Air Terjun Kabut Pelangi Pronojiwo Lumajang Yang Sangat Mempesona

Posted on

Kabupaten Lumajang juga patut diperhitungkan bagi wisatawan di Jawa Timur. Pasalnya, banyak wisata alam yang luar biasa terdapat di Lumajang. Baru-baru ini, wisata alam Air Terjun Kabut Pelangi yang berlokasi di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang menjadi daya tarik bagi pengguna aktif sosial media setelah foto-fotonya diunggah.

air terjun kabut pelangi, air terjun kabut pelangi lumajang, air terjun kabut pelangi pronojiwo
Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang, foto: @ibramnayhoan

Warga sekitar menyebutnya “Coban Kabut Pelangi”, karena memang kawasan wisata ini nampak seperti pelangi akibat dari pembiasan air dan cahaya Matahari. Tentunya ini menjadi pemandangan alam yang sangat eksotis, sangat pas sebagai destinasi wisata kamu sob.

Air Terjun Kabut Pelangi ini Perum Perhutani Malang, dan masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dikarenakan lokasi wisata ini berada di kaki gunung Semeru, bila kamu menuju ke Bromo, kamu bisa mampir ke wisata ini sob.

Air Terjun Kabut Pelangi ini berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian 1229 dari atas permukaan laut. Sedangkan ketinggian air terjunnya mencapai 100 meter dengan guyuran air yang sangat deras. Bila kamu mampir ke wisata ini, tentunya kamu dapat merasakan segarnya berada di bawah guyuran air terjun ini sob.

Akses jalan menuju ke lokasi wisata Air Terjun Kabut Pelangi ini cukup menantang sob, kamu harus melalui medan naik turun dan terjal, meskipun begitu bila kamu sudah sampai ke lokasi, rasa lelah kamu akan dibayar dengan indahnya alam yang begitu menakjubkan. Kamu bisa langsung bermain air untuk menghilangkan segala penat. Udara yang sejuk serta banyaknya pepohonan hijau di sekitar menjadikan suasana terasa begitu asri dan nyaman banget sob.

Serunya berpetualang menuju wisata Air Terjun Kabut Pelangi ini kamu selalu dimanjakan pemandangan alam yang sangat alami sob. Banyak juga burung-burung terbang dan berkicau, semakin menambah nuansa alami dalam perjalanan kamu. Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai fasilitas di wisata ini, karena di sana sudah tersedia fasilitas yang cukup memadai, mulai dari area parkir, kamar mandi, gazebo, Musholla, dan lain-lain.

Di sana juga terdapat area Camping Ground, sangat pas buat komunitas tertentu untuk bercamping  dan outbond. Tersedia juga kuda yang siap untuk ditunggangi para pengunjung, tentu ini menjadikan liburan di wisata ini semakin seru dan lengkap.

Bila kamu berniat untuk liburan di wisata Air Terjun Kabut Pelangi, maka persiapkan bekal yang diperlukan, mulai dari makanan dan minuman, pakaian ganti, dan sepatu yang sesuai. Jarak lokasi wisata dari kota Malang sekitar 78 Km, perjalanan yang ditempuh sekitar 2 jam setengah.

Air terjun ini sangat pas buat liburan akhir pekan kamu sob, karena suasana yang asri banget, sangat bagus sebagai tempat untuk refresing atau merileksasikan diri dari penatnya hidup di perkotaan.