130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

81. Coban Cinde

coban cinde

Coban Cinde

Jika anda sangat menyukai objek wisata air terjun, anda harus ke Kota Malang. Memang, tentu saja di kota itu sendiri tidak ada air terjunnya. Tapi, ada beberapa air terjun di sekitar Kota Malang yang sangat terkenal karena keindahan dan suasana sekitarnya yang masih asri dan alami. Salah satu air terjun ini bernama Coban Cinde. Objek wisata alam ini letaknya di Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Malang. Dari pusat kota, perjalanan ke tempat ini memakan waktu sekitar 1 jam, karena memang jaraknya hanya sekitar 30 kilometer saja. Anda bisa naik kendaraan umum ke sana. Tapi, akan jauh lebih praktis jika anda menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Jika anda ingin berkunjung ke Coban Cinde, anda harus siap berpetualang. Karena, lokasi air terjun ini relatif tersembunyi. Jadi, setelah memarkir kendaraan, anda masih harus berjalan cukup jauh, sekitar 3 kilometer, dan melewati jalur yang cukup menantang. Tapi, sepanjang perjalanan ini anda bisa menikmati udara segar dan pemandangan alam yang indah. Anda akan melewati kebun-kebun yang ditanami dengan aneka sayuran. Anda juga akan menyusuri sebuah sungai, yang tentunya harus dilakukan dengan hati-hati. Di sekitar sungai tersebut, anda bisa menikmati suasana hutan yang lebat, sambil mendengarkan merdunya kicauan burung-burung. Setelah sampai di bawah air terjun, anda harus bersiap-siap untuk menjadi basah. Karena, bahkan tanpa berjalan mendekatinya pun anda akan terkena cipratan airnya.

Di lokasi air terjun suasananya sangat sunyi dan tenang. Yang terdengar tentu saja suara air terjun itu sendiri, dengan diiringi oleh suara burung-burung yang tinggal di hutan sekitarnya. Karena letaknya yang tersembunyi, dan juga karena medan menuju ke sana yang cukup berat, memang objek wisata air terjun ini belum terlalu banyak pengunjungnya. Tapi itu merupakan nilai plus, karena anda akan benar-benar bisa menikmati suasana alam di sana. Karena ini termasuk objek wisata yang belum terkelola dengan baik, untuk menikmati keindahannya para pengunjung tidak perlu membeli tiket masuk alias gratis. Tapi tentunya, tidak ada fasilitas apapun yang tersedia di sana. Jadi, sebaiknya sebelum berangkat anda sudah mempersiapkan semuanya dengan matang.

82. Coban Kethak

Saat berwisata di Kota Malang, biasanya yang dicari oleh para wisatawan adalah wisata alamnya. Dan memang, di kota tersebut ada banyak tempat wisata yang memamerkan keindahan alam serta menawarkan suasana yang sangat alami. Salah satu objek wisata yang masuk dalam kategori ini adalah Coban Kethak. Tempat wisata alam yang berada di dalam wilayah Desa Pait, Kecamatan Kasembon ini letaknya relatif jauh dari pusat kota, dengan jarak sekitar 60 kilometer. Perjalanan dari pusat kota Malang ke tempat ini biasanya memakan waktu cukup lama, yaitu sekitar 2 jam jika menggunakan kendaraan pribadi. Tapi, perjalanan ke tempat ini sama sekali tidak membosankan karena ada pemandangan alam yang sangat indah.

coban kethak

Coban Kethak

Walaupun perjalanan dari pusat kota menuju ke Coban Kethak memakan waktu yang cukup lama, saat tiba di tempat ini semua rasa lelah akan sirna. Karena, para pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk, sambil melihat indahnya air terjun yang ada di sana. Biasanya di objek wisata air terjun para pengunjung harus berjalan kaki cukup jauh sebelum bisa sampai ke spot utama. Tapi di Coban Kethak, jarak antara tempat parkir kendaraan dengan air terjunnya hanya sekitar 500 meter saja. Karena pemadangan alam sekitar yang indah, dan udara yang segar, jarak tersebut sama sekali tidak melelahkan. Di sekitar air terjun yang dijuluki Grojogan Singo ini terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat untuk piknik atau sekedar bersantai. Selain itu, tersedia juga arena bermain untuk anak-anak dan panggung hiburan.

Air terjun Coban Kethak tergolong tidak terlalu tinggi, dengan aliran air yang cukup deras. Kejernihan air di tempat ini memang sangat menggoda. Sayangnya, para pengunjung tidak diperkenankan mandi atau berenang di bawah air terjun, dan memang ada beberapa rambu larangan yang terpasang. Jadi, biasanya para pengunjung harus puas dengan berfoto saja, dengan air terjun ini sebagai latar belakangnya. Jika dibandingkan dengan tempat-tempat wisata alam lainnya di sekitar Kota Malang, Coban Kethak memang relatif masih baru. Tempat ini baru dibuka pada tahun 2014. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sangat murah, yaitu sebesar Rp. 5000 saja. Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas standar, seperti lahan parkir, kamar mandi, dan ruang bilas.

83. Coban Ringin Gantung

Jika anda sedang berlibur di Kota Malang, tidak ada salahnya jika anda juga mengunjungi beberapa objek wisata yang berada sedikit ke luar kota. Salah satu yang harus anda coba kunjungi adalah Coban Ringin Gantung di Desa Duwet Krajan, kecamatan Tumpang, Malang. Objek wisata alam air terjun yang satu ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang. Jika naik kendaraan pribadi, perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 1 jam saja. Tapi, perlu kami ingatkan bahwa air terjun ini hanya cocok bagi para petualang saja. Karena, nanti setelah tiba di sana, dari area parkir kendaraan anda masih harus berjalan kaki cukup jauh ke lokasi air terjunnya. Selain jauh, jalur yang harus dilalui pun cukup berat dan melelahkan. Akan lebih tidak melelahkan jika anda datang ke lokasi ini dengan naik sepeda motor, karena anda bisa parkir lebih dekat dengan spot utamanya.

coban ringin gantung

Coban Ringin Gantung

Sebenarnya ada 2 jalur yang bisa dilalui untuk sampai ke lokasi air terjun yang indah ini. Jalur yang pertama relatif pendek, tapi para pengunjung harus menuruni tebing yang curam, dan tentunya cukup berbahaya. Jalur pertama ini hanya cocok bagi para pengunjung yang memang bernyali. Sedangkan jalur kedua, memang lebih aman, tapi lebih jauh karena para pengunjung harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer. Tapi yang jelas, rasa lelah karena berjalan kaki akan langsung hilang saat anda tiba di lokasi air terjun ini. Karena, air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini memang sangat indah, dan kondisi di sekitarnya masih sangat alami. Tempat ini diberi nama Coban Ringin Gantung bukan tanpa alasan. Karena, di sebelah barat air terjun ini, ada pohon beringin yang menempel dan tumbuh dengan subur.

Di bawah air terjun anda bisa bermain air, atau berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah ini. Tapi ingat, anda juga harus beristirahat yang cukup, karena untuk kembali ke area parkir kendaraan anda masih harus berjalan kaki lagi. Karena lokasinya yang tersembunyi, dan memang objek wisata ini hanya dikelola oleh masyarakat setempat, tidak ada tiket masuk yang harus dibeli, atau gratis. Tapi memang, anda harus membayar biaya parkir untuk kendaraan anda.

84. Coban Tengah

Jika anda adalah seorang petualang sejati, anda harus berkunjung ke Coban Tengah. Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang. Coban Tengah letaknya berdekatan dengan Coban Rondo, yaitu objek wisata air terjun lainnya yang sudah lebih dikenal oleh para wisatawan. Dari pusat Kota Malang, perjalanan menuju ke lokasi air terjun ini memakan waktu sekitar 1,5 jam. Saat anda tiba di lokasi parkir kendaraan, sebenarnya petualangan anda baru dimulai. Karena, setelah itu anda akan berjalan cukup jauh, melewati jalur yang beragam. Tidak hanya jalur tanah dan bebatuan yang naik turun, tapi anda juga akan berjalan melewati aliran sungai yang jernih. Perlu dicatat bahwa sebelum berkunjung ke objek wisata ini, anda harus memastikan bahwa anda dalam kondisi yang fit. Karena, anda akan harus berjalan kaki selama sekitar 2 jam untuk sampai ke air terjunnya.

coban tengah

Coban Tengah

Walaupun memang objek wisata utama di Coban Tengah adalah air terjunnya, sebenarnya perjalanan menuju ke spot utama juga merupakan daya tarik tersendiri. Karena, sepanjang perjalanan, anda bisa menikmati pemandangan alam yang masih sangat alami. Udara yang sejuk, atau bahkan cenderung dingin, dikombinasikan dengan berbagai macam pepohonan serta sungai yang airnya jernih, benar-benar merupakan keindahan yang sangat jarang ditemui oleh sebagian besar dari kita. Selama perjalanan juga terdapat banyak kebun milik penduduk setempat yang ditanami berbagai macam sayuran, yang memberikan pesona tersendiri. Walaupun letaknya relatif terpencil, karena ini adalah objek wisata yang sudah dikelola dengan cukup baik, ada tiket masuk yang harganya Rp. 5000 per orang. Untuk fasilitas yang tersedia, memang tidak banyak. Hanya ada kamar kecil saja.

Seperti di objek wisata air terjun lainnya, di bawah Coban Tengah, anda bisa bermain air dan berfoto. Atau jika anda sudah kelelahan karena perjalanan, anda bisa saja sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan indah di sana. Walaupun letaknya tersembunyi dan medannya menantang, objek wisata ini bukan termasuk objek wisata yang sepi. Jadi, jika anda benar-benar ingin menikmati suasana alam yang tenang, sebaiknya anda jangan ke sana waktu weekend atau liburan panjang karena pasti ramai.

85. Coban Glotak

Ada beberapa objek wisata air terjun yang letaknya dekat dengan Kota Malang, dan hampir semuanya mempunyai nama yang unik. Coban Glotak, contohnya, konon diberi nama seperti itu berdasarkan bunyi dari bebatuan yang sering jatuh bersama air yang terjun dari atas. Dari pusat Kota Malang, lokasi Coban Glotak yang terletak di wilayah Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir ini jaraknya sekitar 20 kilometer. Jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, biasanya perjalanan yang sebenarnya tidak terlalu jauh ini memakan waktu sekitar 1 jam. Ini karena kondisi jalanan kurang bagus, sehingga kendaraan pasti harus berjalan pelan-pelan. Lokasi Coban Glotak relatif sulit untuk ditemukan, dan hanya ada penunjuk jalan yang sangat sederhana, yang terletak di pertigaan Pabrik Gula Kebon Agung. Jadi, sangat dianjurkan bagi siapapun yang ingin berkunjung ke objek wisata ini untuk melengkapi diri dengan gadget yang ada Google Maps nya. Dan jika dalam perjalanan memang kebingungan, sangat disarankan untuk langsung bertanya kepada penduduk setempat saja.

coban glotak

Coban Glotak

Para pengunjung tidak bisa naik kendaraan sampai ke dekat air terjun di Coban Glotak. Kendaraan hanya bisa sampai di tempat parkir yang tersedia di perkampungan yang letaknya di lereng Gunung Kawi. Setelah itu, para pengunjung harus berjalan kaki cukup jauh, melewati jalan yang berbatu, dengan pemandangan lahan yang ditanami berbagai macam tanaman seperti cabe rawit, dan yang lainnya. Sekitar 1 kilometer dari tempat parkir kendaraan, ada loket masuk. Biaya masuk ke kawasan wisata yang dikelola oleh Perhutani ini sebesar Rp. 4000 per orang. Setelah melewati loket masuk, para pengunjung harus melanjutkan berjalan kaki, dengan melewati medan yang cukup berat, yang terdiri dari jalan yang menurun, bebatuan, dan semak-semak yang tinggi.

Dengan berjalan kaki, jarak antara loket masuk dengan lokasi air terjun Coban Glotak dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Jadi memang objek wisata alam yang satu ini hanya cocok bagi para wisatawan yang berstamina bagus dan berjiwa petualang. Coban Glotak termasuk air terjun yang tinggi, dengan ketinggian sekitar 100 meter. Walaupun sangat menggoda, sebaiknya para pengunjung tidak bermain di bawah air terjun. Karena sesuai dengan namanya, memang sering ada batu yang ikut terjun bersama air, dan tentunya bisa sangat berbahaya. Dari segi fasilitas, sebenarnya tidak ada fasilitas apapun. Tidak ada kamar mandi, warung makan, dan yang lainnya. Karena memang, walaupun sudah dikelola, pengelolaannya belum maksimal.