Lokasi dan Rute Coban Talun Waterfall Dengan Pesona Keindahannya

In Explore Jatim 169 views

Berbicara mengenai spot wisata yang indah, maka Batu adalah salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak lokasi wisata menarik, baik yang sudah sangat populer maupun yang sedang ngehits saat ini yang kini menjadi buruan bagi wisatawan. Selain Coban Rais yang sedang fenomenal, ada lagi Coban Talun menjadi lokasi wisata yang memiliki pesona alam yang sangat indah.

Wisata Coban talun kini menjadi salah satu wisata yang lagi hangat-hangatnya diperbincangkan oleh para pecinta wisata. Coban ini terkenal sebagai destinasi wisata Waterfall yang menarik di Batu setelah Coban Rondo. Coban ini juga sering kali menjadi lokasi yang cocok sebagai bumi perkemahan dan outbound bagi para siswa sekolah, mahasiswa, maupun komunitas tertentu.

Perlu anda ketahui, Wisata Coban Talun tidak hanya terdapat air terjun yang indah, tetapi juga terdapat Spot foto yang indah dan menarik untuk Selfie, diantaranya seperti: spot foto Apache Camp, Pagupon Camp, Bunga Matahari Raksasa, dan kawasan Kebun Bunga. Untuk menuju ke lokasi anda harus tracking terlebih dahulu, menjelajah area perbukitan dan melalui jembatan Asmara. Anda tidak perlu khawatir bila ingin bermalam di sana, karena sudah tersedia camp tempat menginap yang berkonsep seperti rumah Indian.

coban talun, coban talun batu

Coban Talun, via: www.instagram.com/orangasing_

Coban Talun berada di lereng gunung Arjuna dengan ketinggian 950 Mdpl, tepatnya di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Jarak dari kota Malang yaitu 15 km. Perjalanan dari Kota Malang sampai lokasi tujuan diperkirakan mencapai 1,5 Jam. Air terjun mengalir dari ketinggian 75 meter, nampak sangat eksotis, dan menjadi spot yang sangat indah di hari libur anda. Suhu udaranya sangat sejuk mencapai 18-23 C dengan topografi yang miring landai serta curah hujan 1.800 mm per tahun.

Tentu menjadi sensasi tersendiri merasakan dinginnya udara di lokasi wisata yang memang berada di kota Batu yang terkenal dengan suhu udara yang sejuk. Coban Talun juga terkenal dengan pelanginya yang berada di sudut berkombinasi dengan pepohonan hijau dan tebing-tebing. Sehinga menjadi perpaduan alam yang sangat memukau.

Perjalanan menuju ke lokasi bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau juga dengan kendaraan umum. Wisawatan pada hari biasa memang tak sebanyak pas weekend, justru pada waktu liburan jalan menuju ke Coban Talun cukup ramai, karena melalui wisata Batu seperti Museum Angkut dan Jatim Park.

Bila perjalanan dari kota Malang, maka rutenye ke batu sekitar 15 km, dan dari Alun-alun Batu mengambil arah menuju Selecta – Cangar. Sedangkan bila perjalanan dari kota Surabaya, bisa lewat Mojokerto dengan mengambil jalur arah Cangar – Trawas, tidak direkomendasikan untuk perjalanan malam hari melalui Cangar karena kondisi yang gelap dan tidak ada penerangan lampu. Bagi yang naik kendaraan umum, mulai dari terminal Arjosari naik Angutan menuju terminal Landungsari, kemudian naik Angkutan warna pink menuju terminal Batu, setelah itu naik Angukutan warna Pink tujuan Coban Talun, maka anda akan diturunkan di pintu masuk Coban Talon.

Harga tiket masuk wisata Coban Talun hanya Rp. 7.500, dan buka mulai pukul 08.00 sampai 16.00. Yang perlu diperhitungkan adalah persiapan dan perjalanan anda, sebaiknya jangan berangkat malam, dan gunakan perlenglapan yang dibutuhkan saja, seperti: memakai alas kaki yang baik, karena area di lokasi Coban Talun agak licin dan banyak bebatuan, maka sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman.


Top