Lokasi dan Rute Menuju Coban Rais Yang Lagi Ngehits

Kota Batu memang punya segudang wisata Coban (Air Terjun) yang indah dan mengagumkan. Salah satunya adalah Coban Rais. Coban ini dulunya bernama Coban Sabrangan karena apabila ingin menuju ke lokasi tersebut harus menyebrang belasan sungai. Namun setelah “dimunculkan” sebagai wisata baru di Batu, namanya diganti menjadi Coban Rais. Sama seperti coban lainnya, wisata ini terletak di alam pegunungan tepatnya di Gunung Panderman yang memiliki ketinggian 1025 mdpl. Tinggi air terjun sendiri sekitar 20 meter yang memiliki kecuraman 90 derajat. Coban yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dari sekian banyak coban-coban lainnya, seperti: Coban Rondo, Coban Nirwana, Coban Pelangi, dan lain sebagainya.

Lokasi Coban Rais baru-baru ini banyak dicari karena menjadi hits setelah adanya Bukit Bulu dan Batu Flower Garden di sebelah atasnya. Meski sebenarnya tanpa kedua spot tersebut, keindahan wisata ini sendiri sudah sangat mempesona. Jika sebelumnya kami sudah membahas mengenai Bukit Bulu dan Batu Flower Garden, kali ini kita akan sedikit mengulas rute menuju Coban Rais karena ternyata belum banyak yang tahu tempatnya.

Wisata Coban rais ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, terutama air terjun yang menjadi suguhan utamanya. Hamparan perbukitan hijau yang luas, dipenuhi dengan semak belukar nampak segar di mata. Belum lagi suhu udara di sana sangat sejuk, sehingga sangat nyaman bagi pengunjung untuk berlama-lama di sana. Bersantai menyaksikan derasnya guyuran air terjun menjadi sebuah refresing yang nyaman. Belum lagi bila terik matahari terasa cukup panas, maka pastinya berbasah-basahan di bawah guyuran air terjun menjadi sangat menyegarkan. Rasa lelah saat perjalanan jauh menjadi hilang begitu saja setelah menikmati indahnya panorama alam sekitar wisata dan juga kesegaran air terjun. Disarankan mengunjungi wisata ini pada saat cuaca cerah, karena pemandangan alamnya begitu mempesona. berbeda halnya saat lagi hujan, cuaca nampak gelap, belum lagi akses jalan menuju ke lokasi yang sebagian menjadi becek dan licin, sehingga harus lebih berhati-hati saat perjalanan menuju ke lokasi.

coban rais

Coban Rais, foto IG: @khikokz

Wisata ini kini lagi hits banget di sosial media, jadi tentu sudah pasti menjadi buruan bagi wisatawan, terutama para penghobi selfie. Karena banyak spot foto keren yang disediakan di sana, khususnya di Bukit Bulu, mulai dari spot panggung i love u, ayunan, bukit flower, hammock, gardu pandang, speda gantung, dan lain sebagainya. Buat kamu yang gemar berselfie, tentunya tak rugi bila berwisata di ana sob. Mahalnya harga tiket untuk tiap spot selfie cukup wajar, mengingat bahwa jarang loh ada spot kece di kawasan perbukitan yang indah seperti di Coban Rais ini. Spot yang disajikan cukup lengkap dan istimewa, foto-fotonya yang diunggah di Instagram juga kece-kece dan ngehits banget. Sehingga wisata ini menjadi bahan perbincangan hangat bagi pengguna aktif Instagram.

Adanya spot kece di Bukit Bulu tentu semakin menambah daya tarik bagi wisatawan. Kini semakin banyak pengunjung yang berbondong-bondong mendatangi wisata ini. Paling banyak terlihat adalah muda-mudi yang berpasang-pasangan, pemandangan di Bukit Bulu dan Batu Flower tentu menjadi sangat romantis bagi mereka. Apalagi dengan mengabadikan moment spesial tersebut dengan foto selfie maupun wefie di spot yang diminati. Tetapi, tak jarang juga loh pengunjung yang datang secara berkelompok dan beramai-ramai, pastinya lebih seru dan menyenangkan.

Kawasan Coban Rais ini sangat bagus untuk camping, dan di sana sudah tersedia camping ground atau bumi perkemahan. Tak jarang ada komunitas tertentu yang berkemah di sana. Dikarenakan suasananya yang sangat nyaman, cocok sekali untuk menikmati suguhan alam yang luar biasa. Outbond menjadi kegiatan yang paling asyik, apalagi bagi kamu yang setiap harinya disibukkan dengan berbagai aktifitas di perkotaan, tentunya cukup membosankan bukan? nah, sekali-kali memanfaatkan moment liburan di wisata ini bersama orang-orang terkasih, tentu akan sangat berkesan.

Secara administratif Coban ini terletak di dusun Dresel, desa Oro-oro Ombo, kecamatan Batu, kota Batu. Lokasinya memang cukup jauh dari jalan utama. Namun kamu bisa dengan mudah menemukan lokasinya dari Google Map karena sudah ditandai dalam GPS. Alamat GPSnya adalah  7° 58′ 1.55″ S  112° 30′ 1.23″ E. Jika ditempuh dari kota Batu, menuju lokasi Coban ini butuh waktu sekitar 1 jam saja. Sebab jaraknya hanya 7 km dari kota Batu atau sekitar 3,5 km dari Bumi Perkemahan Coban Rais. Rute yang diambil dimulai dari Kota Batu yaitu ambil arah ke studio Batu di desa Oro Oro Ombo. Ikiti peta GPS yang ada di atas tadi hingga sampai lokasi. Setelah sampai di area parkir, perjalanan belum usai sob. Justru perjalanan baru akan dimulai karena dari situ masih harus menempuh perjalanan  sekitar 5 km dengan menyusuri jalan setapak melewati sungai dan lembah. Bagi yang ingin menuju ke Coban Rais atau Bukit Bulu, memang harus dipastikan dulu kondisi badan fit dan menggunakan sepatu yang nyaman untuk mendaki gunung. Kurang lebih perjalanan tracking memakan waktu 40 menit.

Menyaksikan wisata air terjunnya itu cukup murah, yang malah adalah tiket masuk di Bukit Bulu, dikarenakan banyak spot selfie kece di sana. Untuk masuk ke Coban Rais kamu harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp. 7.500 dan biaya parkir Rp. 2.000/motor Rp. 5.000/mobil. Sedangkan untuk ke Bukit Bulu harus membayar Rp. 10.000 dan kamera Rp. 15.000, plus nanti jika ingin foto selfie menambah Rp. 10.000/spot. Jadi siapkan uang yang lebih karena harga tiket masuk ini cukup mahal hehehe. Jika budget terbatas, kita cukup menikkmati keindahan air terjunnya saja, tak usah ikut ikutan narsis di Bukit Bulu.

Di sana tersedia beberapa fasilitas kamar mandi atau tolitet, jadi kamu tidak perlu khawatir memikirkan fasilitas tersebut. Membawa bekal makanan dan minuman menjadi penting bila kamu ingin berlama-lama di sana, karena belum ada tempat khusus yang menjual makanan. Disarankan membawa perbekalan sendiri dan juga segala perlengkapan yang dibutuhkan. Oiya, sebagai penikmat wisata alangkah baiknya bila turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan, jangan sampai membuaang sampah sembarangan atau bahkan sampai merusak, tentu ini bukanlah karakter para pecinta alam.

Oiya, ternyata di kawasan sekitar coban Rais ini ada coban lain yang sangat menawan, coban Putri namanya. Lokasinya yang tersembunyi dan belum banyak yang tahu air terjun ini. Jadi sudah pasti masih sangat alami dengan suasana yang asri banget. Nah, coban putri saat ini juga lagi naik daun di media sosial, karena memiliki gardu pandang yang kece banget dengan model tangan raksasa, mirip dengan gardu pandang raksasa yang di Jogja. Jadi, bila kamu mengunjungi coban Rais, bisa mencoba untuk mampir mengunjungi coban Putri ini sob, lokasinya lebih dekat malah.