Sumber Jenon Malang, Tempat Pemandian di Sumber Air Yang Sangat Jernih

In Explore Jatim 15 views

Malang memang menyimpan berbagai pesona alam yang luar biasa, mulai dari keindahan pantai, coban, dan juga sumber air pemandian. Malang menjadi kawasan strategis wisata, mengingat berada di dataran tinggi yang dikelilingi dengan gunung-gunung. Tentunya suhu udara yang sejuk menjadi salah satu faktor yang menjadikan rasa nyaman berada di Malang. Selain itu, pemandangan alam sekitar yang nampak sangat indah selalu memanjakan mata. Sehingga, wajar sekali bila Malang sebagai kota yang sejuk, indah, dan sangat pas untuk berwisata.

Banyak sekali tempat wisata di Malang yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan. Namun, bagi sebagian wisatawan bahwa wisata yang sudah populer itu sensasinya kurang greget alias mainstream. Sehingga tak sedikit yang menginginkan suasana baru yang benar-benar berbeda. Tentunya wisata antimainstream yang belum banyak terjamah manusia, tentu terasa lebih asri dan alami banget. Nah, Sumber Jenon merupakan salah satu wisata pemandian yang masih sangat alami dan belum banyak dikenal wisatawan. Maka, cocok bangut buat liburan seru antimaintream.

Nama Sumber Jenon mungkin terdengar cukup asing ditelinga kamu sob, tetapi tahukah kamu bahwa sumber air ini benar-benar jernih. Tntunya asyik banget buat mandi, apalagi bila siang hari panasnya Matahari sudah terasa banget di badan, maka sungguh sangat menyegarkan bila menyeburkan badan di sumber air ini sob. Jarang-jarang loh ada sumber air yang jernih, apalagi Malang kondisinya sejuk, maka berenang di Sumber Jenon tentu rasanya cukup dingin penuh sensasi sob.

sumber jenon, sumber jenon tajinan, sumber jenon malang

Sumber Jenon Malang, foto: @novanirza

Mata air yang jernih banget cocok banget buah berenang-renang sepuasnya tanpa takut menjadi keruh. Berbeda bila berenang di sungai biasa yang banyak lumpurnya, maka tergoyang sedikit maka air berubah jadih keruh. Nah, Sumber Jenon ini merupakan tempat pemandian yang pas banget buat liburan kamu sob. Di sana kamu tidak hanya bisa menikmati beingnya sumber air, tetapi juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang hijau dan alami. Asyik banget tentunya buat refresing, apalagi bila kamu sehari-harinya disibukkan dengan kegiatan di perkotaan yang cukup penat.

Sumber Jenon ini terletak di desa Gunungronggo, kecamatan Tajinan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Berendam di Sumber Jenon ini rasanya begitu menyegarkan badan sob, karena sumber airnya sendiri berasal dari pegunungan di kaki gunung Ronggo.

Sumber Jenon ini cukup dalam, yaitu dengan kedalaman mencapai 5 meter. Meskipun cukup dalam, tetapi nampak sangat jernih, terlihat akar-akar dari pepohonan raksasa, serta banyak juga ikan-ikan yang lalu lalang menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Dari luar, Sumber Jenon ini nampak unik, yaitu warna airnya hijau kebiruan. Tempat ini pas juga sebagai spot untuk berburu foto-foto keren, di sana kamu bisa berselfie sembari menikmati jernihnya sumber air bersama ikan-ikan Sengkaring berukuran 170 cm besarnya indukan, dan 50 cm anakannya.

Bila kamu ingin berlibur ke sana, maka bisa menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Oh iya, di Malang juga ada sumber air lain yang tak kalah jernih, namanya Sumber Sirah yang berlokasi di kecamatan Gondanglegi, Malang. Tentunya bisa juga menjadi opsi liburan kamu selanjutnya.


Top