Lokasi Curug Jenggala Banyumas, Spot Selfie Yang Lagi Ngehits

In Explore Jateng 12 views

Tak mau kalah dengan tetangganya Kebumen, Banyumas juga ikut bersolek memoles wisata alam yang dimilikinya. Jika Kebumen punya tempat wisata yang sedang ngehits seperti Pantai Patemon dan Bukit Hud, Banyumas juga punya satu tempat wisata baru yang tak kalah ngehitsnya. Adalah Curug Jenggala yang baru baru ini ramai diperbincangkan di media ssial terutama instagram. Wisata alam yang berupa Air Terjun alami ini memang sangat apik. Tak hanya keindahan air terjun yang epic, namun Curug Jenggala ini juga dibungkus dengan Gimmick yang kekinian.

Curug Jenggala memang sudah bagus dan indah dari sononya, karena memiliki panorama alam yang indah, udara sejuk, dan suasana yang begitu alami. Sangat cocok untuk melepas penat. Namun tak ingin ketinggalan jaman, pengelola Curug Jenggala juga sangat kreatif dengan memberikan spot selfie apik dan unik berupa altar Cinta tepat di depan air terjun sehingga membuatnya viral di media sosial. Curug Jenggala awalnya bernama Curug Tempuan karena merupakan aliran Sungai pertemuan 3 sungai. Curug ini sangat indah karena memiliki 3 air terjun yang sejajar dan melebar dengan ketinggian sekitar 30 meter.

Lokasi Curug Jenggala

Bagi para traveler atau spot hunter, nama Curug Jenggala mungkin masih asing di telinga. Memang tempat ini termasuk wisata baru di Banyumas. Apalagi, Banyumas juga tidak seterkenal Jogja, Kebumen atau Magelang yang memiliki puluhan tempat wisata menarik. Namun, bukan berarti Banyumas tidak memiliki spot spot wisata yang indah. Ada banyak tempat sebenarnya, hanya saja memang belum terekspose dan dikembangkan secara maksimal.

curug jenggala, curug jenggala banyumas

Wisata Curug Jenggala Banyumas, via: piknikasik.com

Lokasi Curug Benggala ini masuk dalam teritorial Dusun Kalipagu, Desa Ketenger Kecamatan Baturaden. Lokasinya memang tak jauh dari tempat wisata Baturaden dan Kebun Raya Baturaden karena masih di dalam lahan Perhutani KPH banyumas Timur. Sebenarnya ada juga beberapa Curug (air terjun) lain di Dusun Kalipagu ini seperti Curug Bayan, Curug Gedhe, dan Curug Penganten, namun yang paling booming adalah Curug Jenggala.

Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas

Untuk menuju ke Curug Jenggala ini cukup mudah diakses, sebab Lokasi Curug Jenggala tak jauh dari Taman Wisata Baturaden. Jadi untuk menuju ke Curug Jenggala silakan masuk ke arah lokasi Baturaden, jika sudah silakan ikuti arah ke Curug Bayan. Di sana ada sebuah Homestay, di sebelahnya ada jalan cukup sempit dan menanjak. Ikuti jalan tersebut dan akan ketemu plang plang penunjuk jalan menuju Curug jenggala. Setelah sampai di Lokasi tempat parkir yang disediakan warga setempat, pengunjung harus menempuh jalan setapak sejauh 500 meter dan akses jalannya masih alami alias becek dan berlumpur, jadi disarankan memakai sandal gunung saja.

Fasilitas dan HTM Curug Jenggala

Untuk masuk ke Lokasi Curug Jenggala, pengunjung harus membayar retribusi sebesar Rp. 5000 per orang dan membayar parkir sepeda motor Rp. 5000/motor. Sedangkan untuk fasilitas, di Curug Jenggala ini memang belum begitu lengkap karena masih baru.


Top