Mengungkap Keindahan Alam di Jonggol yang Tersembunyi

In Explore Jabar 26 views

Keindahan Alam di Jonggol yang Tersembunyi – Daerah Jonggol ini belakangan mulai kerap terdengar namanya sebagai kawasan yang memiliki keindahan alami yang merupakan bagian dari Kabupaten Bogor. Tempat ini mendadak ramai diperbincangkan setelah artis menyebutkan di dalam lirik lagunya yang berjudul Bapa Mana Bapa Mana. Selain terkenal dalam lagu tersebut, Jonggol dan beberapa kecamatan di sekitarnya seperti Cariu dan Sukamakmur menyimpan potensi wisata yang jarang terekspos. Di wilayah tersebut terdapat sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terutama bagi wisatawan Jabodetabek dan menginginkan destinasi liburan alternatif di akhir pekan yang masih berjarak dekat, mengunjungi Jonggol adalah pilihan yang tepat.

Beberapa ulasan spot wisata yang  mengungkap keindahan alam di Jonggol yang tersembunyi yaitu:

Gunung Batu
Nama Gunung Batu langsung semakin marak dibicarakan di media sosial. Gunung setinggi 875 meter dari permukaan laut itu mulai banyak yang mengunjungi karena keindahannya yang asri serta letaknya yang tak jauh dari Jabodetabek. Permukaan Gunung Batu ini didominasi bebatuan dan menjadi jalur pendakian sekitar 45 menit menuju puncaknya. Lama pendakian juga tergantung kepada cuaca dan berapa banyak pengunjung yang melakukan pendakian. Semakin banyak orang yang mendaki, semakin lama pula perjalanannya.

gunung batu jonggol

Gunung Batu Jonggol, via: www.matajatim.com

Curug Ciherang
Menuju ke puncak Gunung Batu ini, jalurnya berupa jalan setapak yang sempit. Untuk berdiri di puncaknya saja pendaki harus bergantian. Di puncak Gunung Batu ini pengunjung harus berhati-hati karena tidak ada pengamanan. Setibanya di atas, kita akan melihat pemandangan indah berupa perbukitan dan beberapa aliran sungai yang mengalir di sekitar Gunung Batu. Pemandangan indah akan tampak dari sini di saat matahari terbit.

curug ciherang

Curug Ciherang Jonggol, via: www.yukpiknik.com

Curug Ciherang berada di daerah Jonggol bagian selatan yang terkenal dengan wisata air terjun. Dari sekian banyak wisata air terjun di perbukitan Cipamingkis, Curug Ciherang adalah yang paling terkenal karena arus airnya yang sangat deras. Jalan menuju Curug Ciherang ini cukup ekstrem sehingga pengunjung yang membawa kendaraan harus memastikan kondisi kendaraannya sedang prima. Jalanannya bagus dan beraspal namun diselingi beberapa tanjakan yang sangat terjal.

Untuk mengunjungi  Curug Ciherang ini sebaiknya usahakan pada pagi-pagi sekali, karena jika mulai siang, kita semakin kesulitan untuk dapat fasilitas parkir. Selain itu, untuk fasilitas toilet dan tempat bilasnya memang kecil dan harus mengantre. Sesampainya di Curug Ciherang ini, rugi rasanya jika tidak mandi-mandi di Curug Ciherang, dijamin betah bermain air karena tempatnya asik, airnya juga dingin membuat wisata makin seru.

Curug Cipamingkis
Curug Cipamingkis adalah salah satu objek wisata air terjun yang paling terkenal di daerah Jonggol. Air terjun ini sangat mudah diakses dengan jarak 2 kilometer dari bagian timur Curug Ciherang. Walaupun berdekatan, bentuk Curugnya sangat berbeda dengan Curug Ciherang. Ketinggian Curug Cipamingkis hanya sekitar 15 meter, sedangkan Curug Ciherang lebih tinggi yaitu sekitar 25 meter.

curug cipamingkis

Curug Cipamingkis Jonggol, via: alampriangan.com

Di curug Cipamingkis ini tempatnya lebih sepi dan lebih rapi. Akses ke air terjunnya juga lebih mudah. Di sini juga terdapat tempat untuk berkemah. Sekeliling Curug Cipamingkis terdapat jajaran hutan pinus yang cantik dan sangat teduh, yang mirip dengan kawasan Puncak tempo dulu. Di tempat ini juga pas sekali untuk bersantai di hari libur sambil menikmati udara dingin khas pegunungan ditemani jagung bakar.

Situ Rawa Gede 
Situ Rawa Gede jika dibanding dengan daftar objek wisata yang sudah tersebut di atas, namanya belum terlalu tenar. Danau cantik ini letaknya dekat dengan Curug Ciherang. Danau ini cocok untuk yang mencari ketenangan dari lelahnya hiruk-pikuk kota. Keindahan danaunya dapat dinikmati sambil bersantai sejenak di warung makanan di tepian danau. Dengan berkeliling danau menggunakan perahu yang bersandar di tepian.

situ rawa gede

Situ Rawa Gede Jonggol, via: artinriky.wordpress.com

Jalan menuju ke Situ Rawa Gede hanya bisa diakses dengan sepeda motor. Sampai saat ini, berkunjung ke Situ Rawa Gede masih berupa alam bebas yang bisa dinikmati dengan gratis. Meski begitu, hendaknya pengujung tetap memelihara kebersihan dan kelestarian alam di tempat ini. Selain itu di danau ini terlihat kabut jika kita datang lebih pagi sehingga tampak pemandangan yang eksotis.

Penangkaran Rusa Cariu 
Selain menikmati wisata di pegunungan, Terdapat juga penangkaran rusa di daerah Jonggol yang letaknya masuk wilayah Cariu. Objek wisata ini cukup mudah diakses karena sangat dekat dengan jalan raya Cileungsi-Cianjur.

penangkaran rusa cariu

Penangkaran Rusa Cariu Jonggol, via: www.liburananak.com

Pada Penangkaran Rusa ini, kita dapat bercengkrama dengan rusa-rusa jinak yang berkeliaran di padang rumput. Bahkan pengunjung boleh memberi makan makanan ubi dan singkong yang dijual di pintu masuk. Rusa-rusa ini semuanya sudah jinak dan tidak kepada pengunjung, apalagi membahayakan. Tempat ini seru untuk kita bermain-main bersama rusa-rusa dengan mengajak keluarga karena mereka sudah sangat jinak. Untuk anak-anak yang menyukai binatang, cocok sekali untuk mereka bermain, dan berfoto dari dekat.

Dari beberapa ulasan tempat di sekitar Jonggol yang memiliki keindahan alam yang tersembunyi, masih ada beberapa lagi seperti Curug Country dan Curug Jodoh di Cariu serta Curug Arca di Sukamakmur.


Top