Rute dan Lokasi Jurang Tembelan Dlingo Bantul Yang Lagi Hits

In Explore Jogja 112 views

Kawasan Mangunan memang memiliki banyak spot bagus untuk berburu sunset dan panorama pegunungan. Setelah terkenal sebagai negeri di atas awan, gardu pandang Mangungan yang terletak di komplek Kebun buah Mangunan memang menjadi buruan wisatawan baik lokal maupun internasional untuk berburu sunrise dan juga kabut di pagi hari.

Di daerah mangunan memang tak hanya Gardu pandang Mangunan saja yang terkenal, ada lagi lainnya yaitu Bukit Panguk Kediwung, Bukit Mojo, dan yang terbaru adalah Jurang Tembelan. Nama terakhir adalah spot wisata baru di dekat mangunan yang mengadopsi konsep seperti Bukit Panguk. Jurang Tembelan masih tergolong sepi karena belum lama dikembangkan, namun akhir akhir ini menjadi hits di sosial media karena gardu pandangnya yang unik dan pemandangan yang tak kalah bagusnya jika dibanding dengan Bukit Panguk Kediwung maupun Hutan Pinus Mangunan.

Lokasi spot baru untuk menikmati pesona sunrise atau negeri di atas awan dengan kabut  pagi hari ini berada tak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Tepatnya berada di  sebelah timur. Lokasi Jurang Tembelan ini di sebelah bawah  area masuk Gardu Pandang Mangunan. Dari jalan sudah kelihatan plang penunjuk ke Jurang Tembelan jadi mempermudah bagi wisatawan yang sedang mencari tempat wisata baru ini.

jurang tembelan, jurang tembelan dlingo, jurang tembelan bantul

Pemandangan di Jurang Tembelan, via: www.instagram.com/gunawanwicaksana28

Lokasi Jurang Tembelan ini tak terlalu besar atau luas, cukup sempit namun memiliki view yang sangat menarik. Di Wisata ini terdapat beberapa gardu pandang untuk menikmati Sunset atau berfoto ala Negeri di Atas Awan seperti di Bukit Panguk. Bedanya, di sini kita bisa melihat panorama seperti di Mangunan yaitu kelokan Sungai Oya. Dari sini pengunjung juga bisa melihat Gardu Pandang Mangunan beserta orang orang yang ramai menikmati sunrise di sana. Ada sekitar 2-3 warung kecil yang menjajakan kopi dan snak alakadarnya untuk kebutuhan perut pengunjung. Lokasi ini masih cukup sepi, namun sangat menarik sebagai alternatif bagi yang ingin berfoto tanpa banyak kerumunan orang.

Untuk menuju ke lokasi Jurang Tembelan, pengunjung cukup mengikuti arah ke Gardu Pandang Mangunan saja. Tepatnya dari arah Jogja ambil arah terminal Giwangan dan lurus terus ke selatan, sampai di pasar Imogiri ambil arah kiri, terus ikuti ke arah makam raja raja dan ada pertigaan dengan plang arah kebun buah mangunan dan hutan pinus, ikuti saja terus mengikuti plang penunjuk ke Mangunan. Sesampainya di daerah pintu masuk gardu pandang, ada plang penunjuk ke Bukit Panguk, ikuti saja dan di kanan jalan ada petunjuk ke Jurang Tembelan, masuk. Akses jalan menuju Jurang Tembelan ini cukup ekstrim, naik dan turun cukup curam sehingga disarankan untuk menggunakan motor yang kondisinya prima.

Untuk saat ini belum ada retribusi ketka masuk ke kawasan Jurang Tembelan, cukup membayar seiklasnya di kotak amal (pembangunan) wisata. Oh iya, siapkan juga uang Rp. 2000 untuk parkir sepeda motor.


Top