Kebun Teh Nglinggo Samigaluh Kulon Progo dengan Spot Gardu Pandang Yang Hits

kebun teh nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke kawasan kebun teh sobat? bila belum, coba deh mampir di daerah Kulon Progo, di sana ada kebun teh Nglinggo yang sangat rimbun. Nampak jelas hamparan kebun teh berwarna hijau, biasanya saat pagi tak jarang orang-orang yang olahraga atau jalan-jalan sembari menikmati pemandangan kebun teh yang sangat menawan. Tentunya suasana di sana begitu sejuk, jadi pas banget buat berburu suasana dengan udara yang bersih dari polusi. Apalagi bila aktivitas sehari-hari kamu selalu di perkotaan, pastinya rasa penat dan bosan tak lepas dari hidup kamu bukan? Nah, saat liburan, coba deh mengunjungi kebun teh Nglinggo yang kini lagi ramai diperbincangkan di media sosial ini. Apa yang membuat kebun teh ini begitu istimewa? maka akan kami informasikan kepada sobat mengenai kelebihan dari kebun teh ini.

Kebun teh Nglinggo ini merupakan kawasan kebun teh yang cukup terkenal di Yogyakarta. Tak hanya dikenal warga lokal saja, tetapi banyak juga dari luar daerah, banyak yang berbondong-bondong untuk berkunjung di kebun teh ini. Apa istimewanya kebun teh Nglinggo ini sehingga menjadi daya tarik yang cukup besar bagi para pengunjung? kebun teh ini bukan hanya kebun teh biasa, tetapi juga memiliki berbagai kelebihan yang bisa dinikmati para pengunjung. Lokasinya yang berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian 800 meter dari permukaan laut menjadikan suhu udara di kawasan ini sangatlah sejuk. Wisata kebun teh Nglinggo ini membentang cukup luas di kawasan pegunungan Menoreh. Kamu dapat merasakan sensasi segaranya udara di sana, apalagi ketika pagi hari, maka udara terasa masih sangat sejuk, masih bersih dari polusi udara, sehingga membuat nyaman bagi para pengunjung.

Bila kamu ke sana, maka kamu akan menyaksikan pemandangan berupa hamparan kebun teh yang sangat luas. Nampak sangat menyegarkan, tentunya sangat memanjakan mata. Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat melihat panorama gunung yang sangat menawan. Uniknya, ada delapan gunung yang terlihat dari kawasan perkebunan teh Nglinggo ini, diantaranya adalah; gunung Merapi, Slamet, Merbabu, Ungaran, Prau, Sindoro, Sumbing, dan Telomoyo. Bila di bukit Klangon yang menjadi pemandangan utama adalah gunung Merapi, kalo di kebun teh ini kamu dapat memandangi semua gunung-gunung tersebut.

Salah satu keistimewaan dari kebun teh Nglinggo ini adalah terdapatnya spot gardu pandang yang bisa digunakan untuk menikmati panorama perbukitan yang begitu luas. Gardu pandang tersebut berada di ketinggian, dari atas nampak semua pemandangan alam sekitar, mulai dari hamparan kebun teh yang hijau mempesona, bentuk hamparan perkebunan yang berundak, terlihat cukup jelas gunung-gunung tinggi menjulang, dan juga nampak rumah-rumah pemukiman penduduk. Nah. yang paling jadi buruan bagi para pengunjung adalah agar bisa berselfie di atas gardu pandang ini. Meskipun model gardu pandangnya bermodel standar, tetapi berkombinasi dengan pemandangan alam di belakangnya yang sangat luar biasa tentu menjadi landscape foto yang bagus sekali. Begitu besarnya minat pengunjung untuk bisa berselfie di atas gardu pandang dengan gaya yang diinginkan memang lagi ngetrend banget di berbagai daerah. Terutama di daerah yang berada di kawasan perbukitan, contohnya saja seperti; Gumuk Sapu Angin wisata dengan gardu pandang andalan kabupaten Blitar. Lokasi gardu pandang ini berada di lokasi atas kebun teh Nglinggo. Pengunjung juga diperbolehkan untuk jalan-jalan menjelajahi perkebunan teh, asalkan tidak sampai mengotori atau merusak tanaman tehnya.

Kebun teh ini bila dipandang benar-benar nampak sangat mempesona bak permadani warna hijau yang menakjubkan. Kebun teh ini berada di kawasan perbukitan yang berundak, jadi untuk menuju ke sana diperlukan perjuangan yang cukup. Jalan yang dilalui sebagian besar adalah tanjakan, dan tak sedikit juga berupa bebatuan. Jadi, gunakan kendaraan yang pas untuk menuju lokasi. Di sana kamu tidak perlu khawatir kelaparan, kamu bisa jalan-jalan menikmati pemandangan kebun teh yang indah sembari mencari warung makan. Tak sedikit kok penjual minuman teh yang terbuat langsung dari teh asli, tanpa bahan pengawet. Ini tentunya bisa kamu nikmati secara langsung, karena jarang ada minuman teh yang murni seperti di sana.

Jalan di sekitar perkebunan teh ini sebagian besar masih berupa tanah liat. Ketika hujan, maka jalanan menjadi gembur dan becek. Jadi, memaksa kamu untuk lebih berhati-hati dan lebih bersabar saat berjalan di jalanan seperti itu. Namun, yang menjadi sebuah kenyamanan adalah suasana di sana sangat tenang, nyaman, dan pemandangan alam yang begitu menawan dapat kamu nikmati sepuasnya. Oiya, puncak kebun teh Nglinggo ini juga terkenal dengan nama puncak Kedeng Gunung Kukusan. Ini sekedar sebagai informasi tambahan, bila kamu bertanya kepada warga sekitar bisa juga menanyakan lokasi dengan nama tersebut, hehe.

Kebun teh Nglinggo ini tidak hanya pas buat wisata alam untuk menikmati pemandangan alam yang indah, tetapi juga cocok banget sebagai wisata edukasi mengenai berbagai hal yang bisa dipelajari di kawasan wisata kebun teh ini. Kamu dapat mempelajari cara bertani atau berkebun, beternak hewan, dan juga membuat minuman teh murni. Sebenarnya apa saja bisa kamu pelajari asalkan kamu lebih aktif dan selalu ingin tahu.

Dari puncak kebun teh, kamu juga dapat menyaksikan pemandangan sunset yang sangat eksotis saat sore. Bila merasa kemalaman, maka menginap di sana bisa menjadi opsi alternatif. Karea di sekitar wisata kebun teh Nglinggo ini terdapat penginapan yang telah disediakan buat para pengunjung yang ingin bermalam. Tentunya, berbagai fasilitas di penginapan cukup lengkap, dan juga dengan paket-paket yang ditawarkan. Bila kamu belum puas berwisata di kebun teh ini, maka kamu juga bisa mendatangi wisata lainnya di Kulon Progo. Adapun beberapa wisata di Kulon Progo yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata selanjutnya, diantaranya adalah; puncak Kleco, taman bambu air Sermo, dan juga wisata Kalibiru.

Agar kamu bisa lebih puas menikmati pemandangan alam di wisata kebun teh Nglinggo, sebaiknya berangkat ke sana sejak pagi. Saat pagi sensasi dinginnya udara akan sangat sejuk, terasa begitu asri dan alami. Bila cuaca terang, maka panorama delapan gunung akan terlihat lebih jelas. Wisata ini cocok banget buat ngadem, dan merileksasikan diri agar badan dan pikiran menjadi lebih fresh.

Lokasi kebun teh Nglinggo ini terletak di dusun Nglinggo, desa Pagerharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Kebun teh ini berada di sebelah barat Yogyakarta, tepatnya di kawasan perbukitan Menoreh. Alamat tersebut sudah ada di google, jadi bila kamu menggunakan bantuan GPS sebagai alat pemandu jalan, maka coba searching alamat tersebut di Google, kamu akan menemukannya.

Rute menuju lokasi dari pusat kota Jogja melewati jalan Godean menuju Kulon Progo dengan jarak tempuh sekitar 18 km. Setelah melewati jembatan Kulon Progo, kamu akan menemui lampu merah. Selanjutnya ambil arah ke kanan dan ikuti jalan sejauh 18 km sampai menemukan lampu merah berikutnya atau perempatan Dekso. Setelah itu ambil arah ke kiri sejauh 10 km sampai kamu menemukan pasar Plono, dan di sana ada papan petunjuk menuju kebun teh Nglinggo. Ikuti saja sesuai petunjuk jalan tersebut. Sesampainya di gerbang masuk kebun teh, kamu akan dikenai biaya retribusi hanya Rp.3.000/orang. Murah sekali kan?

Bagaimana? tertarik untuk liburan asyik di wisata kebun teh Nglinggo? bila berminat segera agendakan sob. Ajak orang terdekat kamu untuk seru-seruan di sana.