130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

51. Wisata Songgoriti

wisata songgoriti

Wisata Songgoriti

Wisata Songgoriti ini berada di kawasan Batu, sangat cocok sebagai tempat rekreasi untuk keluarga. Songgoriti ini tergolong wisata yang sudah ada sejak lama, wisata ini menyuguhkan pemandangan taman-taman yang indah, dilengkapi dengan berbagai properti unik. Selain itu, di sana juga ada kolam renang buat wisatawan yang hobi berenang.

Di samping wisata Songgoriti, terdapat pasar Songgoriti yang ramai pengunjung. Menyediakan berbagai oleh-oleh khas Malang, mulai dari aneka kuliner, souvenir, tanaman dan bunga-bunga, dan lain sebagainya. Songgoriti juga menyuguhkan pemandian air panas dengan pemandangan alam yang sangat menawan.

Wisata Songgoriti ini terletak di Jalan Arumdalu, desa Songgokerto, kecamatan Batu, Jawa Timur. Untuk bisa memasuki wisata Songgoriti, maka harus membayar tiket terlebih dahulu seharga Rp.15.000/orang. Akses jalan menuju ke lokasi lancar jaya,  karena letaknya yang strategis, dan menuju ke lokasi bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil. Di sana juga banyak kok tempat penginapan, jadi tidak perlu khawatir bila ingin bermalam di sana.

52. Coban Tundo

Satu lagi nih wisata air terjun yang masih sangat alami, karena belum banyak orang yang mengetahuinya. Coban Tundo ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri, yaitu air terjun yang deras tersebut ditampung kedung atau kolam, sehingga airnya banyak yang menggenang. Maka, tentu menjadikan wisata ini semakin asyik untuk bermain air, bila membawa pelampung, maka sangat seru bila di pakai di genangan air tersebut.

coban tundo

Coban Tundo

Adanya genangan air yang lumayan dalam, disertai dengan guyuran air terjun yang sangat deras, tentunya juga patut menjadi kewaspadaan bagi pengunjung, terutama yang belum bisa berenang. Alangkah baiknya bila tidak memaksakan diri berenang di dalam genangan tepat di bawah guyuran air terjun yang deras.

Pemandangan alam coban Tundo ini sangatlah mempesona, terdapat banyak sekali rerumputan hijau yang tumbuh di sekitar tebing yang menjadi dinding sekitar air terjun. Tidak hanya itu, bila cuaca cerah, maka landscape coban Tundo berkombinasi dengan pemandangan langit biru, nampak sangat menakjubkan.

Lokasi coban Tundo ini terletak di desaTambakasri, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Pengunjung yang masuk wisata ini akan dikenai biaya tiket Rp.5.000/orang.

53. Pasar Apung Nusantara

Pasar Apung yang berada di Batu ini kini menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun luar kota. Pasalnya, wisata pasar Apung ini menawarkan pemandangan yang unik banget, yaitu sebuah pasar yang mengapung di atas air. Pasar apung ini menyajikan berbagai kuliner khas daerah, tidak hanya masakan khas Batu dan Malang saja, tetapi banyak juga masakan luar daerah seperti; Jawa Tengah, Madura, Betawi, dan lain sebagainya.

pasar apung nusantara

Pasar Apung Nusantara

Pengunjung yang ingin mencari oleh-oleh, maka banyak juga souvenir khas Batu tersedia di sana. Selain itu, pengunjung juga dapat naik perahui dengan harga Rp.10.000 untuk menikmati indahnya pemandangan pasar Apung. Pemandangan malam pasar apung ini juga bangus banget loh, kerlap-kerlip lampu pasar nampak sangat eksotis.

Pasar Apung ini masih satu kawasan dengan wisata museum Angkut, tepatnya berada di pintu masuk atau di antara parkiran museum Angkut. Karena berada di luar sebelum memasuki wisata museum Angkut, maka masuk pasar Apung ini tidak dipungut biaya.

54. Museum Topeng

Setelah mengelilingi wisata museum Angkot dan pasar Apung, lebih asyik lagi dengan dilanjutkan mengunjungi museum Topeng. Museum Topeng ini menyajikan sekitar 2.000 topeng khas berbagai daerah di penjuru Indonesia. Tidak hanya itu saja, di sana juga ada barang-barang antik peninggalan zaman prasejarah hingga kerajaan Mojopahit, diantaranya seperti; keris, patung, Al-Quran berusia ratusan tahun, dan lain sebagainya.

museum topeng

Museum Topeng

Topeng dan benda-benda antik yang dipamerkan di sana, merupakan benda yang didapatkan langsung dari para kolektor. Tentu barangnya asli dan bernilai sejarah. Untuk lokasinya, masik sekitar kawasan museum Angkut dan pasar Angkut. Harga tiket masuknya pada hari senin sampai kamis Rp.25.000/orang, sedangkan pada hari libur harga tiket naik menjadi Rp.30.000/orang.

55. Kampung Keramik Dinoyo

Nah, ini dia wisata kampung keramik Dinoyo yang cocok banget sebagai wisata belanja, khususnya buat yang ingin membeli oleh-oleh berupa souvenir dengan harga yang murah. Harganya murah karena dijual langsung oleh pengrajinnya. Uniknya, sebagian besar warga kampung ini pekerjaannya adalah pengrajin keramik. Sehingga pantas bila kampung di Dinoyo ini disebut sebagai kampung keramik.

kampung keramik dinoyo

Kampung Keramik Dinoyo

Beragam souvenir yang terbuat dari bahan keramik dijual di sana, mulai dari souvenir pot, patung, gelas, piring, asbak, dan lain-lain dengan berbagai model yang sangat unik, lengkap banget deh pokoknya. Kualitasnya juga tak kalah dengan barang impor. Perlu sobat ketahui, bahwa kampung keramik Dinoyo ini sudah ada sejak lama loh, yaitu sejak tahun 1957. Buat kamu yang ingin mengunjungi kampung Keramik ini, maka langsung saja menuju ke lokasi. Alamatnya di Jl. MT. Haryono XIII No. 450, Dinoyo, kecamatan Lowokwaru, kota Malang, Jawa Timur.