Lokasi dan Rute Menuju Candi Ratu Boko Harga Tiket Terbaru

In Explore Jogja 37 views

Yogyakarta tak hany memiliki Candi Prambanan saja. Daerah Istimewa ini ternyata memiliki ribuan Candi indah yang tersebar di berbagai pelosok, khususnya di daerah utara Yogya. Salah satu yang lagi hits dan menjadi favorit wisatawan adalah Candi Ratu Boko. Candi ini memang bukan Candi baru karena sudah lama ikut dipromosikan bersamaan dengan Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Kalasan, dan Candi Borobudur. Meski demikian, Canti Ratu Boko justru baru beberapa tahun terakhir di serbu wisatawan. Tentu saja media sosial seperti Facebook dan Instagram yang berperan penting mengangkat Candi tersebut menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Yogyakarta saat ini. Pasalnya banyak beredar foto foto keindahan Candi Ratu Boko.

Candi Ratu Boko terletak di sebelah selatan Candi Prambanan sekitar 3 km atau sebelah timur Kota Jogja sejauh 18 KM. Lokasi Candi Ratu Boko tepatnya di Dusun Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasi Candi ini berada di atas perbukitan sehingga bisa melihat langsung lanscape kota jogja dari atas dan terlihat jelas penampakan Candi Prambanan dari atas. Candi ini merupakan salah satu Candi Hindu peninggalan Dinasti Mataram kuno.

Untuk menuju Candi Ratu Boko dari arah Kota Jogja bisa melalui jalur Jalan Solo, ambil lurus terus menuju Candi Prambanan. Setelah sampai di Pertigaan Pasar Prambanan ambil ke kanan sejauh 3 km. Lokasinya memang berada di atas bukit, namun di tepi jalan sudah jelas ada penunjuk dan papan nama Candi Ratu Boko. Untuk naik ke lokasi Candi ini membutuhkan energi yang cukup karena harus menapaki anak tangga yang cukup tinggi. Meski demikian, rasa capek akan terbayar ketika masuk ke komplek candi.

candi ratu boko

Wisata Candi Ratu Boko, via: nolkmjogja.blogspot.co.id

Candi Ratu Boko sebenarnya bukanlah merupakan Candi yang digunakan untuk acara religi (pemujaan) seperti halnya Candi lainya, melainkan sebuah komplek keraton. Hal itu terbukti dari konstruksi Candi yang terdiri dari dinding, parit, kolam pemandian dan saluran irigasi. Ini menjadi bukti bahwa komplek ini merupakan reruntuhan Keraton, namun banyak yang salah kaprah dan menyebutnya sebagai Candi. Panorama yang tersaji di Candi ini sangatlah indah karena dari sini bisa melihat lanscape Jogja, Sunset dan sangat cocok untuk kegiatan fotografi atau selfie.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko ini hampir setara dengan Tiket Masuk Candi Prambanan atau Candi Borobudur yaitu :

  • Anak anak di bawah 6 tahun Rp. 10.000
  • Anak anak di atas 6 tahun dan dewas Rp. 25.000
  • Wisatawan asing USD $13

Jam buka Candi ini pada pukul 06.00 – 17.00.


Top