Tempat Wisata di Blitar Paling Hits 2019

tempat wisata di blitar
Tempat Wisata di Blitar

Sebagian besar kita, masyarakat Indonesia, mengenal Blitar sebagai daerah yang melahirkan salah satu Putra terbaik bangsa yaitu presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. Sehingga, tidak heran apabila daerah ini menjadi salah satu daerah yang cukup familiar.

Namun tentu saja, tidak hanya itu yang menjadi daya tarik Blitar. Melainkan di tempat ini juga ada banyak destinasi wisata menarik berupa candi-candi Hindu, gunung berapi seperti Gunung Kelud, hingga pantai-pantai yang cantik dan spektakuler.

Cara pergi ke Blitar

Untuk bisa sampai di Blitar, kamu bisa naik bis dari Jawa Timur (Surabaya) atau bisa juga dari Jember, Madiun, dan Malang. Kalau dari Malang, biasanya perjalanan menggunakan bus memakan waktu kurang lebih 2 jam. Transportasi lain yang bisa dimanfaatkan adalah kereta api. Kereta dengan jurusan Jakarta-Yogyakarta-Malang, Jakarta-Semarang-Malang, atau kereta dengan jurusan Bandung Malang, akan melewati Blitar

Objek wisata di Blitar yang lagi ngehits di tahun 2017 diantaranya adalah:

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo Blitar berada 30 km dari pusat kota terletak di sebelah selatan, tepatnya berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Ini adalah destinasi wisata favorit warga Blitar. Pemandangan alamnya menarik dengan pasir berwarna putih di pantai serta air laut yang jernih.

pantai tambakrejo
Pantai Tambakrejo

Gelombang di tempat ini tidak terlalu besar sehingga banyak wisatawan yang sengaja datang ke pantai selain untuk menikmati suasana alam rumah mereka biasanya sengaja datang untuk mandi dan berenang. Karena ombak yang tidak terlalu besar, Pantai Tambakrejo juga banyak difavoritkan sebagai destinasi wisata keluarga.

Makam Bung Karno

Ini adalah destinasi wisata religi (ziarah) yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Makam Bung Karno hampir Selalu ramai dikunjungi sepanjang tahun. Lokasi makam Bung Karno ada di Desa Bendogerit, berjarak kurang lebih 3 km dan berada di sebelah utara kota Blitar.

makam bung karno
Makam Bung Karno

Tidak jauh dari tempat Bung Karno disemayamkan, terdapat museum Bung Karno yang menyimpan benda-benda peninggalan milik Bung Karno. Jika ingin merasakan kilas balik perjuangan Bung Karno dan perjuangan masyarakat Indonesia pada zaman dahulu, jangan lewatkan berkunjung ke Museum Bung Karno tersebut.

Pantai Jolosutro

Selain Pantai Tambakrejo, destinasi wisata pantai lainnya yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Blitar adalah Pantai Jolosutro yang memiliki ombak lumayan besar, sehingga cocok digunakan sebagai tempat untuk menikmati olahraga surfing.

pantai jolosutro
Pantai Jolosutro

Pantai ini berjarak sekitar 45 km dari pusat Kota Blitar. Tepatnya berada di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates

Candi Penataran

Candi penataran adalah destinasi wisata budaya dan wisata sejarah yang ada di Blitar. Candi ini sangat terawat dan merupakan salah satu destinasi wisata menarik di Jawa Timur.

candi penataran
Candi Penataran

Candi yang dibangun pada tahun 1194 oleh Raja Crnga ini digunakan sebagai tempat pemujaan pada zaman dahulu. Pemujaan dilakukan untuk menghindari malapetaka akibat letusan Gunung Kelud.

Pantai Peh Pulo

Keindahan pantai ini sungguh menakjubkan, walaupun berukuran mungil, namun pemandangannya sangat spektakuler. Membuat Pantai Peh Pulo begitu terkenal dan banyak diminati. Di tahun 2017 ini, pantai populer digadang-gadang akan menjadi salah satu magnet Wisata Blitar.

pantai peh pulo
Pantai Peh Pulo

Pantai dengan pasir putih yang memiliki kontur landai ini menawarkan pemandangan spektakuler berhiaskan bukit-bukit dan pulau-pulau kecil serta batu karang. Hanya saja, akses menuju Pantai PehPulo masih tidak sebaik jalan menuju pantai-pantai terkenal lainnya di Blitar.

Arung Jeram Soko Adventure

Bagi kamu yang suka dengan tantangan dan ingin menguji nyali, jangan lewatkan berwisata ke Arung Jeram Soko Adventure.

arung jeram soko adventure
Arung Jeram Soko Adventure

Sungai yang digunakan untuk arum jeram diantaranya adalah Sungai Tiko dan Sungai Lekso dengan pemandangan berupa pedesaan dan sawah-sawah bernuansa asri. Selain arum jeram, wahana permainan lain yang bisa dinikmati di tempat ini adalah outbound. Dan di sana juga tersedia camping area.

Baca Juga: Puncak Kejora Blitar

shares