Wisata di Ponorogo Yang Lagi Hits 2017

Posted on

Wisata di Ponorogo Yang Lagi Hits || Saat mendengar kata “Ponorogo” ingatan kita akan langsung melayang pada “reog.”Karena di kota inilah kesenian reog lahir dan berkembang hingga akhirnya mendunia. Selain memiliki julukan Kota Reog, Ponorogo juga punya julukan Tanah Wengker.

wisata di ponorogo yang lagi hits
Wisata di Ponorogo Yang Lagi Hits, via: wisataponoragan.blogspot.co.id

Di Ponorogo, seperti dibeberapa kabupaten lain di Jawa Timur, punya potensi wisata yang cukup besar. Dari sekian objek wisata terkenal di Ponorogo, berikut adalah yang lagi ngehits di tahun 2017:

Telaga Ngebel
Lokasi Telaga Ngebel kurang lebih 30 km dari pusat Kota Ponorogo. Bagi masyarakat Ponorogo, telaga ini sering dijadikan sebagai tujuan wisata karena pemandangan alamnya sangat indah.

telaga ngabel, telaga ngabel ponorogo
Telaga Ngabel, via: dianrika90.blogspot.co.id

Telaga Ngebel semakin terkenal karena setiap tanggal 1 Muharam, disini akan diselenggarakan upacara larung risalah doa, ini adalah upacara yang berkaitan dengan peringatan Grebeg Suro.

Gunung Bedes
Gunung Bedes adalah destinasi wisata alam lainnya yang terkenal di Ponorogo. Gunung Bedes berlokasi di Dusun Boyek, Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko.

gunung bedes, gunung bedes ponorogo
Gunung Bedes, via: www.asliponorogo.com

Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan menakjubkan di Gunung Bedes, harus terlebih dahulu naik ke puncak melalui jalan setapak. Di sana terdapat sebuah tempat berbentuk tebing sedikit meruncing, sering dijadikan sebagai spot tempat menyaksikan keindahan alam Ponorogo dari ketinggian. View-nya sangat menakjubkan dan mempesona.

Juruk Klenteng (Air Terjun Klenteng)
Air terjun yang indah ini dinamakan Juruk Klenteng karena air terjun tersebut diapit oleh 2 tebing bebatuan. Masyarakat sekitar juga sering menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Tumpuk. Karena lokasinya memang berada di Desa Tumpuk.

air terjun klentang, air terjun klentang ponorogo
Air Terjun Klentang, via: www.mday.info

Air terjun ini tepatnya berada di Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo, sebuah desa yang terletak di perbatasan antara Ponorogo dan Trenggalek. Air terjun tingginya kurang lebih 45 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar namun tetap mampu menyuguhkan pemandangan yang menarik.

Gua Lowo Sampung
Objek wisata terkenal di Ponorogo lainnya yang lagi ngehit di tahun 2017 adalah Gua Lowo Sampung yang berada di Dusun Purworejo, Kecamatan Sampung. Gua ini cukup terkenal karena memang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal. Goa ini terkenal indah sehingga cukup menarik bagi banyak wisatawan pencinta keindahan alam. Oh ya… gua ini juga masih dihuni banyak kelelawar lho…

goa lowo sampung, goa lowo sampung ponorogo
Goa Lowo Sampung, via: omahponorogo.blogspot.co.id

Kalau kamu tertarik dengan wisata alam berupa gua yang unik dan menarik, kamu wajib mempertimbangkan Goa Lowo Ponorogo karena pemandangan di dalamnya cukup spektakuler.

Gua ini cukup terawat dan mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata setempat sehingga siapapun yang berkunjung bisa menikmati Goa tanpa harus takut kotor karena di dalamnya sudah ada jalan dan pagar untuk melindungi agar wisatawan lebih leluasa menikmati keindahan gua tersebut.

Hutan Wisata Kucur
Di Ponorogo, ada banyak destinasi wisata alam yang indah. Salah satu yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dan cukup populer adalah Hutan Wisata Kucur yang berada di Desa Benteng, Kecamatan Badengan, Kabupaten Ponorogo.

hutan wisata kucur, hutan wisata kucur ponorogo
Hutan Wisata Kucur, via: www.kulinerwisata.com

Dari pusat kota, Desa Benteng berjarak sekitar 20 KM.
Sesuai dengan namanya, sajian utamanya adalah pemandangan alam, berupa hutan jati yang rindang dengan udara yang sejuk. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berkemah atau untuk sekedar menikmati suasana alam yang asri.

Akomodasi dan transportasi
Untuk bepergian di Ponorogo, kita bisa mengandalkan kendaraan tradisional seperti andong di desa-desa. Andong sering dijadikan sebagai transportasi untuk pergi ke pasar-pasar tradisional oleh masyarakat sekitar.

Selain itu tentu saja transportasi modern seperti angkot dan bus kota juga ada di kota ini. Namun jika ingin lebih mudah saat bepergian tanpa harus naik turun angkot, sebaiknya kamu menyewa kendaraan di Ponorogo. Entah itu kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu sediakan.

Sedangkan untuk penginapan di Ponorogo, ada banyak pilihan hotel yang berada di pusat kota. Mulai dari hotel bintang satu hingga hotel bintang empat. Beberapa hotel terkenal di Ponorogo diantaranya adalah: Maesa Hotel, Amaris Hotel by Santika, Gajah Mada Hotel, dan lain-lain.