Rute dan Lokasi Coban Ciblungan, Wisata Air Terjun di Ampelgading Malang

Jika membahas tentang wisata maka jangan sampai lupa dengan kota Malang. Ya, Malang merupakan salah satu kota besar di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali lokasi wisata yang menarik dan spektakuler, misalnya: Coban Rais yang Lagi Ngehits, Coban Talun dengan Pesona Keindahannya, Wisata Terbaru Taman Kelinci Pujon, dan yang unik serta menjadi perbincangan wisatawan adalah Kampung Rumah Warna Warni. Banyak spot-spot menarik yang menjadi buruan para fotomania, terutama yang gemar selfie, adapaun spot terpopuler di wisata Malang diantaranya ialah: Labirin Coban Rondo, Bukit Budug Asu Malang, dan Bukit Bulu Batu Fower Garden.

Itulah beberapa lokasi wisata yang sedang ngetren dan menjadi perbincangan hangat bagi wisatawan lokal maupun luar. Sebenarnya banyak sekali obyek wisata yang sudah sangat populer sejak dahulu, diantaranya seperti: Coban Rondo, Jatim Park, Selecta, dan berbagai Pantai di Kabupaten Malang, seperti: Pantai Balai Kambang, Ngliyep, Sendang Biru, dan lain sebagainya. Belum seru rasanya bila berada di kota Malang belum mengunjungi wisata terbaik yang ada di Malang. Dan kali ini yang kami bahas bukanlah seputar wisata yang populer, tertapi wisata yang mulai naik daun dan menjadi incaran bagi para traveller.

Coban Ciblungan merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Malang yang bisa menjadi pilihan bagi para wisatawan. Coban Ciblungan adalah wisata air terjun yang pesona keindahannya benar-benar menakjubkan. Memiliki keunikan pada air terjunnya, selain itu juga keindahan alam di sekitarnya yang sangat iindah menjadi kombinasi yang sangat eksotis. Coban Ciblungan ini sebenarnya masih belum terlalu dikenal banyak orang, namun mulai dikenal karena adanya pengunjung yang tertarik dengan keindahannya, sehingga mempopulerkannya melalui media sosial, terutama instagram.

coban ciblungan

Wisata Coban Ciblungan Malang, via: anomharya.com

Air Terjun Ciblungan atau Coban Ciblungan ini memiliki keunikan, yaitu aliran air terjunnya yang tidak hanya satu aliran. Air terjun mengalir deras dari sungai di atas tebing, dan ada beberapa aliran lainya yang berasal dari dalam tanah. Jadi, nampak sangat unik karena air terjunnya ada beberapa yang terlihat. Ini menjadi pemandangan yang sangat menarik, bagi yang wisatawan, ini bisa menjadi spot yang bagus untuk berselfie. Air terjun yang unik ini bila difoto dengan teknik yang tepat, maka akan menghasilkan foto yang sangat bagus.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan mengapa anda harus mengunjungi Coban Ciblungan, diantaranya ialah: Air Terjun yang unik, lokasi yang mudah ditempuh dengan kendaraan roda empat dari jalan raya ke parkiran hanya 15 menit dan dari parkiran kemudian jalan kaki sampai lokasi hanya 5 menit, kondisi alam yang sangat alami dan belum begitu banyak perubahan, suhu udara yang sejuk merupakan sebuah kenyamanan ketika berwisata, Coban Ciblungan adalah wisata yang dianggap anti mainstream dan berbeda dari wisata di malang yag sudah populer lainnya, tentu yang menjadi keistimewaan adalah kondisinya yang bersih tak lepas dari peran bapak-bapak yang selalu membersihkan lokasi wisata.

Lokasi Coban Ciblungan
Lokasi Coban Ciblungan mudah di cari karena keberadaan tak jauh dari akses jalan raya jurusan Dampit – Lumajang. Coban Ciblungan terletak di Desa. Purwoharjo, Kecamatan. Ampelgading, Kabupaten. Malang, Jawa Timur.

Rute Menuju Coban Ciblungan
Untuk menuju ke lokasi Coban Ciblungan cukup mudah, yaitu bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Rute dimulai dari kota Malang, bisa langsung menuju Turen, kemudian lanjut menuju Dampit. Selanjutnya lanjut menuju Tirtoyudo, terus lanjut hingga Ampelgading, dan yang terakhir menuju ke Purwoharjo atau arah PLTA Ampelgading. Lokasinya mudah, yaitu berada di perbatasan kota Malang dengan Lumajang, tepatnya yaitu terletak di sebelah kanan sebelum Gapura perbatasan terdapat papan petunjuk arah menuju Air Terjun Coban Ciblungan. Selanjutnya ikuti papan petunjuk tersebut sampai ke lokasi parkiran, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 50 meter saja untuk sampai ke Coban Ciblungan yang dipenuhi dengan berbagai pemandangan yang indah air terjun yang indah.

Fasilitas di Coban Ciblungan
Wisata Coban Ciblungan masih belum begitu familiar di kalangan wisatawan, jadi masih terksean sangat alami. Dan belum ada pemerintah atau swasta yang mengelola wisata ini, sehingga fasilitas yang bisa digunakan, seperti: WC, Gazebo, Kantin, dan lain sebagainya. Untuk parkiran saja, kendaraan dititipkan di pemukiman penduduk, sehingga biaya masuk terbilang sangat murah.

Harga Tiket Masuk ke Coban Ciblungan
Wisatawan hanya dikenakan retribusi Rp. 3.000 saja, dan untuk parkiran kendaraan Rp. 5.000 agar lebih aman. Sebenarnya harga tiket terbilang murah karena tak sebanding dengan keindahan air terjun  yang luar biasa, sangat bagus dikunjungi oleh wisatawan yang gemar berburu lokasi yang anti mainstream dan untuk mendapatkan foto pemandangan alam yang eksotis ataupun berselfie ria.

Salah satu hal yang bikin nyaman adalah penduduk sekitar yang ramah dengan para wisatawan, sehingga bisa untuk menitipkan kendaraan di sana.


Top