130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

66. Pantai Jonggring Saloko

pantai jonggring saloko

Pantai Jonggring Saloko

Pantai Jonggring Saloko adalah salah satu dari sekian banyak daftar pantai di Malang yang menyuguhkan panorama pantai yang luar biasa. Ini merupakan pantai yang jarang didatangi wisatawan, maka kebersihan dan kealamiannya masih benar-benar terjaga.

Pantai Jonggring Saloko memiliki keunikan, yaitu semburan air laut yang cukup keras membentur batu karang, sehingga menimbulkan bunyi “brosssshh”. Akses jalan menuju ke lokasi cukup sulut dan berkelok, maka tak heran bila pantai ini masih jarang didatangi pengunjung.

Lokasi pantai Jonggring Saloko terletak di desa Mentraman, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak dari kota Malang sampai lokasi sekitar 69 km. Fasilitas di pantai ini masih sangat minim, dan belum ada penjual makanan di sekitar lokasi.

67. Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang cakep di Malang Selatan. Pantai ini patut dikunjungi wisatawan, karena memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa. Keindahan pantai Kondang Iwak tak kalah cantiknya dengan pemandangan pantai Tiga Warna maupun pantai Bajul Mati.

pantai kondang iwak

Pantai Kondang Iwak

Meskipun pengunjung yang mendatangi pantai Kondang Iwak tak seramai pantai Balekambang maupun pantai Ngliyep, namun panorama alamnya tak kalah mempesona. Bila kamu berada di pantai ini, kamu akan merasakan betapa luar biasanya berada di sana, seakan-akan seperti berada di pantai di Bali.

Pantai Kondang Iwak memiliki keunikan, yaitu terdapat batu karang yang besar, sehingga bila melihat sekilas seperti pantai Papuma Jember. Pasir putih yang berada di bibir pantai terasa lembut dikaki, dan menjadi penghias landscape pantai.

Pantai Kondang Iwak terletak di dusun Sumberpucung, desa Tulungrejo, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak lokasi pantai dari kota Malang sekitar 70 km, dan kamu bisa menuju ke lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor maupun mobil.

68. Coban Jodo

Ini dia salah satu wisata air terjun di Malang yang memiliki keunikan dan cukup hits di media sosial berkat foto-foto pemandangannya yang sangat indah. Saat ini coban Jodo masih dalam taham pengembangan, jadi fasilitas belum begitu mumpuni.

coban jodo

Coban Jodo

Mengapa dinamai coban Jodo, dikarenakan ada sepasang air terun yang mengalir dalam satu lokasi. Hal inilah yang mendasari masyarakat setempat menyebutnya dengan coban Jodo. Lokasi coban Jodo terletak di dusun Bendolawang, desa Ngadirejo, kecamatan Jabung, kabupaten Malang, Jawa Timur.

Harga tiket masuk wisata coban Jodo sebesar Rp.5.000/orang. Murah sekali bukan? hanya dengan Rp.5.000 kamu sudah bisa menikmati air terjun dan pemandangan alam yang mempesona di sana.

69. Pantai Modangan

Pantai Modangan kini termasuk salah satu pantai yang lagi naik daun di kalangan wisatawan. Pantai Modangan sebelumnya tak begitu dikenal, dan setelah foto pemandangannya banyak yang diupload di sosial media, kini menjadikannya mulai dikunjungi wisatawan.

pantai modangan

Pantai Modangan

Meskipun namanya tak setenar pantai Ngliyep maupun pantai Balekambang, tetapi panorama alamnya tak kalah ciamik sob. Pantai Modangan cocok banget sebagai destinasi bagi para pecinta wisata antimainstream, karena pantai ini masih sangat alami.

Belum ada fasilitas yang mumpuni di kawasan pantai ini, jadi bila kamu berniat untuk liburan di sana maka sebaiknya mempersiapkan perbekalan dari rumah. Pantai Modangan saat ini telah tersedia gardu pandang model “I Love U” yang mirip dengan prodperti di Garden Flower Coban Rais. Dan kawasan tersebut menjadi salah satu kawasan favorit untuk bermain paralayang.

Jadi, buat kamu yang bingung mau liburan ke mana, maka pantai Modangan bisa menjadi pilihan yang bagus. Kamu tudak hanya bisa menikmati keindahan pantai, tetapi juga bisa mencoba paralayang untuk mengunji adrenalin kamu sob, hehe.

Pantai Modangan ini lokasinya terletak di dusun Kalitekuk, desa Sumberoto, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Belum ada biaya retribusi yang dikenakan pengunjung, karena memang wisata ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat.

70. Candi Badut

Buat kamu yang lagi mencari obyek wisata murah tetapi terkndung nilai sejarah, maka Candi Badut bisa menjadi pilihan. Candi Badut terbuat dari batur andesit, dan dibangun setinggi 2 meter. Di bagian depan batur candi ini terdapat tulisan huruf jawa hanacaraka, dan dinding candinya juga terdapat lukisan atau relief burung-burung.

candi badut

Candi Badut

Candi Badut ditemukan pada tahun 1921, dan digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu. Biasanya untuk memperingati tahun baru Saka, maka umat Hindu mengadakan upacara Ngembak Geni. Meskipun ukurannya terbilang kecil, tetapi nilai sejarahnya begitu kental.

Buat kamu yang ingin berwisata mempelajari sejarah candi ini, maka bisa langsung mengunjunginya. Rute menuju ke lokasi juga tak begitu sulit. Dari jalan raya Bendungan Sutami lurus ke arah selatan, selanjutnya ada papan petunjuk di sebelah kanan jalan, ikuti saja sampai ke lokasi. Alamat lengkapnya: jalan Candi 5D, Karangwidoro,  Malang, Jawa Timur.