Tempat Wisata di Bondowoso Yang Lagi Hits 2017

In Explore Jatim 60 views

Kabupaten Bondowoso, salah satu provinsi di Jawa Timur ini terkenal dengan kuliner tape (Tape Bondowoso). Selain itu kuliner seperti rujak gobet adalah daya tarik tersendiri yang selalu bisa membuat kita ngiler saat berkunjung ke kota ini.

Tidak mengherankan jika tape singkong jadi salah satu kuliner khas daerah ini mengingat Bondowoso merupakan salah satu penghasil singkong terbesar di Jawa Timur. Bondowoso tidak hanya melulu soal kuliner. Ada juga banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Diantara tujuan wisata di Bondowoso yang ngehits di tahun 2017 adalah:

Bukit Kawah Wurung
Destinasi wisata terkenal yang populer tahun 2017 di Bondowoso, yang pertama adalah Kawah Wurung yang lokasinya ada di Sempol, Kalianyar, Kabupaten Bondowoso. Pesona pemandangan alam berupa bukit-bukit hijau yang tertutup tanaman liar berupa semak belukar dan pepohonan, adalah pemandangan paling menakjubkan yang akan kita saksikan di Bondowoso.

bukit kawah wurung, bukit kawah wurung bondowoso

Bukit Kawah Wurung, via: www.banyuwangibagus.com

Pemandangan semakin eksotis dengan adanya ceru-ceru berbentuk kawah di sekitar perbukitan. Membentuk lubang raksasa layaknya sebuah kaldera. Kawah Wurung artinya kawah yang sudah tidak aktif atau kawah mati. Di tempat ini, kawah-kawahnya terdapat air atau endapan belerang.

Air Terjun Blawan
Destinasi wisata alam lainnya di Bondowoso yang terkenal adalah Air Terjun Blawan. Lokasinya ada di Kalianyar, Sempol, Bondowoso. Bagi masyarakat setempat, air Terjun Blawan adalah objek wisata menarik yang selalu ramai dikunjungi. Yang membuat air terjun ini sedikit berbeda dengan air terjun kebanyakan adalah, debit airnya yang sangat melimpah.

air terjun blawan, air terjun blawan bondowoso

Air Terjun Blawan, via: plus.google.com/+RendyAndriyanto96

Selain itu, air terjun ini, alirannya langsung masuk ke dalam tanah dan bermuara di sekitar daerah Asembagus Situbondo. Bagi wisatawan yang ingin menikmati air terjun dengan debit air super besar tersebut, harus melalui jalan menuju ke Ijen terlebih dahulu sebelum sampai di Sempol. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Perkebunan Belawan.

Bendungan Sampean Baru
Jika kita berkunjung ke Bendungan ini, pemandangan tidak biasa akan langsung tersaji di depan mata. Bendungan yang berada di Dusun Tapen, Desa Pandak, Kec. Klabang, Kabupaten Bondowoso ini memang menawarkan pemandangan bendungan yang lain dari biasanya.

bendungan sampean baru

Bendungan Sampean Baru, via: www.jasadh.com

Keindahan Bendungan Sampean Baru tidak lepas dari adanya kontruksi unik bendungan yang terdiri atas susunan beton yang berpasang-pasangan.

Bagi para nitizen, terutama yang berasal dari Bondowoso, pemandangan di bendungan selalu menjadi buah bibir. Bendungan Bondowoso bisa menjadi salah satu tempat yang paling instagrammable karena menawarkan pemandangan unik dan menarik dengan latar belakang dinding bendungan.

Air Terjun Solor dan Batu So’on
Objek wisata ini berada di Desa Solor, Cermee, Solor, Kabupaten Bondowoso. Jalan yang akan dilalui menuju Solor tidak terlalu bagus, namun terlihat menarik dan unik karena dipenuhi pohon-pohon yang indah dan rindang.

air terjun solor bondowoso, air terjun solor

Air Terjun Solor, via: sevenagnur.blogspot.com

Sesampainya di obyek wisata, kita akan dibuat takjub dengan batu-batu berukuran besar yang mengingatkan kita akan pemandangan spektakuler dari Stonehenge.

batu soon, batu soon bondowoso

Batu Soon, via: agelejermen.blogspot.co.id

Disini ada banyak batu-batu unik, seperti batu di atas batu, atau batu yang bertumpuk 3-4 buah. Batu-batu prasejarah tersebut merupakan batu megalitikum yang menawarkan pemandangan sangat mempesona. Jika masih sempat dan ingin eksplorasi, jangan lewatkan berkunjung ke air terjun yang lokasinya tidak terlalu jauh dari objek wisata Batu So’on.


Top