Bukit Klangon Merapi Cangkringan Sleman, Wisata dengan Spot Gardu Pandang Yang Hits

Posted on

Gunung Merapi meski dianggap sebagai kawasan rawan bencana, tetapi di sisi lain pemandangannya sangat menakjubkan. Nah, pemandangan gunug Merapi yang megah itu bisa dinikmati keindahannya dari wisata Bukit Klangon yang berada di kaki gunung Merapi. Di wisata tersebut tersedia sebuah gardu pandang keren yang terbuat dari bahan dasar kayu menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk naik di atasnya sembari menikmati suguhan alam gunung Merapi dengan pemandangan disekitarnya yang nampak sangat mempesona.

bukit klangon, bukit klangon merapi, bukit klangon cangkringan
Bukit Klangon Merapi, foto: @dimas.hy

Buit Klangon kini menjadi incaran bagi wisatawan, apalagi setelah foto-fotonya yang diunggah di Instagram yang membuat para pengguna aktif Instagram penasaran dan tertarik untuk bisa berkunjung ke sana. Dari bukit Klangon, pengunjung dapat menikmati panorama gunung Merapi yang menawan. Tidak hanya itu, tentunya berselfie menjadi aktivitas yang paling digemari.

Mengingat bahwa kawasan sekitar gunung Merapi yang banyak kabut, maka untuk bisa menyaksikan panorama alam yang benar-benar bagus, maka pengunjung datang pada waktu yang tepat. Dibangunnya gardu pandang di Bukit Klangon setinggi 5 meter sangat efektif sebagai spot untuk melihat pemandangan alam gunung Merapi, sehingga nampak cukup jelas.

Para pengunjung juga dapat menjelajahi kawasan taman nasional gunung Merapi yang indah. Di kawasan tersebut juga tak jarang sebagai lokasi yang favorit bagi para pesepeda gunung. Tidak hanya itu, lokasi tersebut juga sangat cocok sebagai camp ground. Bila kamu ingin ke sana, maka tidak perlu khawatir akan fasilitas, karena di sana sudah tersedia fasilitas berupa; kamar mandi, toilet, tempat ibadah, warung makan, dan lain sebagainya.

Bukit Klangon Merapi ini sangat pas sebagai destinasi wisata. Wisata ini juga cocok bagi para petualang, maupun bikers. Trek yang berkelok menjadi tantangan tersendiri untuk menjelajahi kawasan tersebut. Para petualang tidak hanya menikmati indahnya pemandangan hutan, kebun, dan bebatuan di sekitar, tetapi juga dapat menyaksikan jurang-jurang bekas aliran larva gunung Merapi, tentunya sangat memicu adrenalin bukan?

Bukit Kalangon ini sangat pas sebagai tempat ngadem, karena suhu udara di sana cukup sejuk. Bila kamu bosan dengan suasana kota yang cukup penat, maka wisata ini bisa menjadi pilihan untuk bersantai dan merileksasikan diri. Bila cuaca cerah, maka kamu dapat melihat dengan jelas panorama gunung Merapi yang sangat elok, hamparan hutan yang luas, semuanya menjadi landscape yang bagus banget buat background selfie kamu sob. Ditambah lagi dengan adanya spot gardu pandang, menjadi pelengkap untuk menikmati pemandangan alam sekitar.

Lokasi Bukit Klangon ini terletak di desa Glagaharjo, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bila sebelumnya di Sleman dihebohkan dengan wisata bangunan megah yang bernama “The Lost World Castle“, tetapi sayangnya wisata tersebut mengalami kendala yang berkaitan dengan hukum. Maka, wisata Bukit Klangon ini bisa menjadi opsi untuk liburan kamu sob. Untuk sampai ke kawasan bukit ini bisa dengan menggunakan Sepeda Motor.