Curug Tilu Leuwi Opat Parongpong Bandung Barat, Wisata Air Terjun Yang Sangat Mempesona

curug tilu leuwi opat

Curug Tilu Leuwi Opat

Bandung merupakan salah kota besar di Jawa Barat yang memiliki segudang daftar wisata alam yang mempesona. Terutama wisata Curug atau air terjun yang sangat banyak dimiliki Bandung. Nah, di kabupaten Bandung Barat ada sebuah Curug yang sangat menawan, sangat pas banget sebagai destinasi wisata saat liburan. Nama curug tersebut ialah Curug Tilu Leuwi Opat.

Akhir-akhir ini Curug Tilu Leuwi Opat cukup hits di kalangan wisatawan, dikarenakan memang foto-foto pemandangan air terjunnya yang indah tersebar di media sosial. Sehingga hal ini memicu penasaran bagi pengguna aktif medsos tersebut untuk berlibur ke wisata curug ini. Kondisi di kawasan curug ini benar-benar asri, sangat alami, dan sangat indah.

Suhu udara yang sejuk menjadikan sensasi tersendiri berada di sana. Tentunya sangat asyik buat ngadem bagi para pengunjung. Derasnya guyuran air terjun menjadi suguhan utama buat pengunjung yang merasa lelah setelah perjalanan. Sehingga membuat tak sabar untuk bermain air dibawah guyuran air terjun, tentu rasanya sangat menyegarkan.

Di wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini kamu tidak hanya menikmati keindahan alam dan kesegaran air terjun. Tetapi juga bisa menikmati permainan-permainan seru yang disediakan di sana, diantaranya seperti; body rafting, paintball, flaying fox, spider webhigh rope, nangkap ikan, dan lain sebagainya. Berbagai permainan tersebut tentunya semakin membuat kamu merasa asyik dan betah berlama-lama di sana.

Lalu mengapa curug ini diberi nama Curug Tilu Leuwi Opat? ya, Curug Tilu berarti tiga air terjun, sedangkan Leuwi Opat berarti sungai empat. Jadi, wisata curug ini merupakan wisata yang menggabungkan antara tiga air terjun, empat sungai, dan juga goa yang berada di kawasan seluas 5 hektar. Itulah keunikan dari curug ini, tentunya berbeda dari curug pada umumnya.

Tiga curug yang mengalir deras menjadikan pemandangan yang memanjakan mata, kamu tidak hanya asyik buat berbasah-basahan, tetapi juga keren banget sebagai background untuk berselfie ria. Adapun empat sungai bagus sebagai tempat alami yang melengkapi keindahan wisata ini, diantaranya ialah; leuwi Bagong, leuwi Gentong, leuwi Baeud, dan leuwi Kacapi. Sedangkan goa Lalay dan goa Toke semakin menambah kesan unik pada wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini.

Curug Tilu Leuwi Opat cocok banget sebagai tempat outbond, karena wisata ini juga menyediakan camp ground atau bumi perkemahan buat para pengunjung yang ingin bermalam di sana. Begitu banyak pemandangan indah dan permainan seru yang tersaji, pasti membuat pengunjung sangat puas bisa menghabiskan waktu liburan wisata ini.

Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat terletak di dusun Ciwangun, kelurahan Cihanjuang, kecamatan Parangpong, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasi tersebut tak jauh Cimahi, yang terkenal dengan wisata Curug Pelangi.

Rutenya, bila dari Cimahi, maka melewati jalan Kolonel Matsuri menuju Parongpong. Kemudian kamu akan menemukan gerbang wisata Ciwangun Indah Camp (CIC). Jarak dari gerbang tersebut sekitar 4 km, jalan masuk Curug Tilu Leuwi melalui gerbang CIC. Maka kamu jalan saja terus hingga menemukan gerbang masuk Curug Tilu Leuwi Opat .

Harga tiket masuk Curug Tilu Leuwi Opat ini Rp.10.000/orang, dengan harga tersebut kamu sudah bisa menikmati aneka suguhan alam yang sangat mempesona, terutama keindahan alam air terjun. Selain itu juga bisa mencoba merasakan berbagai permainan seru dan menyenangkan.

Fasilitas di Curug Tilu Leuwi Opat  cukup lengkap, mulai dari area parkir, toilet, tempat ibadah, warung makan, camp ground, dan berbagai wahana permainan. Jadi, kamu tidak usah khawatir bila membutuhkan fasilitas tersebut.

Bagaimana? tempatnya cukup menarik bukan? jika minat, segera diagendakan sob. Selamat menikmati liburan, hehe.