Rute dan Lokasi Pantai Goa Cemara Bantul Jogja, Wisata Pantai Yang Romantis

Yogyakarta selalu menjadi yang terdepan sebagai kota yang memiliki banyak wisata alam yang indah, terutama wisata pantainya yang terkenal sangat mempesona. Beberapa kabupaten di Jogja yang dikenal wisatawan karena keindahan pantainya, seperti: Gunung Kidul dan Kulon Progo, nah Bantul juga tidak mau kalah, dan kini Bantul semakin hits dengan Pantai Goa Cemara.

pantai goa cemara, pantai goa cemara jogja, pantai goa cemara bantul

Pantai Goa Cemara, via: visitingjogja.com

Pantai Goa Cemara ini memiliki lahan yang sangat luas, nah di lahan tersebut terdapat banyak sekali pohon cemara. Nah, disebut Pantai Goa Cemara karena di pantai ini terdapat banyak cemara hingga ada yang membentuk sebuah lorong panjang atau lebih mirip dengan Goa.

Meskipun Pantai Goa Cemara tak sepopuler Pantai Parangtritis, tetapi untuk pemandangan alamnya tidak bisa diragukan lagi. Wajar bila Pantai ini masih belum banyak pengunjung, karena masih tergolong baru, tetapi para pengunjung sudah cukup banyak yang berdatangan semenjak foto pemandangan Pantai ini beredar di media sosial, sehingga menjadi daya tarik batu pengguna medsos untuk mengunjungi Pantai Goa Cemara.

Pantai Goa Cemara dianggap cukup menarik dan memiliki keunikan, karena pantai ini berbeda dari pantai lainnya. Di Pantai ini yangpaling menonjol dan menjadi ciri khas adalah ada banyak sekali pohon cemara yang menambah keeksotisan pantai tersebut. Belum lagi di pantai ini juga terdapat sebuah Mercusuar yang sangat tinggi hingga 40 meter, cukup banyak peminat untuk naik di atas Mercusuar tersebut. Pengunjung yang berminat untuk naik ke atas Mercusuar maka harus membayar Rp.5.000/2 orang. Untuk bisa naik ke atas Mercusuar, pengunjung dibatasi 2 orang sekali naik, sehingga bila ada banyak pengunjung harus mengantri terlebih dahulu. Berada di atas Mercusuar tersebut pengunjung bisa melihat pemandangan di sekitar pantai, mulai dari pemandangan berupa lautan luas, gunung, perbukitan, pohon-pohon cemara, dan lain sebagainya. Selain spot pohon cemara yang membentuk Goa sangat digemari para penggemar selfie, tentu spot Mercusuar juga menjadi spot favorit, dan pengunjung rela mengantri untuk bisa naik.

Di musim hujan, pohon-pohon cemara di sekitar pantai ini akan menjadi lebat, sehingga menambah area pantai semakin hijau. Perpaduan antara pohon cemara dengan pantai nampak sangat mempesona, tentu sangat tepat untuk dikunjungi wisatawan.

Secara Geografis, Pantai Goa Cemara terletak di Dusun Patihan, Desa Gandidngsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi pantai yang mudah ditemui, karena akses menuju ke lokasi terbilang lancar karena jalan sudah beraspal hingga bibir pantai. Ini menjadikan perjalanan menuju ke lokasi sangat mudah.

Rute dimulai dari Kota Jogja menuju Bantul, sesampainya di perempatan Palbapang ambil arah ke kanan. Setelah itu ada lampu merah kedua, ambil arah ke kiri. Selanjutnya lurus terus hingga menemukan papan petunjuk menuju Pantai Goa Cemara.

Saat ini Pantai Goa Cemara masih dalam proses pembenahan, tetapi sudah terdapat berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung, mulai dari Toilet, Kamar Mandi, Musholla, dan air bersih yang melimpah. Di sepanjang bibir pantai juga banyak warung yang menyediakan berbagai makanan khas Bantul. Tersedia juga wahana ATV dan Motor roda empat yang bisa digunakan untuk berkeliling menjelajah seluruh area pantai.

Pengunjung bisa masuk ke Pantai Goa Cemara dengan membayar biaya retribusi sebesar Rp.50.000/orang.

Rute dan Lokasi Pantai Goa Cemara Bantul Jogja, Wisata Pantai Yang Romantis | admin | 4.5