Wisata Ranu Gumbolo Tulungagung Menyuguhkan Pemandangan Alam Yang Indah

Sekilas mendengar kata “Ranu Gumbolo” seperti “Ranu Kumbolo”, ya sama-sama merupakan wisata danau, dan hanya namanya saja yang agak mirip, tetapi lokasinya berbeda. Bila Ranu Kumbolo berada di kawasan Gunung Semeru, sedangkan Ranu Gombolo ini merupakan obyek wisata yang cukup populer di Kabupaten Tulungagung. Bisa jadi nama Ranu Gumbolo ini terinspirasi dari Ranu Kumbolo Gunung Semeru tersebut.

gardu pandang ranu gumbolo, gardu pandang ranu gumbolo tulungagung

Spot Foto Gardu Pandang di Wisata Ranu Gumbolo, via: www.instagram.com/deni_namaku

Arti Ranu sendiri adalah danau, sedangkan Gumbolo berarti Tempat Berkumpul. Jadi, bila diartikan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang untuk berlibur menikmati indahnya pemandangan danau. Wisata Ranu Gumbolo ini menjadi destinasi wisata yang menarik bagi semua kalangan. Banyak kalangan remaja yang mengunjungi tempat ini, berbagai spot foto kekinian seperti: gardu pandang, hammock, dan spot foto kekinian lainnya menjadi spot yang paling favorit untuk berburu foto keren. Kamu bisa menyewa Hammcok sebagai spot bersantai dan berselfie, biaya sewanya Rp. 5.000. Tak sedikit juga rombongan keluarga yang hadir di sana, teduhnya area wisata, dilengkapi dengan gazebo menjadi area yang nyaman untuk menikmati pesona Ranu Gumbolo yang menawan beserta berbagai pemandangan alam lainnya. Selain itu, tersedia juga sewa perahu, kamu bisa menjelajahi danau Ranu Gumbolo dengan menaiki perahu, biayanya Rp.7.500. Tersedia beberapa tempat duduk dari bambu, jadi kamu bisa menikmati danau dengan santai di sana.

Wisata Ranu Gumbolo Tulungagung ini tidak hanya diminati wisatawan lokal, banyak juga yang datang dari berbagai daerah. Selain sebagai tempat wisata, banyaknya ikan di sana juga menjadi spot mancing yang pas, banyak juga yang berburu ikan di sana.

Sebenarnya wisata Ranu Gumbolo ini sudah dibuka sejak tahun 2015, jadi suduh cukup familiar bagi wisatawan. Hanya saja, foto-foto yang diunggah di media sosial nampak sangat mempesona dan tetap menjadi perbincangan hangat. Sehingga banyak juga yang tertarik untuk berkunjung ke wisata ini, tentunya untuk berlibur sekaligus berburu foto-foto kece.

Banyaknya pohon-pohon pinus hijau menjadikan suasana wisata terasa begitu asri dan nyaman. Selain itu hembusan angin sepoi semakin membuat betah bersantai di sana. Wisata Ranu Gumbolo Tulungagung ini berada di ketinggian 182 meter dari atas permukaan laut, sehingga udaranya cukup sejuk.

Lokasi Ranu Gumbolo ini terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Jarak dari Tulungagung sampai lokasi sekitar 24 Km, dan akses jalan menuju ke lokasi cukup lancar. Untuk masuk ke wisata Ranu Gumbolo akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp.5.000/orang, dan juga dikenai biaya parkir Rp.2.000.

Wisata Ranu Gumbolo bisa menjadi pilihan wisata yang tepat untuk liburan akhir pekan, jadi bila kamu tertarik untuk mengunjunginya, segera diagendakan sob. Lebih bagus bila kamu mengajak orang-orang terdekat, baik itu teman-teman maupun keluarga, hehe.

Wisata Ranu Gumbolo Tulungagung Menyuguhkan Pemandangan Alam Yang Indah | admin | 4.5