130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

46. Wendit Waterpark

wendit waterpark

Wendit Waterpark

Malang memang lengkap banget ya wisatanya, paling banyak adalah wisata alamnya yang indah. Nah, sekarang wisata pemandian yang asyik banget untuk berbasah-basahan. Wendit Waterpark menawarkan wahana air yang asyik banget buat liburan, tidak hanya suhu udaranya yang sejuk, tetapi juga airnya sangat menyegarkan badan.

Sebenarnya wisata Wendit Waterpark ini awalnya adalah tempat pemandian tradisional, dan kini diubah menjadi lebih modern dan dilengkapi dengan berbagai permainan seru, seperti; waterboom, perahu dayung, worm coaster, bom-bom car, ATV, flaying fox, kolam pemancingan, dan lain sebagainya.

Harga tiket masuk wisata Wendit Waterpark ini Rp.15.000/orang. Lokasinya terletak di desa Mangliawan, kecamatan Pakis, kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kolam di sana dibedakan, untuk anak-naka dan orang dewasa, kondisi airnya sangat alami karena langsung dari sumber air pegunungan. Saat cuaca panas mulai terasa, maka asyik sekali bila menghabiskan liburan dengan berendam di telaga Wendit ini.

47. Rafting Kaliwatu

Khusus buat kamu yang pengen seru-seruan, rafting Kaliwatu sepertinya cocok tuh. Bila wisata permainan pada umumnya adalah hasil buatan manusia, kalo rafting Kaliwatu ini langsung dari alam. Pas banget buat menguji adrenalin kamu sob.

rafting kaliwatu

Rafting Kaliwatu

Rafting Kaliwatu merupakan kawasan rafting paling populer di Batu – malang, banyak kok wisatawan dari luar kota yang mencoba permainan seru satu ini. Aliran sungai rafting Kaliwatu ini sangat deras, dan rutenya benar-benar menguji nyali. Banyak bebatuan yang menjadi rintangan, baik batu kecil maupun besar sekalipun.

Harga rafting per orangnya Rp.180.000, dan sebelum mencoba permainan yang menegangkan ini, para pemain diberi arahan terlebih dahulu mengenai kiat-kiat arung jeram, wajib memakai sefty seperti helm, pelampung, dan tips mendayung yang tepat.  Dengan harga tersebut, tersedia fasilitas antara lain; snack, makanan dan minuman, peralatan rafting (dayung, pelampung, dan helm), briefing, pengarungan sepanjang 7 km, rufting guide, dan lain-lain. Lokasi rafting Kaliwatu ini terletak di kelurahan Pandan Rejo, kecamatan Bumiaji, kota Batu, Jawa Timur.

48. Candi Singosari

Bila sebelumnya telah kami sebutkan berbagai wisata alam, permainan seru, museum, dan lain-lain. Tak ketinggalan juga dengan wisata sejarah, salah satunya yaitu Candi Singosari. Candi Singosaru merupakan candi Hindu – Budah peninggalan kerajaan Singosari. Candi Singosari ini ditemukan pada tahun 1800 – 1850 oleh Belanda, berbentuk menyerupai menara dengan ketinggian 15 meter.

candi singosari

Candi Singosari

Kini candi Singosari menjadi obyek wisata sejarah yang bagus sekali, kamu dapat menyaksikan bangunan unik dan bersejarah ini. Berada di kawasan dengan pemandangan yang indah, sehingga semakin menambah minat wisatawan untuk mengunjunginya, sekaligus refresing menikmati pesona alam sekitar yang mempesona.

Lokasi candi Singosari ini cukup strategis, jarak dari kota Malang hanya 10 km saja. Alamatnya di desa Candirenggo, kecamatan Singosari, kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk harga tiket masuknya dibedakan, yaitu Rp.5.000 untuk dewasa, dan Rp.3.500 untuk anak-anak.

49. Coban Jahe

Coban Jahe merupakan salah satu wisata air terjun yang lokasinya tersembunyi. Bisa dibilang coban ini tak begitu populer, berbeda dengan beberapa coban di atas, seperti; coban Talun, coban Rais, coban Rondo, dan lain-lain. Coban Jahe ini karena pengunjungnya masih sangat sedikit, sehingga sensasi naturalnya masih sangat terjaga.

coban jahe

Coban Jahe

Pohon-pohon hijau yang sangat rindang berada di sekitar coban Jahe, ditambah lagi dengan banyaknya bebatuan yang besar di sana. Tentu ini samakin menambah alami wisata air terjun ini. Sebagian besar wisatawan menyebut coban Jahe sebagai coban antimainstream, karena kondisinya yang masih bersih dan alami. Belum ada fasilitas yang mumpuni di sana, serta beum nampak sampah-sampah dari para pengunjung. Selain itu, akses jalan menuju ke lokasi cukup menantang, sheingga menambah kesan seru perjuangan menggapai coban Jahe.

Rp.5.000 adalah harga tiket masuk coban Jahe ini. Sedangkan lokasinya terletak di desa Pandansari Lor, kecamatan Jabung, kabupaten Malang, Jawa Timur. Juga dikenai biaya parkir Rp.2.000 untuk kendraan roda dua, dan Rp.5.000 untuk kendaraan roda empat.

50. Pemandian Kalireco

Wisata pemandian memang asyik banget sob, sebagian besar wisatawan sangat menyukai basah-basahan, apalagi bila dalam kondisi lelah dan kepanasan sehabis perjalanan jauh menuju ke lokasi wisata, tentunya bermain air menjadi kegiatan yang sangat menyegarkan.

pemandian kalireco

Pemandian Kalireco

Lagi-lagi Malang memiliki wisata pemandian yang asyik banget buat refresing, namanya adalah pemandian Kalireco. Pemandian ini saat liburan selalu didatangi wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah. Karena memang kondisinya masih sangat alami, dan nyaman banget buat bermain air.

Pemandian Kalireco ini masih berada di kawasan Lawang, seperti halnya dengan pemandian sumber Krabyakan. Sebenarnya pemandian Kalireco ini bukanlah tempat wisata, namun karena sumber airnya yang jernih, disertai dengan pemandangan sekitar yang sangat indah, menjadikaan daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Wisata pemandian Kalireco ini cocok banget buat para petualang, karena perjalanan menuju ke lokasi akan sangat menarik. Pemandangan alam yang mempesona selalu memanjakan mata. Karena belum disermikan oleh pemerintah setempat, maka harga tiket masuknya gratis. Alamatnya di Jl. Sumber Waras 2 No.97, desa Kalirejo, kecamatan Lawang, kabupaten Malang, Jawa Timur.