Gili Ketapang Probolinggo, Wisata Yang Asyik Untuk Finding Nemo Snorkeling

Jawa Timur memiliki ribuan daftar wisata alam yang sangat mempesona untuk dinimati wisatawan. Tidak hanya di Malang yang banyak pantai dengan pulau kecil yang indah, Probolinggo juga ternyata memiliki pulau mungil dengan pantainya yang sangat asyik untuk dinikmati. Gili Ketapang adalah nama kawasan pantai dengan pulau yang sangat eksotis sebagai tempat wisata yang sangat mengasyikkan.

Buat kamu yang berada di Jawa Timur khususnya di Probolinggo dan sekitarnya, belum keren bila belum mengunjungi wisata ini sob. Jangan hanya mengenal wisata gunung Bromo, banyak wisata lain yang sangat luar biasa untuk dinimati keindahannya, salah satunya Gili Ketapang Probolinggo ini.

Pulau Giliketapang menyimpan begitu banyak keindahan alam sob, sangat pas banget sebagai destinasi wisata saat liburan. Lokasi pulau Gili Ketapang ini sekitar 8 km dari lepas pantai utara Probolinggo, secara Administratif berada di selat Madura. Untuk dapat menguhubungkan pulau tersebut dengan pulau Jawa, maka menggunakan perahu Motor di pelabuhan Tanjung Tembaga dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit.

gili ketapang probolinggo, gili ketapang, gili ketapang snorkeling, gili ketapang finding nemo

Gili Ketapang Probolinggo, foto: @giliketapangsnorkeling

Luas pulau Gili Ketapang ini sekitar 68 hektar, dihuni sekitar 7.900 jiwa, sebagian besar bersuku Madura dengan bahasa sehari-hari adalah bahasa Madura. Sebagian besar penduduk setempat berprofesi sebagai nelayan, melaut dan saling bahu membahu menarik perahu.

Berdasarkan cerita dari warga setempat, dulunya pulau Gili Ketapang ini masih satu kesatuan dengan daratan di Probolinggo, yaitu masih dalam kawasan desa Ketapang, dan hanya dipisahkan oleh sebuah sungai. Namun, semenjak terjadinya gempa akibat dari meletusnya gunung Semeru menjadikan pulau ini semakin terpisah di tengah laut hingga 5 mil. Sehingga pulau yang terspisah tersebut di sebut pulau Gili Ketapang.

Sebelah selatan dan timur pulau ini terdapat hamparan pasir putih yang cukup luas, kondisinya belum begitu banyak sampah, sehingga kesan yang sangat alami begitu terasa di sana. Air laut yang cukup tenang di pinggir pulau Gili Ketapang ini menjadikannya sebagai wisata pantai yang asyik buat berenang dan menyelam menikmati segala pemandangan bawah laut yang sangat indah. Airnya sangat jernih, terlihat dengan jelas terumbu karang yang sangat menawan. Banyak juga segala jenis ikan hias cantik di perairan ini, salah satunya yaitu ikan warna warni yang populer dengan nama “Nemo”.

Finding Nemo Snorkeling menjadi kegitan yang istimewa bagi wisatawan, spot foto Finding Nemo di Gili Ketapang Probolinggo ini cukup banyak yang beredar di Instagram dan menjadi bahan perbincangan hangat. Sangat indah, apalagi bisa berselfie bersama ikan Nemo yang bagus banget, seperti di film loh, hehe. Inilah yang menjadikan wisatawan tertarik untuk mengunjungi wisata ini.

Susanana di wisata ini begitu tenang, sangat nyaman buat bersantai menikmati pemandangan pantai yang menawan. Air laut yang bening, terlihat berwarna biru karena kedalamannya. Ombak kecil turut menghiasi pemandangan pantai, sehingga tidak perlu takut untuk bermain Snorkeling.

Wisata Gili Ketapang ini masih termasuk dalam kawasan Probolinggo, tepatnya di desa Ketapang, kecamatan Sumberasih, kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Untuk penyeberangannya dimulai dari pelabuhan Tanjung Tembaga.

Berbagai fasilitas asyik tersedia di sana, mulai dari Camping Ground, Perahu, Guide Lokal, dan lain-lain. Di sana juga ada wisata Religi bernama Goa Kucing yang merupakan tempat pemakaman seorang ulama penyebar ajaran Islam di sana. Goa Kucing ini berbentuk rumah biasa, dan terdapat gambar kucing di bagian dinding depannya.

Untuk bisa Snorkeling di bawah laut, maka wisatawan harus reservasi terlebih dahulu. Mengingat bahwa kegiatan ini cukup beresiko dan butuh perlengkapan dan pengamanan yang tepat. Snorkeling di Gili Ketapang Probolinggo ini berawal dari pengelola setempat yang dasarnya memang hobi Snorkeling, kemudian mengunggah foto-foto kegiatan Snorkelingnya di Instagram. Nah, ternyata banyak juga pengguna aktif Instagram yang merespon positif, sehingga pengelola tersebut memutuskan untuk membuka trip khusus Snorkeling di perairan Gili Ketapang. Pasalnya, cukup monoton bila hanya liburan di pulau Giri Ketapang, sehingga tak sedikit wisatawan yang ingin menyaksikan pemandangan bawah laut yang luar biasa indahnya. Kegiatan Snorkeling tentunya lebih seru dan menantang.

Bagaimana? sekarang kamu sudah tahu kan wisata Gili Ketapang di Probolinggo ini? bila kamu ingin berlibur di sana dan bermain Snorkeling, maka segera agendakan sob. Penting, kamu harus selalu berhati-hati bila berwisata di kawasan perairan, apalagi bila belum bisa berenang. Selalu jaga kebersihan, dan jangan sampai membuang sampah sembarangan, okay? selamat liburan, hehe.


Top