130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

61. Agro Tawon (Wisata Panen Madu)

wisata panen madu

Wisata Panen Madu

Buat kamu yang penasaran dengan agrowisata yang satu ini, maka langsung saja menuju desa Bedali, kecamatan Lawang, kabupaten Malang, Jawa Timur. Menyaksikan kegiatan memanen madu tentu menjadi moment edukasi buat kamu yang mungkin belum mengetahui sebelumnya.

Di wisata Agro Tawon ini madu langdung dipanen dari sarangnya, dan setiap sarang dihargai sekitar Rp.10.000 hingga Rp.20.000. Kamu juga bisa menimati kok aneka minuman dari bahan madu, diantaranya seperti; es madu, jus madu, jus durian madu, dan lain-lain.

Ya, kita tahu bahwa madu memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan tubuh manusia. Jadi, bila kamu berminat, maka langsung saja diagendakan untuk berangkat ke sana saat liburan. Jarak dari pasar Lawang (jalur utama Malang – Surabaya) hanya sekitar 1 km.

62. Pantai Clungup

Pantai Clungup merupakan salah satu pantai di Malang yang memiliki panorama alam yang sangat luar biasa. Bahkan banyak yang bilang bahwa pantai Clungup ini adalah pantai Raja Ampatnya Malang, hehe. Ya meskipun tak sepopuler pantai di Raja Ampat, tetapi pesona keindahan pantai ini tak kalah kok.

pantai clungup

Pantai Clungup

Pantai Clungup masih termasuk dalam kawasan konservasi Sendang Biru, tepatnya di desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermaning Weta, kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju ke sana kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, hanya saja untuk roda empat jarak parkirnya lebih jauh, dan harus berjalan kaki hingga sampai lokasi.

Harga tiket masuk pantai Clungup sebenarnya gratis, hanya saja umumnya pengunjung memberikan donasi sebesar Rp.6.000 per orangnya, itu saja udah termasuk murah. Pengunjung juga membayar biaya parkir sebesar Rp.3.000. Rute yang bisa ditempuh dari kota Malang menuju ke lokasi, maka melewati kecamatan Bululawang – kecamatan Turen – kecamatan Sumbermanjing Wetan. Alamat tersebut sudah tercatat dalam Google Map, ini tentu sangat berguna sebagai petunjuk jalan bila menggunakan GPS.

63. Teluk Kletekan

Menikmati liburan dengan menyelam di dalam air yang sangat jernih tentu sangat menarik. Teluk Kletekan menjadi tempat yang pas untuk menikmati sensai segarnya air pantai yang bening dan alami. Selain kondisi airnya yang jernih, juga dihiasi batu karang lengkap dengan iklan hias berwarna-warni.

teluk kletekan

Teluk Kletekan

Kedalaman teluk Kletekan ini mencapai 4 – 8 meter, tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam. Jadi, kamu bisa menikmati pemandangan bawah air dengan bermain Snorkeling. Mengabadikan moment Snorkeling di bawah air bersama ikan-ikan cantik tentu menjadi sangat spesial.

Sebenarnya teluk Kletekan ini masih satu jalur dengan pantai Bolu-Bolu. Jadi masih satu paket, untuk menyewa perahu menuju ke pantao Bolu-Bolu maupun teluk Kletekan harus menyewa perahu dengan biaya Rp.50.000.

64. Bendungan Karangkates

Bendungan Karangkates juga menjadi obyek wisata yang menarik di Malang. Di sana kamu bisa menyaksikan pemandangan danau yang menawan, memancing ikan, naik perawu yang disewakan, dan lain-lain. Selain sebagai tempat wisata yang murah, bendungan Karangkates ini dimanfaatkan sebagai PLTA.

bendungan karangkates

Bendungan Karangkates

Beberapa fasilitas menarik disediakan di sana, mulai dari tempat pemancingan ikan, lapangan tenis, dan lapangan golf. Lokasi wisata bendungan Karangkates ini terletak di desa Karangkates, kecamatan Sumberpucung, kabupaten Malang, Jawa Timur.

65. Pantai Kondang Merak

Malang Selatan memilik daftar pantai yang banyak sekali, tidak hanya pantai Bajul Mati, pantai Sendang Biru, pantai Tiga Warna, pantai Balekambang, pantai Ngliyep, dan lain sebagainya. Satu lagi nih pantai yang tak kalah cakepnya dengan daftar pantai-pantai tersebut, namanya adalah pantau Kondang Merak.

pantai kondang merak

Pantai Kondang Merak

Keindahan pantai Kondang Merak tidak diragukan lagi, pantai Kondang Merak cukup populer di kalangan warga sekitar. Pantai ini bibir pantainya dipenuhi dengan pasir putih, dari kejauhan nampak hamparan luas berwarna putih. Lokasi pantai Kondang Merak ini terletak di desa Sumberbening, kecamatan Bantur, kabupaten Malang, Jawa Timur.

Jika anda sudah sampai kawasan Gondanglegi, tinggal ikuti arah menuju pantai Balekambang. Pantai Kondang Merak jaraknya cukup dekat dengan pantai Balekambang. Kamu bisa bertanya pada warga sekitar, bisa juga dengan memanfaatkan GPS dengan mengacu pada peta Google.

Harga tiket masuk pantai Kondang Merak cukup terjangkau, hanya Rp.5.000 per orang. Kamu juga akan dikenai biaya parkir Rp.5.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp.7.000 untuk kendaraan roda empat. Awal mula dinamai pantai Kondang Merak, karena dulunya pada tahun 1980-an, pantai ini dihui oleh burung Merak yang banyak sekali jumlahnya.