Coban Putri Batu, Wisata Air Terjun Dengan Gardu Pandang Kece Terbaru

Posted on

Kota Batu memiliki daftar wisata coban yang begitu banyak, yang sudah populer diantaranya seperti coban Rondo, coban Rais, dan coban Talun. Masih banyak coban-coban lain yang belum diketahui wisatawan, salah satunya yaitu coban Putri.

coban putri, coban putri batu
Coban Putri Batu, foto: IG @wand3r.lust__

Coban Putri ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri, jadi sangat pas sebagai destinasi wisata alam kamu sob. Coban ini berada di kawasan antara lembah dan di bawah perbukitan. Letaknya yang masih tersembunyi tentu pemandangan alam dan suasananya masih sangat alami.

Justru coban Putri inilah yang biasanya menjadi buruan bagi para petualang, karena belum banyak yang mengunjunginya, kondisi alamnya tentu masih sangat alami. Coban Putri ini berada di bawah pepohonan hijau yang rindang, jadi kamu bisa menikmati kesegaran air terjun tersebut, juga merasakan suasana yang begitu asri. Apalagi kawasan perbukitan Batu terkenal dengan suhu udara yang sangat sejuk, maka sangat cocok banget tempat ini sebagai lokasi untuk refresing.

Coban Putri ini ketinggian air terjunnya hanya mencapai 20 meter, tetapi mengalir cukup deras dari ketinggian melewati sela-sela bebatuan. Kondisi airnya masih sangat-sangat jernih dan belum ada pencemaran. Tentunya sensasi merasakan kesegaran air murni seperti ini benar-benar luar biasa. Apalagi bila kamu datang ke sana dengan kondisi yang lelah, maka sesampainya di lokasi langsung disuguhi air terjun seperti itu, maka tentunya membuat kamu tidak sabar untuk bermain air atau berbasah-basahan di sana.

Coban Putri ini kini mulai hits di kalangan para pecinta wisata, karena di sana sudah dilengkapi wahana yang asyik seperti di wisata alam yang hits lainnya. Di sana sudah tersedia gardu pandang kayu dan ayunan. Baru-baru ini telah dibangun gardu pandang model tangan raksasa, mirip banget dengan gardu pandang tangan raksasa di hutan pinus Pengger Jogja. Inilah yang lagi hits banget di media sosial, dan menjadi perbincangan hangat di sana. Tentunya dengan adanya spot foto tersebut, semakin menambah daya tarik bagi para pengunjung yang gemar hunting foto atau yang hobi berselfie.

gardu pandang tangan raksasa di coban putri
Gardu Pandang Tangan Raksasa di Coban Putri, foto: IG @silfhilaila

Lokasi coban Putri ini terletak di desa Tlekung, kecamatan Junrejo, kota Batu, Jawa Timur. Jarak dari alun-alun Batu cukup dekat, hanya 5 km saja, dan tak jauh dari bumi perkemahan coban Rais. Bila kamu ingin mengunjungi wisata air terjun ini, maka langsung saja menuju ke arah coban Rais. Akses jalan yang agak sulit, maka lebih mudah menuju ke sana dengan menggunakan kendaraan roda dua. Lokasinya tentu lebih dekat dari coban Rais, karena berada di bawah wisata coban Rais, jadi kesempatan juga buat kamu yang mengunjungi coban Rais bisa mampir ke coban Putri ini.

Kondisi jalanan berupa tanah dengan lebar 2 meter, dan perjalanan kamu akan semakin asyik karena samping jalan nampak pemandangan pohon pinus yang rindang. Jarak menuju lokasi tak begitu jauh, jadi tak terlalu menguras energi. Meski begitu, sebaiknya kamu tetap membawa perbekalan yang dibutuhkan di sana, khususnya berupa makanan dan minuman.

Trekking menuju lokasi cukup seru, dan sangat cocok bila ke sana menggunakan sepeda gunung dan motor trail. Tetapi sayangnya, petunjuk jalannya masih belum begitu banyak, jadi kamu harus lebih aktif bertanya pada warga sekitar. Atau juga dengan memakai petunjuk GPS yang berdasar pada peta Google.

Wisata coban Putri ini tak memiliki fasilitas yang memadai. Tetapi tersedia pendopo sebagai tempat istirahat bagi pengunjung. Hal ini wajar, karena coban Putri belum begitu terkenal.