Bukit Paralayang Parangtritis, Tempat Paling Asyik Menikmati Senja

Posted on

Pantai Selatan Jogja cukup terkenal di kalangan wisatawan, terutama Pantai Parangtritis. Nah, baru-baru ini hits banget spot keren untuk menikmati pemandangan alam saat senja di kawasan Pantai Parangtritis tepatnya di sebelah timurnya, yaitu di Bukit Gupit atau terkenal dengan sebutan Bukit Paralayang Parangtritis.

bukit paralayang parangtritis
Bukit Paralayang Parangtritis, via: www.instagram.com/suryojdb

Bila siangnya kamu berbasah-basahan dengan air laut yang sangat menyegarkan, nah saat mulai senja, kamu dapat menikmati detik-setik tenggelamnya Matahari. Pemandangan Sunset terlihat begitu menawan dari ketinggian di bukit Gupit.

Sebenarnya Pantau Parangtritis sendiri sudah sangat terkenal sejak dahulu, dan pantai tersebut masuk wilayah Bantul. Sedangkan Bukit Gupit yang sering digunakan sebagai spot paralayang ini berada di kawasam Gunung Kidul.

Bila kamu berkunjung ke Pantai Parangtritis, coba deh tengok ke arah timur, pasti kamu akan melihat Bukit Gupit. Bukit tersebut nampak sangat lebar dan bagus banget dijadikan sebagai background untuk berfoto-foto dari Pantai Parangtritis.

Bukit Paralayang Parangtritis ini berada di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Di Bukit Gupit Giricahyo tersebut sering kali diadakan even-event keren, terutama event penerbangan atau bermain paralayang bgai para penghobi paralayang.

Rutenya cukup mudah, bila kamu sudah masuk Pantai Parangtritis, maka tidak perlu lagi membayar tiket, cukup membayar tiket masuk Parangtritis. Jarak dari Pantai Parangtritis sampai Bukit Paralayang Parangtritis sekitar 3 Km, akses jalan menuju ke lokasi agak terjal dan menanjak. Bila kamu bingung jalannya, maka jangan malu bertanya kepada warga sekitar.

Di kawasan Bukit Gupit ini juga terdapat beragam situs bersejarah, seperti: Pasanggrahan Gembirowati, Candi Gembirowati, Sendang Beji, dan Goa Lengse. Jadi kesempatan juga untuk mengenal warisan leluhur.

Berada di atas Bukit Gupit sensasinya sangat luar bias, meskipun kamu tidak ikut bermain paralayang, tetapi cukup dengan menikmati panorama alam dari atas bukit sudah sangat menakjubkan. Apalagi menikmati moment Sunset, pemandangannya benar-benar mempesona.

Fasilitas yang bisa dinikmati di kawasan Bukit Paralayang ini diantaranya ialah Tempat Parkir, Warung Makan, Tempat Ibadah, dan Kamar Mandi. Yang menjadi favorit bagi para pengunjung adalah spot untuk memandangi Pantai Parangtritis dari ketinggian. Pemandangan alam yang sangat cantik akan membuat kamu betah berlama-lama di sana. Ditambah dengan aktivitas selfie menjadikan liburan di Bukit Paralayang Parangtritis semakin seru dan menyenangkan.

Bila kamu penasaran dengan spot bukit ini yang hits banget di media sosial, coba deh pas liburan langsung capcus ke Pantai Parangtritis, setelah itu berlanjut ke Bukit tersebut.