Rute Menuju Pantai Tiga Warna yang Eksotis di Malang

Malang menjadi salah kota yang memiliki berbagai wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ada beragam wisata alam yang menjadi destinasi bagi wisatawan, mulai dari wisata air terjun, wisata permaian, wisata pemandian air panas, wisata kolam renang, wisata kebun binatang, hingga wisata pantai yang kini menjadi trend saat liburan. Jika berbicara mengenai pantai yang ada di Malang, maka jumlahnya ada banyak sekali, mulai dari yang sudah populer hingga yang anti mainstream. Beberapa pantai di malang yang terkenal diantaranya ialah: pantai Balekambang, Ngliyep, Sendang Biru, Watu Leter, dan Goa Cina, dan yang kita bahas kali ini yaitu pantai 3 warna.

Liburan yang menyenangkan tentu salah satunya adalah ke pantai, Pantai Tiga Warna menjadi obyek wisata yang tepat saat liburan, karena pantai tersebut memiliki keunikan dan berbeda dari pantai-pantai lainnya. Pantai Tiga Warna saat ini cukup ngetrend dan menjadi perbincangan bagi Traveller, pasalnya pantai ini sangat indah dan keunikan yang dimilikinya yaitu sesuai dengan namanya Pantai Tiga Warna dikarenakan pantai ini memiliki 3 warna air yang berbeda yang berdasarkan pada kedalamannya.

Pantai Tiga Warna mulai dibuka pada pertengahan tahun 2014, dan kini pantai ini menjadi lokasi wisata yang sangat eksotis. Saat ini Pantai Tiga Warna tidak hanya dikunjungi oleh warga malang saja, tetapi sudah cukup banyak wisatawan dari luar kota yang penasaran dengan pesona keindahan Pantai 3 Warna ini. Bahkan, karena keindahannya tersebut, seringkali Pantai 3 Warna masuk dalam daftar 10 pantai terindah di Malang.

Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna Malang, via: www.yukpiknik.com

Pemandangan alam di sekitar pantai yang sangat indah cukup memanjakan mata pengunjung. Desiran air ombak, hutan lindng di sekitar pantai, pasir-pasir yang lembut, 3 warna pantai yang eksotis, berpadu dengan warna langit yang biru bersama awan-awan menjadi kesatuan yang sangat mempesona. Wisatawan bisa dengan santai menikmati keindahannya serta bermain-main di tepi pantai.

Pantai Tiga Warna menjadi wisata alam yang tepat dikunjungi karena memiliki keistimewaan, tidak hanya memiliki keunikan 3 warna saja, tetapi juga kondisi airnya jernih, serta kondisinya yang bersih dari sampah-sampah. Karena umumnya, banyak pantai mainstream yang banyak dikunjungi tetapi juga terdapat banyak sampah di sana.

Karena airnya yang jernih serta terdapat juga terumbu karang, maka wisatawan juga dapat menikmati keindahan dasar pantai, tentunya menjadi spot yang bagus untuk bermain Snorkeling. Meskipun pemandangan bawah lautnya tak seindah pantai di Raja Ampat, tetapi pantai ini sudah termasuk salah satu pantai yang indah di Jawa Timur, dan patut dicoba oleh wisatawan.

Pantai 3 warna berada di area konservasi hutan Mangrove, Terumbu Karanf, dan Hutan Lindung. Pantai ini berada di sebelah pantai Sendang Biru, dan pantai Sendang Biru sendiri merupakan gerbang masuk menuju wisata cagar alam pulau Sempu.

Pantai Tiga Warna terletak di Desa Tambak Rejo, Pedukuhan Sendang Biru, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Jawa Timur. Sebenarnya wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan Pantai Tiga Warna saja, tetapi bisa juga menikmati beberapa pantai yang lokasinya dekat dengan pantai ini. Google Map bisa menjadi alamat bagi wisatawan yang menggunakan bantuan GPS untuk menuju lokasi.

Perjalanan menuju lokasi pantai bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Apabila menggunakan mobil, maka sebelum sampai area pantai, harus diparkir terlebih dahulu di area pantai Clungup dikarenakan akses jalan menuju pantai yang belum begitu bagus, apalagi ketika musim hujan seperti sekarang ini.

Rute Menuju Pantai Tiga Warna berawal dari kota Malang menuju Gadang, kemudian berlanjut terus sampai persimpangan Sendang Biru, ada papan petunjuk arah menuju Pantai Goa Cina, silahkan diikuti arah menuju Pantai Goa Cina hingga 2 km sampai perkampungan, kemudian di persimpangan jalan terdapat papan petunjuk menuju TPI (Tempat Pelelangan Ikan), ikuti hingga masuk perkampungan warga, kemudian ambil arah menuju Clungup Mangrove Convervation, bagi wisatawan pengendara sepeda motor bisa melalui jalan yang sempit, sedangkan bagi yang naik mobil harus diparkir sebelum sampai pintu gerbang Mangrove Concersation dan berjalan sepanjang 1 km.

Untuk bisa masuk ke pantai Tiga Warna, maka dikenai biaya retribusi Rp. 5.000/orang, dan harus menyewa jasa Guide untuk bisa sampai lokasi, biaya jasa Guide Rp. 100.000/kelompok. Setiap kelompoknya dibatasi maksimal 10 orang untuk bisa masuk, bagi wisatawan yang datang sendiri maupun berdua, bisa bergabung dengan kelompok lainnya yang jumlahnya kurang dari 10 orang. Kuota masuknya dibatasi, jadi bagi yang datang dan keetulan kuotanya sedang penuh, maka harus menungku kelompok yang di dalam untuk keluar terlebih dahulu, kemudian giliran kelompok selanjutnya.