Coban Jidor Malang, Air Terjun Tersembunyi Yang Sangat Menawan

In Explore Jatim 15 views

Malang tak diragukan lagi akan keindahan alamnya, terutama wisata air terjun yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Malang memiliki segudang daftar wisata ar terjun yang menarik, diantaranya seperti; Coban Supit Urang, Coban Nirwana, Coban Glotak, Coban Buntung, dan lain-lain. Coban-coban tersebut letaknya bisa dibilang tersembunyi, namun menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa.

Satu lagi nih wisata air terjun yang tersembunyi dan sangat menawan, namanya Coban Jidor. Namanya cukup unik, dan belum banyak yang mengunjunginya karena memang lokasi yang tidak mudah diakses. Nama “Jidor” sendiri sebagai sebutan yang pas oleh warga sekitar, karena guyuran air terjun ini sangatlah besar dan sering kali menimbulkan suara-suara seperti suara Jidor. Maka, hal inilah yang mendasari penyebutan nama “Coban Jidor” pada wisata air terjun yang masih sangat alami ini.

Coban Jidor masih alami banget, belum banyak sampah anorganik yang berada di sana. Suhu udara yang sejuk serta banyaknya tanaman hijau di sekitar lokasi semakin menambah suasana asri. Ketinggian air terjun ini hanya mencapai 10 meter, tetapi pemandangannya sangat menawan.

coban jidor, coban jidor tumpang, coban jidor malang

Coban Jidor Malang, foto: @sajad.farqan

Coban Jidor ini terletak di dusun Ngadisari, desa Bendolowang, kecamatan Jabung, kabupaten Malang, Jawa Timur. Coban ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, tetapi foto-fotonya yang epic beredar di media sosial baru-baru ini, sehingga banyak yang menganggap sebagai wisata baru. Yang pasti, sangat cocok sebagai destinasi wisata alam bagi para petualang.

Pemerintas setempat belum meresmikan wisata Coban Jidor ini, sehingga wajar bila fasilitas di sana masih sangat kurang. Tetapi untuk menuju ke sana juga cukup mudah, karena sudah ada banyak papan petunjuk jalan di sudut-sudut jalan. Bagi kamu yang ingin mengunjungi wisata ini, maka cukup dengan membayar biaya parkir saja sebesar Rp.2.000.

Coban Jidor sangat tepat sebagai obyek wisata alam untuk merileksasikan diri dari penatnya hidup di perkotaan. Sekali-kali, saat liburan, coba deh berpetualang ke Coban ini, pasti akan lebih seru dan menyenangkan. Ketika menjelajah ke sana, kamu akan menemui berbagai panorama alam yang cantik, mulai dari persawahan, sungai, hutan, lembah, dan lain sebagainya. Pemandangan alam sekitar yang indah selalu memanjakan mata kamu sob.

Sesammpainya di Coban Jidor, langsung deh bermain air di bawha derasnya guyuran air terjun. Rasanya sangat menyegarkan, dan tentunya selfie menjadi aktifitas yang tak terlupakan untuk mengabadikan moment spesial kamu di sana sob, hehe.

Bila kamu ingin berpetualang mengunjungi Coban Jidor, langsung saja menuju Tumpang, tepatnya di dusun Ngadisari. Jangan malu bertanya alamat dan petunjuk jalan pada warga sekitar sob, biar tidak sesat di jalan, hehe. Jangan lupa juga membawa bekal yang diperlukan, menggunakan alas kaki yang tepat, serta jangan sampai membuang sampah sembarangan, turut menjaga kebersihan lingkungan harus selalu tertanam pada jiwa para petualang sob, hehehe.


Top