Rute dan Lokasi Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul Jogja, Surga Dunia Yang Tersembunyi

Posted on

Jogja seperti tak pernah kehabisan tempat-tempat wisata, sebelumnya Pantai Drini, Pantai Sedahan, dan Pantai Sinden cukup ngehits di medsos, dan kali ini kembali di Kabupaten Gunung Kidul terdapat Pantai yang benar-benar eksotis dan patut untuk dikunjungi. Karena siapapun wisatawan pasti akan terpincut dengan keunikan yang ada di pantai ini, Pantai Watu Lumbung Namanya.

pantai watu lumbung
Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul Jogja, via: piknikasik.com

Gunung Kidul memang memiliki daftar wisata pantai yang banyak, sehingga dearah ini sangat terkenal di kalangan para traveller. Tentu rugi bila wisatawan hanya mengenal Pantai Parangtritis saja di Gunung Kidul Jogja, karena masih banyak pantai-pantai indah lainnya yang belum begitu populer namun memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa.

Tahukah anda bahwa yang menjadikan Pantai Watu Lumbung ini sangat unik dan berbeda dengan pantai lainnya? bilamana Pantai Lain di pinggiran pantainya terdapat banyak pasir putih, tetapi Pantai Watu Lumbung menyajikan batu karang yang besar di sepanjang bibir pantai. Bahkan ada bebatuan yang besar dan mebentuk terowongan atau goa-goa batu, sehingga dari situ bisa menjadi spot foto yang mempesona beradu dengan background pantai.

Pantai ini berada di area pedalaman, jadi masih termasuk jarang wisatawan yang datang, sehingga kondisi alam sekitar pantai nampak sangat alami, belum begitu banyak sampai dari pengunjung. Tentu ini menjadi sebuah kelebihan tersendiri, dan biasanya sangat digemari oleh para traveller pecinta wisata anti mainstream.

Terdapat batu besar di tengah pantai, ini menjadi ciri khas yang dikenal wisatawan. Karena terdapat batu besar di tengah pantai yang mirip dengan Lumbung padi, sehingga masyarakat sekitar menyebutnya Pantau Watu Lumbung. Agak mirip dengan Pantai Watu Leter Malang yang juga terdapat batu besar di tengah pantai. Selain itu juga agak mirip dengan Pantai Papuma Jember. Yang pasti masing-masing punya kelebihan yang patut dikunjungi oleh wisatawan.

Wisatawan yang berada di Pantai Watu Lumbung harus menggunakan alas kaki yang berstandar untuk travel, karea melihat banyaknya batu karang di sekitar pantai. Namun, yang tak bisa dilupakan adalah Pantai Ini menyajikan keindahan yang nyata, wisatawan yang hadir bisa menikmati keindahan alam sepuasnya. Pemandangan pantai yang begitu menawan, di sekitar pantai terdapat bukit hijau menambah pesona pantai semakin cantik, berpadu dengan cuaca langit yang cerah.

Letak Pantai Watu Lumbung agak tersembunyi, yaitu diapit oleh Pantai Gunung Batur dan Pantai Wediombo. Maka, tak heran bila para traveller menyebutnya sebagai surga dunia yang tersembunyi. selain letaknya yang tersembunyi, juga pantai ini masih belum begitu banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahannya.

Wisatawan tidak akan bosan berada di pantai ini, karena banyak juga spot-spot keren untuk berfoto dan berselfie. Selain spot foto dengan background laut, perbukitan di sekitar pantai, ada juga spot foto unik, yaitu spot foto di terowongan atau goa kecil di sekitar pantai.

Secara adminsitratif letak Pantai Watu Lumbung ini berada di Desa Balong, Kecamatan Garisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini tepat berada di sebelah timur Pantai Batur, dan di sebelah baratnya pantai Wediombo. Jarak Pantai Watu Lumbung dari pusat Kota Jogja sejauh 90 km, dan perjalanan yang ditempuh sekitar 2 jam.

Ada dua Rute yang bisa diambil, Pertama: dimulai dari Kota Jogja melewati Wonosari, selanjutnya menuju ke Balong, berlanjut ke Pantai Watu Lumbung. Kedua: dimulai dari Kota Jogja melewati Wonosari, selanjutnya menuju Semanu, sesampainya di pasar Jepitu, ambil arah ke kanan menuju Pantai Wediombo, selanjutnya membayar tiket dan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Watu Lumbung.

Akses jalan di area kota memang bagus dan lancar, tetapi akses mendekati lokasi Pantai jalan dilalui setapak demi setapak dan dengan penuh kesabaran. Apalagi di musim hujan yang jalan dalam kondisi licin tentu harus lebih berhati-hati. Wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa naik ojek di daerah yang terdapat tukang ojek.

Ketika dalam perjalanan menuju ke lokasi, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya ke penduduk sekitar. Jangan lupa membawa segala perlengkapan dan bekal untuk dinikmati di lokasi.

Wisatawan yang sampai di Pantai Wediombo langsung membayar tiket masuk Rp.5.000/orang, dilanjutkan dengan jalan kaki melalui hutan hingga sampai Pantai Watu Lumbung. Nikmati saja serunya perjalanan anda ketika menuju ke lokasi, rasa lelah dan letih setimpal dengan pesona keindahan Pantai Watu Lumbung.

Tersedia area parkir sebelum Pantai Watu Lumbung, dan perjalanan yang ditempuh dari area parkiran menuju ke lokasi cukup menguras tenaga. Di sekitar pantai juga belum ada warung makanan, jadi bawa bekal secukupnya, berupa makanan dan minuman. Yang pasti selalu jaga kebersihan pantai ini agar kenyamanan dan keindahan di sekitar pantai tetap terjaga.