130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

71. Waduk Andeman

waduk andeman

Waduk Andeman

Waduk Andeman adalah wisata pemandian yang cukup istimewa dibandingkan dengan tempat pemandian lainnya. Waduk ini berada di kawasan hutan Bambu, tentu pengunjung tidak hanya merasakan kesegaran bila mandi di sana, tetapi juga merasakan sensasi yang berbeda, yakni dapat memandangi panorama alam yang sangat mempesona. Banyak sekali pepohonan hijau yang mengelilinginya, dan juga airnya pun sangat jernih, masih sangat alami dan membuat betah berlama-lama di sana.

Wisata Andeman ini luasnya mencapai 5 hektar, kondisi udara di sana sangat sejuk. Tentu sangat pas banget sebagai tempat untuk merileksasikan diri. Hutan Bambu yang berisikan ribuan pohon bambu bisa menjadi background selfie yang kece sob. Wisata waduk Andeman ini terletak di desa Sanan Kerto, kecamatan Turen, kabupaten Malang, Jawa Timur. Fasilitas yang tersedia cukup mendukung, seperti; kamar mandi / kamar ganti, dan juga toilet. Pengunjung juga dapat mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu yang disewakan di sana.

72. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise adalah wisata paling baru di Malang. Baru-baru ini Malang Night Paradise menjadi bahan pembicaraan asyik di sosmed, foto-fotonya yang beredar di sana memang sangat keren, maka wajar bila dikomentari banyak orang.

malang night paradise

Malang Night Paradise

Wisata Malang Night Paradise ini berkonsep wisata malam dengan menyuguhkan berbagai lampion cantik yang menjadi panorama. Selain itu, lampion-lampion tersebut juga menjadi landscape favorit untuk berfoto-foto ataupun berselfie.

Adapun contoh model lampion yang kece seperti; lampion dino, pohon, bunga, jamur raksasa, dan lain-lain. Lokasinya terletak di Jalan Graha Kencana No.66, desa Banjararum, kecamatan Singosari, kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya tak begitu asing dan mudah ditemukan kok,karena masuh satu kawasan dengan wisata Hawai Waterpark yang masih satu pengelola.

Wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, yaitu Rp.25.000 untuk hari-hari biasa (Senin – Jumat), sedangkan pada hari libur (Sabtu dan Ahad) harga tiket naik menjadi Rp.35.000.

73. Cafe Sawah Pujon Kidul

Nah, ini dia wisata desa Pujon Kidul. Pada dasarnya ini merupakan cafe dengan konsep outdoor yang tidak hanya menyuguhkan aneka menu kuliner, namun juga sebagai obyek wisata yang sangat menarik. Cafe yang berada di kawasan persawahan ini nampak begitu asri, dibangun taman-taman yang indah, serta dengan view pemandangan alam pegunungan berkombinasi dengan persawahan yang membuat kesan indah nan alami. Apalagi suhu udara di kawasan Pujon ini cukup dingin dan sejuk, tentu semakin membuat betah berlama-lama di sana, entah itu ngopi, melihat-lihat pemandangan, maupun bersua selfie.

cafe sawah pujon kidul

Cafe Sawah Pujon Kidul

Konsep cafe outdoor seperti cafe sawah Pujon ini menjadi inspirasi banyak orang, sehingga tak jarang cafe-cafe baru dengan konsep tersebut. Dan saat ini cafe dengan konsep outdoor lagi ngehits banget di Malang. Buat kamu yang bingung mau nyari tempat nongkrong yang asyik, maka cafe sawah Pujon ini tempatnya.

Untuk lokasinya, cafe sawah Pujon ini terletak di desa Pujon Kidul, kecamatan Pujon, kabupaten Malang Jawa Timur. Harga tiket masuknya gratis, jadi bila kamu sekedar ingin berselfie di sana, maka tak perlu khawatir biaya. Hanya saja, bila kamu membawa kendaraan, maka akan dikenai biaya parkiran. Untuk parkir sepeda motor sebesar Rp.2.000, sedangkan untuk mobil Rp.5.000.

74. Taman Cerme atau Taman Terompet

Inilah salah satu taman di kota Malang yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung, terutama pengunjung yang hobi berburu foto maupun berselfie. Nama taman ini adalah taman Cerme karena berlokasi di jalan Cerme, sedangkan orang-orang menyebutnya taman Terompot. Pasalnya, di taman ini terdapat Gramofon Raksasa yang terbuat dari bahan tembaga, terlihat seperti terompet. Inilah yang menjadikannya disebut taman Terompet yang menjadi ciri khasnya.

taman cerme

Taman Cerme

Taman Terompet ini tidak hanya sekedar sebagai tempat bersantai dan refresing, tetapi banyak juga pengunjung yang berselfie di sana, apalagi pada hari libur. Background taman hijau dan juga Terompet sebagai ikonik menjadi spot yang kece untuk bersua selfie. Di taman Terompet ini juga terdapat minatur taman labirin, jika dilihat sekilas agak mirip dengan taman labirin di coban Rondo. Tetapi ini lebih kecil, namun tetap menjadi sebuah pemandangan tambahan yang bagus di sana.

Menikmati taman ini tidak perlu membayar biaya, karena merupakan hiasan kota yang sederhana. Lokasinya terletak di Jl. Cerme, Oro-oro Dowo, Klojen, kota Malang, Jawa Timur. Bila kamu masih bingung dengan kota Malang, maka bisa menggunakan bantuan GPS, alamat tersebut sudah tersedia di peta Google, jadi tidak usah khawatir, hehe.

75. Hutan Kota Malabar

Yang namanya hutan biasanya letaknya sangat jauh dari kota. Tapi di Kota Malang, ada tempat wisata yang diberi nama Hutan Kota Malabar. Jadi, para dasarnya tempat tersebut merupakan sebuah hutan, yang letaknya di kota. Dan karena letaknya tidak jauh dari pusat kota, tempat wisata tersebut sangat mudah untuk dijangkau. Hutan ini tergolong tempat wisata yang baru tapi lama. Jadi, sebenarnya kawasan hutan tersebut sudah ada sejak lama, tapi kemudian direvitalisasi pada tahun 2015, kemudian diresmikan pada tahun 2016. Selain berfungsi sebagai salah satu ruang terbuka hijau di Kota Malang, hutan ini juga sekaligus berfungsi sebagai semacam hutan lindung, dengan berbagai tanaman dan hewan di dalamnya.

hutan kota malabar

Hutan Kota Malabar

Sesuai dengan namanya, Hutan Kota Malabar terletak di Jalan Malabar, Malang, dekat dengan Pasar Rakyat Oro-oro Dowo. Luas hutan kota ini kurang lebih 16.718 m2. Dengan luas tersebut, para pengunjung yang masuk ke dalam hutan ini benar-benar bisa merasa seakan-akan sedang berada di tengah hutan yang sesungguhnya. Udara sejuk yang menjadi khas Kota Malang, digabungkan dengan aneka pepohonan yang asri, benar-benar membuat hutan ini tempat yang sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Tapi itu belum semuanya. Para pengunjung juga dihibur oleh kicauan aneka burung yang hidup di sana, yang tentunya memperlengkap nuansa hutan yang ada. Bagi para pengunjung yang gemar selfie, hutan ini dapat menjadi tempat wisata yang pas, karena ada banyak spot yang bagus untuk berfoto.

Selain sebagai tempat untuk rekreasi, Hutan Kota Malabar juga merupakan tempat yang ideal untuk belajar, atau lebih tepatnya belajar untuk lebih mengenal alam. Jadi, pepohonan yang ada di hutan tersebut dilengkapi dengan label berisi informasi lengkap mengenai nama pohon, nama latinnya, dan kontribusi pohon tersebut dalam ekosistemnya. Hutan ini terbuka untuk umum, dan siapapun dapat masuk secara gratis. Tapi, gratis tidak berarti bahwa tempat wisata ini minim fasilitas. Dulu, sebelum direvitalisasi, hal itu mungkin benar. Tapi sekarang, Hutan Kota Malabar sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti trek untuk jogging, area permainan, jalur untuk para penyandang disabilitas, toilet, dan masih banyak lagi.