Alas Gedangan Mojoagung Jombang, Wisata Goa Jepang dan Bukit Sunrise Yang Sangat Eksotis

alas gedangan

Alas Gedangan Mojoagung

Jombang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Jombang tak begitu populer dengan kawasan wisatanya, tetapi bukan berarti tidak punya wisata loh. Sebenarnya ada banyak sekali wisata alam di Jombang yang sangat indah untuk dinikmati, hanya saja belum begitu terexpose media. Beberapa wisata alam yang sudah cukup populer di Jombang, diantaranya seperti; air terjun tretes, candi ngrimbi, sendang made kudu, goa sriti, kedung cinet, dan lain-lain.

Tetapi, bila berbicara mengenai wisata yang lagi hits dan menjadi destinasi wisata di Jombang yang ramai akhir-akhir ini salah satunya adalah Alas Gedangan Mojoagung. Alas tersebut menyajikan pesona alam yang begitu mempesona, berada di kawasan perbukitan menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Nampak jelas panorama gunung Arjuna dan hamparan perbukitan yang dipenuhi dengan hutan berwarna hijau, sehingga bila dipandang begitu memanjakan mata.

Nah, di kawasan Alas Gedangan Mojoagung ini terdapat spot wisata unik peninggalan zaman dahulu, yaitu bernama Goa Jepang. Meski belum diresmikan, para pengunjung yang sudah mengunjungi tempat ini cukup banyak. Terutama, anak-anak muda yang gemar berfoto-foto. Bentuk Goa Jepang seperti goa-goa pada umumnya, terdapat lubang di dalam tanah, dinding-dindingnya dipenuhi dengan bebatuan. Hanya saja, goa ini cukup mungil, tak sebesar goa Maharani Lamongan maupun goa Akbar Tuban.

Nah, yang menjadikan penasaran adalah mengapa Goa tersebut dinamai “Goa Jepang”? menurut penjaga hutan setempat menyebutkan, bahwa dulunya pada zaman penjajahan Jepang, goa tersebut digunakan oleh masyarakat untuk bersembunyi dari kejaran tentara Jepang. Lalu mengapa bukitnya dinamai “Bukit Sunrises”? karena setiap pagi hari di sana nampak sunrise yang snagat eksotis. Maka, bila kamu berkunjung ke sana saat pagi hari, maka kamu akan mendapati pemandangan pagi hari yang begitu menakjubkan.

Wisata di Perhutani Alas Gedangan ini masih dalam tahap pembangunan, jadi belum dibuka scara resmi oleh pengelola setempat. Berbagai spot gardu pandang keren yang sudah dibangun menjadi incaran bagi para pemburu foto, sangat bagus sebagai spot untuk memandangi kawasan perbukitan dan lembah. Selain itu, tentunya yang paling diminati adalah bisa berselfie dengan gaya yang diinginkan di atas gardu pandang tersebut.

Bunga matahari raksasi yang berwarna kuning merupakan salah satu model spot gardu pandang di kawasan Alas Gedangan Mojoagung ini. Spot gardu pandang model ini cukup populer di berbagai daerah, seperti halnya di wisata Coban Talun, Madakaripura Forest Park, dan lain-lain. Adanya berbagai spot untuk selfie yang keren tersebut tentu menjadi buruan bagi para pengunjung. Dipastikan nantinya kawasan ini akan menjadi wisata selfie yang ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Wisata kawasan Alas Gedangan Mojoagung ini berlokasi di dusun Gedangan, desa Kedunglumpang, kecamatan Mojoagung, kabupaten Jombang, Jawa Timur. Rute menuju ke lokasi cukup mudah, waktu tempuh dari terminal Mojoagung selama 10 menit saja. Rutenya yaitu dari pertigaan terminal Mojoagung ambil arah ke kanan, bila kamu datang dari arah Moajokerto maka ambil arah ke kiri, atau menuju ke Wonosalam. Lurus saja terus sepanjang 500 meter sampai menemukan papan petujuk menuju ke arah Wonosalam. Setelah itu, ikuti aja jalannya sampai menuju ke Goa Jepang atau Wonosalam. Alamat di atas sudah tercantum di peta Google, sehingga bisa menjadi opsi untuk menggunakan GPS sebagai pemandu jalan.

Biaya untuk memasuki kawasan wisata terbilang murah meriah, karena kamu tidak dikenai biaya sepeserpun. Kamu hanya dikenai biaya parkir kendaraan.  Belum banyak yang tahu akan wisata baru ini, ya karena memang belum di buka secara resmi. Tetapi kamu sudah bisa mengunjunginya loh, sangat asyik banget tentunya buat koleksi foto selfie kamu yang kece dan kekinian.

Disarankan mendatangi wisata ini pada pagi hari, yaitu sekitar jam 6 sampai jam 8, karena pemandangan saat itu masih sangat indah. Ditambah lagi dengan suhu udara yang masih sangat segar, pas banget untuk menyegarkan diri. Jangan lupa membawa kamera yang bagus untuk mendapatkan hasil jepretan yang cakepnya maksimal, hehe.