Rute dan Lokasi Situs Warungboto, Wisata Sejarah yang Ngehits di Jogja

Jogja memang gudangnya spot wisata yang menarik, salah satu wisata baru yang ngetrend ialah The Lost World Castle. Jogja tidak hanya memiliki beragam lokasi wisata alam yang mempesona, namun juga terdapat banyak wisata sejarah. Bagi wisatawan yang memang sedang berburu obyek wisata sejarah, maka Jogja adalah tujuan yang tepat. Sejak dahulu, Jogja dipimpin oleh seorang raja, dan banyak bangunan kerajaan kuno sejak ratusan tahun berada di Jogja. Adapun salah satu lokasi wisata sejarah yang lagi ngehits di Jogja saat ini adalah Situs Warungboto.

Situs Warungboto yang dulunya hanyalah sebagai bangunan bersejarah yang tidak terawat, kini diperbarui menjadi bangunan bersejarah yang nampak seperti baru. Situs ini merupakan salah satu peninggalan keraton di Jogja yang tentu memiliki sejarah yang cukup menarik untuk anda ketahui. Jadi, Situs ini tidak hanya sebagai obyek wisata, tetapi juga menjadi ajang untuk belajar mengenal sejarah.

Untuk melestarikan peninggalan budaya, maka Situs Warungboto dipugar menjadi bangunan yang nampak sangat menarik bagi wisatawan. Meskipun sekilas dari luar nampak sebagai bagunan kuno, tetapi bila sudah masuk, maka akan nampak sangat indah sebagai bagunan bersejarah yang bagus dipandang.

wisata situs warungboto, situs warungboto

Wisata Situs Warungboto, via: www.instagram.com/afif_efendii

Karena Situs ini sudah diperbarui, maka wisatawan pun mulai berdatangan. Meskipun lokasinya berada agak jauh dari lokasi keraton di Jogja dan agak sulit ditemukan. Saat ini Situs Warungboto menjadi destinasi wisata, tidak hanya bagi para pecinta sejarah saja, tetapi juga banyak muda-mudi yang berdatangan untuk mengambil foto, khususnya sebagai theme untuk selfie yang sangat tepat dan dishare ke social media.

Dahulu, Situs Warungboto ini menjadi tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan. Situs ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I, kemudian berlanjut pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono II. Terdapat kolam di area wisata, konon sebagai kolam pemandian bagi sang ratu Jogja. Situs Warungboto ini memiliki teras bertingkat yang nampak sangat unik dan elegan, maka tak heran bila Situs Warungboto menjadi spot foto yang lagi ngehits saat ini.

Awal mulanya, Situs ini bernama Pesanggrahan Rejowinangun, berada di sebelah baratnya aliran sungai Gajahwong. Tepatnynya, tepatnya terletak di Jalan. Veteran No.77 Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Ruteyang paling mudah adalah dari XT Square ke arah timur sedikit, kemudian ada perempatan dan belok ke kiri,lusur keutara sekitar 500 meter, setelah itu ada pertigaan, dan di situ terdapat plakat Situs Warungboto.

Pemugaran yang belum selesai sempurna menjadi salah satu alasan bagi pengelola ( Balai Pelestarian Cagar Buday) belum menarik biaya retribusi. Sehingga wisatawan bisa masuk ke lokasi secara gratis untuk saat ini, hanya saja wisatawan harus mematuhi peraturanyang ada, yaitu dilarang memanjat dinding.


Top