waktu paling tepat untuk menikmati indahnya Pantai Wohkudu ini adalah saat siang hari atau mulai pagi sampai siang berada di sana. Pada siang hari, meski terkena panasnya sinar Matahari, tetapi hembusan angin yang cukup kencang menjadi kenyamanan tersendiri sob. Kamu juga bisa bersenang-senang bermain air di pantai ini, tetapi kamu harus selalu berhati-hati, jangan sampai berenang ke tengah laut, besarnya ombak pantai bisa menjadi ancaman sob.

Banyak yang menyebut Pantai Wohkudu sebagai “Surga yang tersembunyi”, karena pantai ini menawarkan keindahan alam yang sangat mengagumkan. Lokasinya yang tersembunyi, suasana yang sepi, fasilitas yang belum memadai, dan juga pengunjungnya belum begitu banyak, maka cukup pantas sebutan tesebut. Tetapi tak jarang kok beberapa traveller yang datang dan camping di kawasan pantai ini. Selain itu, pantai ini terdapat banyak Ikan dan Lobster, sehingga warga sekitar sering kali memancing di sana.

Tingginya tebing yang menghalangi pantai ini menjadikannya cukup adem bila Matahari tidak benar-benar segaris di posisi tengah pantai. Meskipun area pantai yang tak begitu luas, sensasi berada di pantai ini sangat istimewa. Pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh kamu yang merasa penat dengan kesibukan di perkotaan. Di sana kamu dapat bersantai dan merileksasikan diri sembari menikmati pesona keindahan pantai yang sangat mempesona. Yang penting, kamu harus selalu berhati-hati dalam perjalanan, persiapkan segala bekal yang diperlukan, serta jangan sampai membuang sampah sembarangan, apalagi merusak.

Lokasi Pantai Wohkudu ini terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Rute menuju ke lokasi mulai dari Jogja menuju ke Imogiri Timur, sesampainya di Pasar Imogiri ambil arah ke kanan menuju ke Selopamioro. Sesampainya di Pertigaan, ambil arah ke kiri, setelah itu sesampainya di Sungai Oyo lurus terus menuju ke Selopamioro dengan kondisi jalan yang kurang bagus, banyak tanjakan dan berkelok. Sesampainya di atas Bukit, ikuti papan petunjuk menuju ke Pantai Gesing, dan sesampainya di Pantai Gesing ikuti terus sampai ke Pantai Kesirat. Setelah itu ikuti terus jalan cor-coran sampai ke parkiran Pantai Wohkudu. Jarak dari Jogja sampai lokasi adalah 65 Km, dan lamap perjalanannya sekitar 2 jam.

Sesampainya di Pantai Wohkudu kamu akan disuguhkan pemandangan pantai yang begitu mempesona. Di sana lelah perjalanan serasa hilang seketika, kamu bisa bermain air, camping, bersantai, dan berburu foto cakep. Kamu juga dapat menikmati bekal bawaan berupa makanan dan minuman di pantai ini. Tentunya menjadi sensasi tersendiri bisa seru-serua di sana.