Pantai Torohudan, Pantai Mungil Nan Indah

In Explore Jogja 22 views

Gunung Kidul merupakan kabupaten di Yogyakarta yang kaya akan wisata pantainya. Kemarin Pantai Wohkudu menjadi perbincangan di kalangan pengguna aktif medsos berkat pesona keindahannya yang luar biasa, di sisi lain pantainya tak begitu luas dan juga diapit oleh dua tebing besar. Kini Gunung Kidul kembali menjadi perbincangan karena telah menyuguhkan wisata Pantai Torohudan, cukup mungil namun memiliki pesona yang luar biasa, dan tak kalah cakepnya dengan pantai Wohkudu.

Pantai Torohudan menyajikan pemandangan pantai yang sangat indah, nampak jelas birunya warna air laut, serta hamparan bibir pantai yang dipenuhi dengan pasir putih. Di sekitar bibir pantai juga ditumbuhi tanaman hijau, ini menjadikan hiasan tersendiri di pantai ini. Pantai Torohudan ini dikenal sebagai pantai yang mungil karena memang hamparan bibir pantai yang tidak begitu luas, sehingga landscape pantainya nampak mungil. Meskipun begitu, pemandangannya sangat indah.

Nama Pantai Torohudan berasal dari bahasa Jawa yaitu “Pantao Tro Udan”. Pantai ini masih sangat bersih dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Sehingga suasana alami benar-benar terasa, berbeda halnya dengan pantai populer lainnya. Pantai ini juga agak mirip dengan pantai Wohkudu, yaitu diapit oleh dua bebatuan besar yang berwarna hijau karena ditumbuhi semak belukar. Tetapi bebatuan tersebut tak setinggi bebatuan di pantai Wohkudu.

pantai torohudan, pantai torohudan jogja, pantai torohudan gunung kidul

Pantai Torohudan Gunung Kidul, foto: @norel08

Pantai Torohudan ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi pantai ini dekat dengan pantai Ngrenehan, dan juga berjarak ratusan meter dari pantai Ngobaran. Bila menuju ke sana, kamu akan melewati kawasan perkebunan milik para petani, akses jalan yang dilalui cukup terjal dan menantang. Maka, sangat cocok bila Pantai Torohudan ini sebagai destinasi wisata bagi para pengunjung yang hobi berpetualang. Meskipun lelah di perjalanan, tetapi sesampainya di pantai ini, maka rasa lelah akan dibayar dengan pesona pantai yang sangat luar biasa. Indahnya panorama pantai benar-benar menakjubkan.

Sesampainya di Pantai Torohudan, kamu bisa langsung bersantai di sekitar pantai. Deburan ombak yang terus bergantian, dan suaranya cukup berisik. Tentu suasana ini benar-benar berbeda dari kebisingan suara mesin di perkotaan. Tentunya kamu akan merasakan ketenangan dan kesenangan bisa menimati indahnya pantai, sangat alami, sangat nyaman, dan bikin betah berlama-lama di sana.

Pantai Torohudan belum begitu dikenal wisatawan, jadi fasilitas yang ada di sana juga masih kurang. Jadi, bila kamu berniat untuk berangkat ke sana, maka harus mempersiapkan segala perbekalan, mulai dari makanan dan minuman, baju ganti, tenda (bila perlu), dan lain sebagainya. Area bibir pantai yang nyaman, pas banget buat camping dan bersantai untuk menikmati pemandangan pantai yang sangat mempesona.


Top