Rute dan Lokasi Embung Nglanggeran, Spot Danau di Atas Bukit Gunung Kidul Jogja

Jogja seperti tak pernah kehabisan stok lokasi wisata alam yang mempesona. Dari banyaknya lokasi wisata yang bisa menjadi pilihan wisatawan, termasuk juga Lokasi World Castle Sleman dan juga salah satu lokasi wisata terbaru yang sangat mempesona, yaitu Embung Nglanggeran. Wisata tersebut berada di puncak Gunung Kidul, Jogja yang patut untuk dikunjungi. Selain karena pemandangan alam di sekitar yang sangat eksotis, juga ada yang menarik dan nampak unik, yaitu adanya Embung di atas bukit.

Takuhan anda bahwa danau Nglanggeran ini awlanya hanyalah bukit biasa, namun kini berubah menjadi bukit yang indah dengan adanya sebuah danau buatan yang cukup luas. Adanya Embung Nglanggeran ini berkat upaya pemerintah setemoat, dan teah diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X yang notabene adalah Gubernur DIY.

Lalu, sebenarnya apa fungsi dibuatnya Embung Nglanggeran ini? ya, embung ini merupakan telaga buatan yang berfungsi sebagai pengairan bagi persawahan sekitar, namun karena letakkanya yang cukup unik, serta arsitek-nya yang bagus, sehingga nampak sangat mempesona. Seiring dengan banyaknya wisatawan yang hadir dan tertarik untuk menikmati indahnya pemandangan di lokasi, dan tak luput juga untuk mengambil foto maupun berselfie, makakini embung Nglanggeran menjadi lokasi wisata terbaru yang menjadi perbincangan dan mulai menjadi obyek wisata yang menarik.

Wisata Embung Nglanggeran ini terletak di pinggang gunung Api Purba, tepatnya di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi tersebut berjarak 1.5 km dari arah tenggara Pendopo Kalisong dan gerbang masuk wisata gunung Api Purba, Nglanggeran. Embung Nglanggeran yang dulu arsiteknya masuk belum seindah saat ini, sehingga kini mulai banyak yang tertarik untuk mendatanginya, baik wisatawan lokal maupun dari luar kota.

embung nglanggeran

Wisata Embung Nglanggeran Jogja, via: www.instagram.com/explorejogja

Kondisi jalan menuju ke lokasi kurang begitu bagus, jadi harus selalu hati-hati dalam berkendara. Buat kendaraan roda empat tidak perlu khawatir, karena jalan menuju lokasi yang satu arah, sehingga tidak bersimpangan dengan kendaraan yang dari arah berlawanan. Perjalanan dari kota Jogja hingga ke lokasi sekitar 25-30 menit, termasuk cepat asal tidak macet.

Dari kota Jogja pilih jalur Jogja – Wonosari, kemudian sampai daerah Hargodumilah atau Bukit Bintang, ketika berada di atas bukit ini dan sesampainya di perempatan, pilih ke arah kiri menuju Desa. Ngoro-Oro, kemudian ada pertigaan di depan UPT Puskesmas Patuk II  yang posisinya tepat akan mulai ada tanjakan, Selanjutnya pilih belok ke kanan Pendopo Kaliasong lurus smapai pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri kemudian lihat papan petunjuk ke Kebun Buah Nglanggeran.

Rute-nya agak ribet kan, karena ada beberapa tikungan, solusi yang tepat adalah dengan bertanya kepada penduduk sekitar, atau juga bisa dengan petunjuk Google Map.

Sesampainya di lokasi Embung Nglanggeran, maka terdapat area parkir sebagai fasilitas tempat kendaraan. Laha parkir yang luas cukup muat menampung banyak kendaraan roda dua maupun roda empat. Terdapat Gazebo di sekeliling Embung Nglanggeran bisa menjadi tempat untuk berteduh dan bersantai menikmati indahnya pemandangan. Tersedia tolet, dan juga warung di sekitar lokasi menjadi fasilitas pendukung yang penting bagi wisatawan.

Letak Embung Nglanggeran yang dekat dengan gunung Api Purba, maka terlihat jelas pemandangan pegunungan. Terdapat banyak tebing-tebing yang tinggi di sekitar lokasi menjadikan pemandangan nampak eksotis. Danau buatan yang luas dengan airnya yang tenang serta dikeliling pagar yang kokoh nampak menjadi pemandangan yang mempesona.

Indahnya pemandangan di sekitar lokasi wisata, menjadi spot yang menarik untuk mengambil foto maupun berselfie. Sehingga momen untuk mengabadikan liburan di wisata tersebut menjadi kebahagiaan yang tidak terlupakan.

Rencanakan keberangkatan anda ke lokasi wisata dengan memperatikan cuaca, alangkah baiknya menuju lokasi ketika kondisi cuaca yang cerah. Sebaiknya keberangkatan dilakukan lebih dini agar sesampai di lokasi tidak sampai menjelang gelap, dan bagi wisatawan yang berburu pemandangan sunset, maka sebaiknya berangkat lebih awal, maksimal pukul 15.00 WIB.

Sejak awal setelah diresmikannya wisata Embung Nglanggeran sudah diberlakukan biaya retribusi atau tiket masuk. Harga tiket masuk cukup terjangkau, hanya Rp. 7.000 saja sudah bisa masuk dan menikmati indahnya pemandangan di wisata Embung Nglanggeran.


Top