Candi Sumberawan Singosari, Wisata Sejarah Yang Unik

Candi merupakan bangunan bersejarah peninggalan dari zaman kerajaan terdahulu. Di Indonesia sendiri ada banyak candi-candi yang kini menjadi wisata sejarah yang diminati. Tidak hanya di Yogyakarta, di Malang juga ada beberapa Candi, seperti: Candi Singosari, Candi Badut, Candi Jago, Candi Kidal, dan lan-lain. Adapun Candi yang akan kita bahas kali ini yaitu Candi Sumberawan Singosari. Candi tersebut berada di dusun Sumberawan, desa Toyomarto, kecamatan Singosari, kabupaten Malang, Jawa Timur.

Candi Sumberawan ini lokasinya dekat dengan Candi Singosari, berjarak sekitar 6 Km saja. Lokasi Candi Singosari dekat dengan pasar Singosari. Bila ingin mampir ke sana, langsung saja menuju ke arah pasar, kemudian tanya pada warga sekitar pasti sudah banyak yang tahu.

Candi Sumberawan ini berbentuk stupa, dan merupakan satu-satunya candi yang berbentuk stupa di Jawa Timur. Candi ini merupakan bangunan peninggalan dari orang Budha di kerajaan Singosari. Hingga saat ini, kondisinya masih tetap terawat dengan baik. Bahkan nampak menawan dengan adanya pohon-pohon pinus yang rindang di sekitar lokasi. Sehingga menjadikannya sebagai kawasan wisata bagi para wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

candi sumberawan singosari, candi sumberawan

Candi Sumberawan Singosari, foto: @ramaninos

Candi Sumberawan Singosari ini pertama kali ditemukan pada tahun 1904 oleh orang Belanda, dan pada tahun 1937 candi ini direnovasi dibawah pimpinan pemerintah Hindia-Belanda. Berdasarkan informasi dari pakar sejarah, dulunya Candi Sumberawan ini digunakan oleh orang Budha sebagai tempat sembahyang. Terkadang di hari-hari tertentu, Candi ini masih digunakan sebagai tempat ritual oleh orang Budha di daerah sekitar.

Bangunan Candi Sumberawan ini berukuran panjang 6,25m, lebar 5,25m, dan 5,23m, terbuat dari bahan material batu Andesit. Lokasinya berada di kawasan kaki gunung Arjuno dengan ketinggian 650 meter dari permukaan laut, sehingga suasananya cukup nyaman sebagai wisata. Banyak pohon-pohon pinus dan sumber air, serta suhu udara yang sejuk semakin menambah asri. Landscape gunung Arjuno dan hamparan persawahan menjadi landscape yang bagus untuk berfoto-foto. Wisata Candi Sumberawan ini tidak hanya sebagai wisata edukasi sejarah saja, tetapi juga menjadi wisata alam yang sangat nyaman.

Candi Sumberawan ini sangat pas sebagai destinasi wisata untuk liburan kamu sob, sangat nyaman untuk melepas penat saat liburan. Kamu juga bisa membawa hammock untuk dipasang di batang-batang pohon pinus, tentunya sangat nyaman untuk bersantai menikmati panorama alam sekitar.