Hutan Pinus Nongko Ijo Kare Madiun, Wisata Selfie Yang Kece dan Hits Banget

hutan pinus nongko ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo

Madiun kini mulai ngetrend dengan wisata barunya, dan memang baru-baru ini lagi hits banget wisata di Madiun yang ramai pengunjung. Wisata barunya ini berada di kawasan hutan pinus di kecamatan Kare yang bernama hutan pinus Nongko Ijo. Wisata tersebut menawarkan keindahan alam yang luar biasa, terutama pemandangan hutan pinus yang hijau dan rindang. Selain itu terdapat juga panorama sungai catur, dan juga ada agrowisata petik kakao.

Hutan pinus Nongko Ijo ini berada di kawasan lereng gunung Wilis, tepatnya terletak di dusun Mbonromo, desa Kare, kecamatan Kare, kabupaten Madiun, Jawa Timur. Hutan pinus tersebut dikelola oleh Perhutani, dan pohon pinus yang banyak itu ditanam sejak tahun 1981 yang masih berada di kawasan hutan lindung di petak 28 Resort Pengelolaan Hutan.

Awal mula mengapa hutan pinus tersebut diberi nama “Nongko Ijo”, karena dulunya pada awal penanaman pohon pinus, terdapat pohon Nongko Ijo yang besar di sekitar hutan. Sehingga, pada saat itu masyarakat sekitar menyebutnya sebagai hutan pinus Nongko Ijo hingga sekarang.

Perhutani bersama para pemuda yang mengelola kawasan hutan pinus ini menjadi sebuah tempat wisata yang nyentrik. Berbagai fasilitas foto yang kece telah dibuatnya, sehingga menjadikan daya tarik yang besar bagi para pengunjung, baik pengunjung lokal maupun dari luar daerah.

Di sana kamu tidak hanya dapat menyaksikan pemandangan hutan pinus yang hijau dan rimbun sob, tetapi juga dapat menikmati suguhan alam sungai yang nampak sangat menawan. Ini menjadi nilai tambahan untuk keindahan wisata. Juga ada bangunan kuno peninggalan zaman Belanda, tentunya ini menjadi wisata sejarah buat yang ingin mengetahui sejarahnya.

Berbagai spot foto gardu pandang menjadi spot yang paling digemari para remaja, tentunya berselfie menjadi aktivitas yang sangat favorit bagi mereka. Apalagi spot gardu pandang saat ini lagi ngehits banget di berbagai daerah, maka tak heran bila spot seperti ini sangat diminati pengunjung.

Pada saat liburan, banyak sekali pengunjung yang mendatangi wisata hutan pinus Nongko Ijo ini. Bahkan kabarnya, pengunjung bisa mencapai 5000 orang, luar biasa bukan? Padahal wisata ini tergolong wisata baru, tetapi sudah begitu banyak pengunjung yang antusias untuk berlibur di sana.

Hutan pinus di sana tinggi-tinggi dan sangat rindang, sangat nyaman buat ngadem sob. Suhu udara yang cukup sejuk bersama hembusan angin sepoi saat siang, menambah suasana semakin asri dan alami. Tentunya tempat ini sangat pas banget buat bersantai menghabiskan masa liburan kamu sob.

Di wisata hutan pinus ini juga tersedia tempat outbond atau bumi perkemahan, tak jarang ada komunitas yang camping di sana. Ada juga permainan flaying fox yang bisa kamu nikmati sob, tentunya permainan ini sangat seru dan memicu adrenalin.

Kamu tidak perlu khawatir akan fasilitas, karena di sana fasilitas yang tersedia cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, tempat ibadah, warung makan, gazebo, dan lain sebagainya. Bila kamu lapar, kamu dapat menikmati hidangan kuliner khas Madiun sob, mantab kan?

Kondisi lingkungan wisata yang bersih dan tersedia tempat sampah tentu menambah kenyamanan bagi para pengunjung. Kamu juga bisa membawa hammock untuk dipasang di pohon pinus, untuk bersantai menikmati teduhnya suasana dan indahnya pemandangan alam.

Jarak dari pusat kota menuju lokasi wisata, waktu tempuh perjalanan sekitar 40 menit. Kamu bisa menuju ke sana dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu Sepeda Motor maupun Mobil. Pemandangan sawah dan hutan akan selalu mengiringi perjalanan kamu sob, indah banget, sangat memanjakan mata. Kondisi jalan cukup bagus, dan ketika mendekati lokasi, jalan mulai menyempit, jadi kamu harus lebih berhati-hati.

Tempat parkir berada di halaman rumah warga, dan kamu harus berjalan kaki sejauh 100 meter untuk sampai lokasi. Masuk wisata hutan pinus Nongko Ijo tidak dikenai biaya retribusi sepeserpun sob, dan kamu hanya membayar biaya parkir sebesar Rp.3.000 untuk Sepeda Motor, dan Rp.5.000 untuk Mobil. Bila kamu ingin ke sana, langsung saja menuju ke desa Kare. Alamat wisata ini sudah tersedia di Google Map, jadi dengan bantuan GPS kamu tidak usah bingung untuk berangkat ke sana, hehe.

Bagaimana? biaya masuknya sangat murah sekali bukan? bila sudah masuk, kamu dapat menikmati pemandangan alam hutan pinus yang sangat menawan. Biasanya, para penghobi selfie langsung berburu foto di berbagai spot yang diinginkan, seperti; gardu pandang, panggung i love u, dan landscape hutan pinus yang sangat bagus untuk background selfie. Indahnya panorama hutan pinus ini mengingatkan pada hutan pinus Mangunan yang juga booming banget di Jogja.