Wisata Alam Pegunungan di Garut yang Menakjubkan

In Explore Jabar 13 views

Kabupaten Garut memiliki keindahan alam yang indah dan sejuk serta di kelilingi oleh beberapa gunung yang menakjubkan. Diantaranya adalah Gunung Guntur, Gunung Papandayan, Gunung Haruman dan Gunung Cikuray. Wisata gunung ini sudah terkenal di Garut meski ada beberapa gunung merapi yang masih aktif namun tidak mematahkan semangat para pendaki untuk melakukan kegiatan alam serta merasakan takjub dengan pemandangan pegunungan yang asri. Beberapa obyek wisata yang terdapat di sekitar gunung seperti kawah dan air terjun yang dapat disaksikan dalam perjalanan pendakian. Ada beberapa Wisata Alam Pegunungan di Garut yang menarik dan menakjubkan akan kami ulas di bawah ini.

Gunung Cikuray
Gunung Cikuray adalah objek yang bagus untuk menikmati sunrise. Ketinggiannya 2.818 mdpl, berada di selatan kota Garut, Jawa Barat. Gunung Cikuray termasuk gunung yang tidak aktif bentuknya yang identik dengan kerucut raksasa sehingga sulit ditemukan mata air sepanjang perjalanan ke puncak gunung. Jalur pendakiannya unik dan menantang. lintasan terjal menjadi tantangan tersendiri dalam pendakian ini. Untuk mencapai puncak gunung kurang lebih dibutuhkan 7-8 jam pendakian.

gunung cikurai

Gunung Cikurai, via: rhendy8.wordpress.com

Pendakian dapat dimulai perjalanannya dari desa Dayeuh Manggung kecamatan Cilawu. Dibandingkan dengan jalur Bayongbong atau Cikajang, lewat jalur ini relatif mudah untuk didaki. Dari terminal bus Guntur kita dapat melanjutkan perjalanan dengan angkot nomor 06 dengan trayek Garut-Cilawu sekitar Rp. 3000,-. Kemudian kita turun di Patrol melanjutkan ke perkebunan teh Dayeuh Manggung.

Dari Patrol, dengan ojek Rp. 25.000 kita bisa sampai ke pemancar. Banyaknya pemancar dari berbagai stasiun TV di tempat ini sehingga bisa dijadikan base camp sebelum pendakian. Di sini sebaiknya kita mengisi perbekalan air bersih karena setelahnya kita tidak akan menemukan lagi sumber mata air hingga puncaknya.

Dari stasiun pemancar, pendakian melalui kebun teh cukup singkat, sekitar 30 menit dengan keadaan jalur yang gersang dan berdebu hingga kita memasuki hutan yang teduh.
Kita dapat mencapai pos 1 dari stasiun pemancar TV dengan waktu sekitar 50 menit. Kemudian ditambah sekitar 1 jam perjalanan lagi tiba di Pos 2. Mencapai pos 3 akan memakan waktu yang cukup lama karena medannya yang curam, kontur yang rapat. Pada Pos 1, 2, dan 3 ini hanya mampu menampung satu hingga dua tenda. Sementara di Pos 4 tempatnya lebih luas, dapat menampung sampai tiga tenda.

Dari pos 4 menuju pos 5 membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan kemiringan yang lebih terjal. Kemudian kita melanjutkan ke Pos Puncak Bayangan dengan lahan yang lebih luas dari 5 pos sebelumnya , dan kondisi datar tanpa semak belukar. Setelah Pos Puncak Bayangan, perjalanan menuju Pos dengan luas hampir sama dengan pos puncak bayangan yang mampu menampung 3 sampai 4 tenda.

Dari Pos 6 ini pepohonan tinggi sudah tak terlalu rapat namun masih cukup menahan hantaman angin langsung. Di Pos 6 ini sudah dekat dengan puncak Cikuray, dan pos ini dapat menjadi tempat yang paling santai bagi pendaki menunggu momen matahari terbit dan tenggelam. Untuk mencapai puncak hanya sekitar 15 menit dari pos 6 ini.

Di puncak Gunung Cikuray terdapat sebuah shelter permanen digunakan sebagai tempat istirahat atau bermalam. Area puncak Cikuray cukup luas untuk memuat sekitar 10 tenda. Namun karena angin yang cukup kencang, harus dipertimbangkan untuk mendirikan tenda di sini.Terhampar pemandangan yang terlihat indah sekali dari puncaknya, Gunung Papandayan pun jelas dilihat dari sini serta gulungan lautan awan yang mempesona. Pemandangan kota Garut tampak dari ketinggian di area puncak Cikuray yang terlihat jelas jika pendakian dilakukan di musim kemarau.

Gunung Guntur
Gunung yang terletak di wilayah tarogong kaler ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Garut. Gunung ini merupakan salah satu gunung merapi yang aktif di Indonesia. Banyak para pendaki dari berbagai daerah yang tertarik menjelajahi gunung ini. Kondisi jalan untuk menuju gunung ini memang tidak terlalu baik, dengan rute jalan terdekat adalah melewati jalan Citiis untuk memulai pendakian. Selama perjalanan mendaki kita dapat menemukan berbagai obyek wisata pegunungan yang menakjubkan yang terdapat di Gunung Guntur ini, seperti air terjun, sungai dan lembah, serta dua kawahnya yaitu kawah pangkalan dan kawah gandapura.

gunung guntur

Gunung Guntur, via: evaherdiana.blogspot.co.id

Gunung Papandayan
Objek wisata alam yang juga tidak kalah menarik dengan wisata gunung lainnya yaitu gunung Papandayan, merupakan gunung merapi yang termasuk masih aktif di Indonesia. Namun demikian, masih banyak juga para pendaki dari berbagai daerah yang tertarik berkunjung ke gunung ini dan hal itu tidak menjadi kelemahan wisata ini. Di Gunung Papandayan terdapat beberapa kawah yang cukup terkenal dan banyak diminati para pendaki untuk dikunjungi, diantaranya adalah Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak dan Kawah Manuk yang selalu mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

gunung papandayan

Gunung Papandayan, via: travelingyuk.com

Gunung Piramida
Letak Gunung Piramida ini berada di Wanaraja Garut. Gunung Sadahurip ini menyimpan keindahan panorama yang menakjubkan. Gunung ini sekarang sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan dikarenakan bentuknya yang menarik dan unik menyerupai piramida. Para pendaki yang datang ke gunung ini merasa tertantang dan penasaran untuk berpetualang hingga ke puncaknya.

gunung piramida

Gunung Piramida, via: www.bhataramedia.com

Meski tidak menginjakkan kaki hingga puncak gunung yang seluruh hamparannya menjadi garapan lahan pertanian, namun memandangi gunung Sadahurip dari jarak jauh juga sudah memukau. Dari kejauhan tampak gunung seluas 96 hektar ini mirip susunan piramid yang berundak berselimut hamparan tanaman sayur-mayur yang menghijau meliputi gunung.


Top