Bukit Apetleppet Bondowoso, Keindahan Alam Perbukitan Yang Menakjubkan

Bondowoso merupakan kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan wisata pengunungan Ijen yang sangat luar biasa. Setiap pemandangan di kawasan pegunungan Ijen di Bondowoso memiliki pemandangan alam yang sangat indah, tentunya ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

bukit apetleppet, bukit apetleppet bondowoso

Bukit Apetleppet Bondowoso, foto: IG @ekoardiyanto_

Nah, baru-baru ini di kawasan kaki gunung Ijen ngehits dengan adanya sebuah bukit berlapis yang bernama “Bukit Apetleppet”. Apetleppet sendiri artinya adalah berlapis-lapis, jadi wisata perbukitan ini memiliki pemandangan bukit-bukit yang berlapis-lapis. Bila di Blitar, perbukitan yang lagi hits adalah bukit Teletubbies, sedangkan di Malang yang tak kalah ngetrendnya ada bukit Budukasu.

Bukit Apetleppet menjadi kawasan yang istimewa untuk menikmati pemandangan alam perbukitan, hamparan perbukitan berwarna hijau yang ditumbuhi rerumputan nampak sangat mempesona. Di sana, kamu dapat menikmati panorama perbukitan yang unik itu, bentuknya berapis-lapis.

Untuk bisa masuk dan menikmati pemandangan alam di bukit Apetleppet ini tanpa dikenai biaya sepeserpun. Namun, biasanya wisatawan memberikan uang seikhlasnya kepada petani kentang di bukit tersebut.

Berbeda dengan wisata pegunungan Ijen yang sudah populer sejak dahulu kala, untuk spot bukit Apetleppet ini masih belum banyak dikenal wisatawan. Justru inilah keistimewaannya, kondisinya masih sangat alami, dan masih bersih dari sampah-sampah.

Perbukitan yang berlapis-lapis menjadi landscape yang sangat keren banget buat background foto selfie kamu sob. Di sana juga banyak ilalang yang berwarna putih, berkombinasi dengan hijaunya bukit menjadi pemandangan yang kece banget buat obyek berfoto-foto.

Pada musim hujan, kawasan bukit Apetleppet ini rerumputan tumbuh lebat dan nampak menyegarkan mata. Dan pada musim kemarau, meski rerumputan tak begitu rindang, tetapi pemandangan yang tersaji di sana tetaplah menawan.

Paling banyak yang mengunjungi wisata bukit ini adalah komunitas pemotor dan Trail. Jalur offroad yang pas banget buat seru-seruan bermain Trail. Wisata bukit Apetleppet ini berada di kawasan wisata Wurung, yang mana kawah Wurung ini sudah mati. Nah, biasanya kawah Wurung inilah yang menjadi wisata alternatif ketika gunung Ijen sedang aktif dan tidak bisa didaki.

Ada beberapa gazebo yang tersedia di sana sob, bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk beristirahat ataupun untuk bersantai menikmati panorama alam perbukitan yang sangat eksotis. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membawa hammock untuk dipasang pada batang pohon, tentu ini menjadi spot yang pas buat bersantai maupun berselfie. Di sana juga terdapat guest house yang tua dan unik, karena merupakan rumah peninggalan Belanda. Masih terawat dan nampak kokoh, bisa kamu jadikan sebagai tempat persinggahan.

Lokasi bukit Apetleppet ini berada di kawasan Afdeling Watu Capil, kecamatan Sempol, kabupaten Bondowoso. Wisata ini sangat pas banget buat kamu yang hobi berpetualang, bila kamu berminat, segera agendakan petualangan kamu bersama teman-teman sob, pasti sangat seru dan menyenangkan.

Bukit Apetleppet Bondowoso, Keindahan Alam Perbukitan Yang Menakjubkan | admin | 4.5