Telaga Ngambal Tulungagung

Tulungagung punya spot wisata baru di awal tahun 2017 ini. Adalah Telaga Ngambal Joho Kalidawir yang sedang ramai diperbincangkan dan viral di Instagram lokal Tulungagung. Pasalnya, sebagai kota kecil yang tak terlalu dikenal sebagai kota Wisata, ternyata Tulungagung punya potensi wisata luar biasa. Salah satunya ya Telaga Ngambal ini. Tidak hanya Telaga Ngambal saja yang sedang hits saat ini, ada juga Bukit Jomblo yang menjadi spot foto Instagramable.

Mulai dikenal sejak akhir Desember lalu, Telaga Ngambal sebenarnya sudah lama ada, namun eksistensinya sebagai tempat wisata baru tersentuh akhir akhir ini. Berkat prosmosi secara besar besaran melalui media sosial seperti instagram dan facebook, Telaga yang berada di Joho Kalidawir ini pun akhirnya “banjir” dengan wisatawan.

Telaga Ngambal sendiri merupakan sebuah telaga dengan mata air alami berukuran luas sekitar 1 hektar. Fungsi utama Telaga Ngambal adalah untuk irigasi pertanian, sawah sawah penduduk di sekitar telaga. Selain itu Telaga ini juga banyak diserbu oleh para penghoby mancing mania karena di dalam Telaga banyak sekali ikannya. Setelah ada agenda kesenian di bulan Oktober lalu, potensi wisata Telaga Ngambal akhirnya dimunculkan dan dibuat spot spot cantik untuk foto selfie. Salah satunya adalah spot Jembatan Dermaga. Di sini pengunjung bisa berfoto dengan background luasnya air telaga dan bisa menikmati pemandangan melingkar di tengah telaga.

Berkunjung ke lokasi Telaga Ngambal ini lebih cantik pas sore hari karena tidak terlalu panas. Selain itu, ketika sore menjelang senja, pemandangannya cukup asoy guys karena cahaya jingga lembayung sore akan menambah kecantikan telaga.

Lokasi Telaga Ngambal Tulungagung

Telaga Ngambal terletak di perbatasan Desa Joho dan  Desa Winong Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Lokasinya memang agak “ndlesep” saudara saudar namun jaraknya tak begitu jauh dari Kota Tulungagung, sekitar setengah jam perjalanan.

Harga Tiket dan Fasilitas Telaga Ngambal

Saat ini, Telaga Ngambal memang masih dalam proses pengembangan wisata. Masih banyak yang harus di tata, meski demikian tempat ini sudah cukup asik karena terdapat berbagai fasilitas seperti sepeda air, spot selfie, dan bangku bangku untuk duduk para wisatawan. Untuk tiket masuk telaga Ngambal masih gratis, kita cukup membayar ongkos parkir saja Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil.