Rute dan Lokasi Kampung Warna Warni, Spot Foto Yang Unik dan Ngehits di Jodipan Malang

Kota Malang terkenal sebagai kota yang memiliki banyak lokasi wisata. Ada berbagai wisata yang populer sampai yang sedang ngehits dan menjadi buruan wisatawan baru baru ini. Salah satu contoh lokasi wisata yang lagi hangat diperbincangkan adalah Omah Kayu dan Paralayang di Batu Malang. Tidak hanya itu, ternyata di kota Malang juga memiliki spot wisata yang unik dan terbaru, yaitu Wisata Kampung Warna Warni Jodipan dan Kesatrian.

Sangat unik bukan, kampung yang sangat kompak berwwarna warni snagat mencolok dan nampak mempesona. Ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama yang tertarik untuk mengabadikannya. Tentu Kampung Warna Warni ini menjadi spot yang menarik untuk berselfie. Ada 17 warna-warni cat yang diterapkan pada rumah-rumah di kampung tersebut, mulai darai bagian tembok hingga atapnya.

Konon katanya, dulu kampung Jodipan ini dikenal sebagai kampung yang kumuh, namun kini berubah menjadi kampung yang menakjubkan. Banyak wisatawan yang berdatangan untuk berburu foto di sekitar lokasi kampung. Wajar bila Kampung Warna Warni ini menjadi kampung wisata karena memang menjadi obyek yang memanjakan mata. Tidak hanya wisatawan lokal yang hadir, tak sedikit pula wisatawan asing yang tertarik dan mengunjungi lokasi tersebut.

kampung warna warni malang, kampung warna warni

Wisata Kampung Warna Warni, via: www.instagram.com/yoiki_malang

Awal mula adanya wisata Kampung Warna Warni ini adalah hasil dari inisiatif mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam komunitas Guyspro. Nabila Firdausiyah selaku koordinator komunitas Guyspro tersebut mengaku bahwa kampung Jodipan ini nampak jelas dari jembatan Brantas Jalan Gatot Subroto, apalagi kondisinya yang kurang enak dipandang. Kemudian bersama seniman dan 30 tukang cat untuk mengecat dan melukis dinding-dinding dan atap rumah-rumah, dibantu oleh produsen cat “Indana Paint” dengan dana dari “Corporate Social Responsibility”, sedangkan dalam pelaksanaannya dibantu lagsung warga untuk mengecat dan memberi konsumsi. Tak luput juga bantuan dari TNI AU dalam membantu agar proyek ini berjalan lancar. Video berikut akan menambah informasi mengenai Kampung Warna Warni di Jodipan Malang.

Spot Foto Menarik di Kampung Warna Warni
Ada banyak spot menarik bagi wisatawan untuk mengambil foto terbaik, spot untuk selfie tentu juga menjadi prioritas. Adapun spot yang patut anda cari diantaranya ialah: Jembatan Embong Brantas, Tembok Dinding Warna-Warni, Lorong Payung, Topi Petani dan T-Rex 3 Dimensi, Pagar Reggae dengan Pemandangan di Depannya, Tangga Warna-Warni, Lapangan Di Sekitar, dan Pemandangan Di Tepi Sungai.

1. Jembatan Embong Brantas
Lokasi Jembatan Embong Brantas berada di sebelah selatan Stasion Kereta Api Kota Baru dengan jarak sekitar 500 meter. Dari Stasiun tersebut ikuti jalur ke arah selatan, maka akan menemui jembatan Brantas. Nah, dari jembatan itulah anda bisa melihat Kampung Warna Warni yang sangat unik dan eksotis.

jembatan di kampung warna warni, spot foto jembatan brantas

Spot Foto Dari Jembatan Brantas di Kampung Warna Warni, via: www.mesikapw.com

2. Dinding Warna Warni
Ada beragam warna menghiasi dinding-dinding dan lantai di kampung Jodipan. Ini menjadi spot yang cukup menarik untuk diambil fotonya dan berselfie dengan gaya yang diinginkan.

dinding di kampung warna warni

Spot Lorong dan Dinding Warna Warni, via: www.instagram.com/malang_mbois

3. Lorong Payung
Menjadi momen yang spesial ketika Lorong Payung yang berada di jalur utama komplek Juanda ini ramai pengunjung, Karena nampak lebih menarik dan pas untuk mengambil foto, baik selfie maupun wefie.

lorong payung di kampung warna warni

Spot Foto Lorong Payung di Kampung Warna Warni, via: radarmalang.co.id


4. Lukisan 3 Dimensi

Selain dinding yang berwarna-warni, ternyata ada juga spot yang menyajikan Lukisan 3 Dimenasi, nampak elegan, dan sangat bagus dijadikan sebagai background untuk berselfie. Ada beberapa Lukisan 3 D yang bagus, seperti: ukisan Ikan Hiu, Gorilla, T-Rex, dan lain sebagainya.

lukisan tiga dimensi di kampung warna warni

Spot Lukisan Tiga Dimensi di Kampung Warna Warni, via: travel.kompas.com


5. Tangga Warna Warni

Tekstur lokasi yang tidak merata di Kampung Warna Warni, sehingga ada banyak tangga curam yang tersedia. Nah, yang menjadi menarik di sini adalah tangga itu berwarna warni, nampak sangat bagus. Sangat pas sebagai spot untuk berfoto.

tangga warna warni, tangga di kampung warna warni

Tangga Warna Warni di Kampung Warna Warni, via: wisata-indonesiana.blogspot.co.id

Lokasi Kampung Warna Warni
Lokasi Kampung Warna Warni terletak di Desa. Jodipan, Kecamatan. Blimbing, Kota Malang. Kampung Warna Warni ini berada di bawah jembatan Rel Kereta Api dan pasar Loak. Tepatnya di Desa Jodipan RT. 06 RW. 02.

Rute Menuju Kampung Warna Warni
Lokasi Kampung Warna Warni sekitar 500 meter ke arah selatan dari Stasiun Kereta Api. Cukup dekat bila mau jalan kaki atau naik becak dari Stasiun tersebut. Bagi yang memiliki naik kendaraan umum, maka disarankan naik Angutan Malang Kota yang melewati daerah sekitar Kampung Warna Warni. Adapun Angkutan Umum yang jalurnya melewati sekitar Lokasi, diantaranya adalah ABG/ABH, AJG/AJH, AMG/AMH dan MT yang melewati Jembatan Brantas Jalan. Gatot Subroto.

Fasilitas dan Harga Tiket di Kampung Warna Warni
Ada beberapa fasilitas yang tersedia di Wisata Kampung Warna Warni ini, diantaranya seperti: tempat parkir, toilet, kios-kios, dan para pedagang jajanan dan minuman yang berada di sekitar lokasi. Adapun tiket masuknya hanya Rp. 2.000/orang, tiket masuk berbentuk sticker menarik sebagai kenang-kenangan yang bisa dibawa pulang. Sedangkan untuk kendaraan sepeda motor yang parkir akan dikenai tarif parkir Rp. 2.000, da tarif parkir mobil Rp. 5.000. Untuk parkir bus pariwisata, maka akan dikenai tarif parkir sebesar Rp. 15.000 – Rp. 25.000.

Tentu menjadi sebuah kebanggan tersendiri bisa jalan-jalan mengelilingi kota Malang yang memiliki segudang lokasi wisata menarik. Selain sebagai kesempatan untuk berlibur, juga tentu akan menambah pengalaman bagi yang belum mengenal betul lokasi di sudut-sudut kota Malang yang ternyata memiliki banyak keunikan yang menarik.